Workout Routine for the Foodie

no Comment

Memperingati Hari Olahraga Nasional kemarin (9 September) membuat saya kembali mengingat cerita yang pernah saya share tahun lalu, tentang diet vs olahraga. Ketika sudah banyak hal yang berubah di sekitar kita setahun belakangan ini, ‘lebih baik olahraga daripada stop makan Nasi Padang’ tetap menjadi pilihan saya. Haha.

Tapi jangan salah, pilihan ini saya ambil bukan tanpa konsekuensi. Lima dari 7 hari dalam seminggu saya rutin datang ke gym. Buat kamu termasuk yang nggak bisa hidup tanpa rendang atau dendeng balado seperti saya, ini saya share workout routine yang dilakukan atas nama cinta makanan enak. 😀

Per hari dulu ya:

– Senin: Yoga

– Selasa: Gym

– Rabu: Yoga

– Kamis: Gym

– Jumat: Libur. Macet bo.

– Sabtu: Berenang

– Minggu: Istirahat, leyeh-leyeh.

Untuk yoga, biasanya saya ikut yang Bikram (Hot Yoga). Yoga bagus terutama buat saya yang banyak kerja di ruangan dengan AC, jadi nggak ada kesempatan untuk berkeringat, like a real good sweat. Plus bisa stretching juga, penting kan apalagi buat yang kerjanya banyak duduk.

Sedangkan saat di gym, yang saya lakukan biasanya kombinasi antara cardio, weight lift dengan Muay Thai. Goal saya yang saya sadar nggak realistis adalah seperti yang sering saya tulis di berbagai akun media sosial: #MenujuBodyAdrianaLima. 😀

Lebih lanjut soal latihan di gym, menurut personal trainer saya, ini kombinasi latihannya:

Balance: Biasanya latihannya pakai bola gede banget

Flexibility: Latihan pakai body weight atau pakai viper (balok 1 meter yang terbuat dari karet)

Endurance: Muay Thai pas banget buat ini

Strength: Weight lift plus latihan core seperti TRX

Hypertrophy: Weight lift juga dengan beban lebih berat dari yang dipakai saat latihan Strength dengan kombinasi durasi

Power: Ini biasanya dipakai buat body builder, dengan beban berat banget tapi durasi pendek.

Ini yang namanya viper. Latihan yang ada di foto ini kelihatannya gampang tapi kenyatannya beraatt. Alat ini beratnya 4 kg dan repetisinya beneran deh, bikin mau pingsan!

Ini yang namanya viper. Latihan yang ada di foto ini kelihatannya gampang tapi kenyatannya beraatt. Alat ini beratnya 4 kg dan repetisinya beneran deh, bikin mau pingsan!

Muay Thai for endurance

Muay Thai for endurance

TRX training. In the name of good food!

TRX training. In the name of good food!

Terakhir, kalau tadi saya sudah sebutkan goal yang nggak realitis, tentunya saya juga punya versi realitisnya dong, yaitu: I want to have a killer shape in my 40 (which is next year!), hahaha.

Leave a Reply