Venita Daben, Olahraga Bareng Teman Untuk Saling Beri Dukungan

no Comment

Apa yang paling challenging dari berolahraga?

Selain memotivasi diri untuk bangun pagi (buat yang biasanya berolahraga sebelum ngantor), buat saya yang paling menantang adalah menjadikannya sebuah rutinitas, sebuah kebiasaan. Coba lihat teman-teman di sekitar, banyak yang gagal kan ngegym atau yoga saat kerjaan lagi banyak atau simply lagi bosan? Nah, menurut saya, hal ini bisa diminimalisir kalau olahraga kita lihat sebagai sesuatu yang menyenangkan dan jauh dari beban. Gimana caranya?

Salah satunya dengan berolahraga ramai-ramai sama teman!

Makanya nggak heran kalau sudah beberapa tahun terakhir, berbagai kelompok olahraga terbentuk. Mulai dari lari bareng tiap Kamis di Senayan, sampai bootcamp di akhir pekan. Kalau lihat dari foto-fotonya sih seru dan bisa banget jadi ajang ketemu teman baru.

Apa asiknya olahraga bareng teman-teman? Apa benar jadinya olahraga dan ujung-ujungnya bukan makan? (banyak nih yang begini, hihi). Yuk, ikuti obrolan saya dengan Venita Daben (@vendab), seorang voice over talent dan co-owner dari MiniLoveBites, yang rajin olahraga bareng sahabat-sahabatnya.

Hai, Ven. Gimana awalnya bisa ikut group exercise? Kenapa tertarik untuk ikutan?

Saya mulai dari grup yoga sekitar 3 tahun lalu. Diajak teman arisan, Dian. Kebetulan saat itu Anjas (Anjasmara) baru lulus training guru yoga dan butuh murid untuk latihan ngajar. Jadilah ibu-ibu teman-teman arisan ini daftar jadi murid-murid pertamanya.

Bersama sebagian anggota grup yoga Huru-Hara

Bersama sebagian anggota grup yoga Huru-Hara

Setelah beberapa lama, saya join yoga di Gudang Gudang, Kemang, dan kenalan sama beberapa teman di sana. Di akhir tahun 2015, selain yoga, kami mulai latihan juga dengan personal trainer (PT), ceritanya mau membangun otot. Jadi sekarang saya punya 3 grup – grup yoga, grup PT dan grup lari – karena belakangan ini saya juga suka lari. Semua grup tujuannya sama sih, ingin lebih sehat, langsing, kuat, juga senang lahir batin.

Sebagian dari teman-teman latihan dengan PT Tim Randi

Sebagian dari teman-teman latihan dengan PT, tim Randi.

Ada berapa orang di setiap grup? Grup seperti ini sifatnya terbatas atau masih menerima anggota baru?

Grup yoga ada 12 orang, grup PT 10 orang dan grup lari 7 orang. Sebenarnya nggak ada batasan anggota sih soalnya grup-grup ini pada dasarnya adalah teman-teman yang punya minat dan hobi yang sama.

Jaman sekarang semua orang pasti sibuk. Gimana cara ngatur jadwalnya?

Untuk latihan PT, biasanya hari Senin jam 9 pagi dan Kamis jam 5 sore. Jadwalnya fixed, jadi tergantung member aja mau latihan kapan.

Untuk yoga, biasanya kami latihan di Gudang Gudang, di Asmaradana Sanctuary (keduanya di Kemang) atau di tempat lain. Jadwalnya sama, bebas mau ikut yang mana.

Untuk lari, kadang kami lari bareng di Parkir Timur Senayan, ikutan CFD (Car Free Day) atau ikut race bareng. Nggak jarang juga kami cuma lapor ke grup hari itu lari di mana dan berapa kilo. Jadi nggak selalu bareng, tapi saling support biar nggak malas lari.

My latest group, Sehat Ambisius, grup lari yang kami mulai tahun lalu.

My latest group, Sehat Ambisius, grup lari yang kami mulai tahun lalu.

Last one, apa pros & cons olahraga bareng teman-teman?

Con: Bisa aja kita lagi semangat, tapi yang lain lagi malas, jadi energinya nggak sama. Contoh lain, kalau kita datang telat (misalnya untuk latihan bareng PT), porsi latihannya terasa lebih berat karena kita jadi latihan sendiri atau bahkan latihan tanpa break untuk mengejar ketinggalan. Mau pingsan rasanya kalau ini kejadian. 😀

Pro: Karena udah berteman cukup lama, masing-masing grup sudah tau bahwa tujuan kita semua sama. Enak punya support group seperti ini saat lagi malas latihan, sibuk dan nggak punya waktu, atau saat lagi butuh perlengkapan olahraga tertentu. Sering juga kami sharing diet apa yang cocok, curhat kalau lagi kesal saat berat badan naik, dan lain-lain. Contoh yang seru? Saat ini grup lari dan grup PT saya lagi taruhan: Yang turun berat badan paling banyak dapat hadiah uang Rp4,5 juta. Pengukurannya tanggal 30 Januari mendatang. Haha, exciting, kan? 😀

Leave a Reply