Zodiak: Seberapa Cancerkah Jakarta?

no Comment

Senin kemarin Jakarta merayakan ulang tahunnya yang ke-488. Terutama buat warganya, momen ini seringkali menjadi ajang introspeksi diri.

Yang sudah lama menetap, “Jakarta benar-benar makin gila macetnya!” sambil stuck macet dari arah Cibubur menuju pusat kota

Yang baru datang, “Apa saya akan bisa berhasil meraih sukses di sini? Tapi saya pantang menyerah sih. Eh tapi bisa nggak yaa?” sambil menatap nanar rekening tabungan yang semakin menipis

Yang berkeluarga, “Apa iya ini kota yang tepat untuk membesarkan anak kita?” sambil siap-siap pergi ke mall untuk kesekian kalinya karena green space tak kunjung hadir dekat rumahnya

Yang single, “Kapan aku bisa punya pacaaarr?”. Tetep ya, jomblo mah targetnya 1: Biar pas ditanya “Kapan kawin?” pas Lebaran nggak cuma bisa bengong aja. 😀

Ada hari senang di Jakarta, nggak sedikit juga hari susah di mana perjuangan kita harus extra. Bittersweet. Love and hate. Kalau dipikir-pikir, Jakarta mirip seperti pasangan kita. Kadang kita sayang, kadang nyebelinnya luar biasa. Bila diibaratkan dengan manusia, seperti apa ya karakternya? Berhubung kota ini berulang tahun pada 22 Juni, berarti Jakarta berzodiak Cancer. Tapi apa iya Jakarta adalah sosok Cancer yang sebenarnya? Coba kita bedah dan beri skor. 5 untuk sangat sesuai dan 1 untuk ‘beda banget!’.

 

Moody

Dua karakteristik pertama yang disebutkan di sini masih memiliki pengaruh Gemini. Suasana hati Cancer seringkali tidak menentu karena itu ia mudah berubah-ubah. Ada kalanya si Cancer tertawa bersama teman-teman, ada saatnya ia menyepi dan menolak bersosialisasi.

Jakarta di sisi lain, lebih sering pastinya. Setiap hari pasti macet dan setiap hari pasti panas dengan sinar matahari yang terjebak di gedung-gedung bertingkat dan perumahan yang begitu rapat.

Jakarta, macetnya pasti.

Jakarta, macetnya pasti. Photo: uniqpost.com.

Ketika suasananya lebih adem pun, saat turun hujan misalnya, hanya bisa kita nikmati kalau sedang berada di rumah dan bisa selimutan. Kalau saat hujan kita lagi di jalan, Jumat sore pula, selamat, yang ada jalanan berubah jadi lahan parkir temporer. Satu-satunya cara untuk bisa menikmati Jakarta mungkin hanya di pagi hari saat warga belum bergegas berjibaku atau di malam hari saat warga hampir terlelap.

Skor kecocokan Jakarta dengan Cancer: 2

 

Friendly

Kebanyakan pemilik zodiak Cancer orangnya ramah. Berteman dengan si Cancer, kita pasti merasa sangat dipedulikan. Kalau kita sedang berada dalam kesulitan, Cancer bisa bela-belain melakukan banyak hal hanya untuk membantu kita.

Sedangkan Jakarta, baik penduduk maupun pendatang sadar bahwa sulit memasukkan kata friendly dalam Top Five definition kota ini. Dari jauh sudah terlihat bahwa Jakarta ‘galak’. Bagaimana dengan manusianya? Tentu, Jakarta adalah bagian dari Indonesia di mana warganya dikenal ramah dan ya, kebanyakan orang akan menjawab bila kita menanyakan jalan saat tersesat, tapi jangan lupa, kejahatan juga selalu mengintai, mulai dari waspada copet di kendaraan umum sampai waspada hipnotis di parkiran pusat perbelanjaan.

Skor kecocokan Jakarta dengan Cancer: 2

 

Sentimental

Layaknya kepiting yang punya cangkang untuk melindungi diri, Cancer biasanya protektif terhadap perasaannya, yang jatuhnya biasanya jadi sensitif dan sentimental. Dengan kerasnya Jakarta, banyak yang berpikir “Apanya yang sentimental dari kota ruwet begini?”.

Bila sudah cukup lama tinggal di Jakarta, sudah merasakan asam garamnya ibukota, percayalah, jawabannya: banyak. Rasa sentimental seringkali muncul di saat-saat tak terduga. Rasa ini bisa muncul ketika kita iseng jalan super pagi di area pasar tradisional yang sedang bersiap berjualan. Rasa ini muncul ketika kita duduk untuk makan malam di rumah bersama anak-anak setelah hari yang panjang. Rasa ini ada bila kita tinggal di apartemen berukuran minim namun bisa memandang megahnya kota lewat jendela.

Skor kecocokan Jakarta dengan Cancer: 4

Jakarta terlihat dari jendela gedung tinggi. Pemandangan yang seringkali membuat kita mempertanyakan harapan yang masih tersisa.

Jakarta terlihat dari jendela gedung tinggi. Pemandangan yang seringkali membuat kita mempertanyakan harapan yang masih tersisa.

 

Peduli penampilan

Kalau sedang di kantor, coba deh tengok meja teman kita yang berzodiak Cancer, rapi nggak? Cancer dikenal peduli terhadap penampilan dan senang dengan kebersihan, dan ini nggak hanya berhenti di pakaian yang dikenakan.

Bagaimana dengan Jakarta? Dibanding dengan Surabaya misalnya, yang sama-sama kota besar meski tidak sepadat Jakarta, kebersihan ibukota jauh tertinggal. Namun sejak Ahok menjabat jadi gubernur tahun lalu, dengan anggaran Rp1,2 triliun untuk kebersihan dan rencana pengelolaan yang lebih baik, kita melihat secercah harapan. Jadi, rapi dan bersih sih belum. Peduli? Baru dimulai.

Skor kecocokan Jakarta dengan Cancer: 2

Petugas kebersihan di Pasar Minggu. Photo: kaskus.co.id.

Petugas kebersihan di Pasar Minggu. Photo: kaskus.co.id.

 

Keras di luar, lembut di dalam

Ini karakter kepiting banget: Dari luar tampak keras, padahal di dalamnya sensitif dan loving. Cangkang pada kepiting adalah pertanda betapa protektifnya mereka terhadap bahaya dari luar yang mencoba menyakitinya. Karena itu, biasanya pemilik zodiak Cancer bisa jadi agresif bila ditantang. Jangan main-main kalau nggak siap dicapit!

Dalam hal ini, ada kemiripan Cancer dengan Jakarta, namun signifikan juga bedanya. Kalau Cancer ‘keras di luar, lembut di dalam’, Jakarta lebih ke ‘gemerlap di luar, keras di dalam’. Sebagai kota paling maju di Indonesia, kilau Jakarta tentu tak terelakkan. Ibarat kata, Jakarta adalah toples gula yang tutupnya terbuka. Semut dari berbagai penjuru negeri ini pun tergoda ingin mencicipi dan mengadu nasib di sini. Namun ketika sudah berada di dalam, kenyataan pun tak dapat dihindari. Jakarta menyuguhkan tantangan demi tantangan dari hari ke hari. Teriknya matahari, persaingan dengan rekan sendiri sampai kemacetan yang berlangsung sampai malam hari. No mercy.

Skor kecocokan Jakarta dengan Cancer: 1

 

Dengan total skor 11 (dari total 25), Jakarta bisa dibilang nggak Cancer-Cancer banget. Meski 22 Juni adalah awal mula periode zodiak ini dan bersinggungan langsung dengan zodiak sebelumnya (Gemini), karakter Jakarta mungkin lebih cocok dengan zodiak sesudahnya, yaitu Leo. Suka memimpin, congkak dan punya rasa percaya diri yang tinggi. Tuh, Jakarta banget kan? 😀

Leave a Reply