Tips Nikmati Lebaran Tanpa Jadi Lebar-an

no Comment

ketupat-lebaran

Yang namanya Hari Raya, tentu harus dinikmati sepenuh hati, betul? Nggak kebayang aja kalau di perayaan paling festive ini kita harus diet, nggak asik amat. Plus kalau mau sok jaga makan, susah juga, karena biasanya Lebaran dirayakan dengan keliling ke rumah saudara atau tetangga – dan semua pasti menyajikan makanan yang enak-enak.

Tapi nggak diet bukan berarti nggak bisa bikin siasat. Gimana caranya biar kita tetap bisa menikmati berbagai hidangan, tapi nggak menyesal kemudian? Jangan sampai gara-gara Lebaran 2 hari, udahannya kita harus banting tulang (dalam arti sebenarnya) di gym selama 2 bulan, hihi.

Beberapa tips yang bisa dicoba:

1. Makan sayur

Salah satu triknya adalah saat makan lontong atau ketupat sayur, banyakin sayurnya daripada ketupatnya, haha. Iyalah, sayur kan bagus buat kesehatan dan punya banyak serat. Kebayang kan, kalau udah makan banyak selama Lebaran trus sembelit? Duh, males banget.

Coba banyakin sayur labunya dibanding ketupat atau lontongnya.

Coba banyakin sayur labunya dibanding ketupat atau lontongnya.

2. Makan dengan porsi kecil

Waini. Berhubung tradisi Lebaran di Indonesia adalah mengunjungi sanak saudara dari rumah ke rumah, coba atur dong porsi makannya. Makan sedikit-sedikit aja alias nggak usah dipolin satu piring di setiap rumah. 😀

3. Kontrol diri saat disuguhi nastar, kastengel, putri salju dan sejenisnya

Mirip seperti tips makan dengan porsi kecil, begitu juga halnya dengan cemilan, nggak usah maruk saat ngambil kue-kue kering saat berkunjung ke rumah-rumah. Yang harus diingat, selain sebagian dimasak dengan cara digoreng, mentega dalam kue-kue ini juga banyak bener. Jadi ambil cemilan sewajarnya ajalah, apalagi kalau setelah itu kita masih mau makan opor dan sebagainya.

Memang nggak gampang sih menahan diri dari nastar, tapi daripada habis Lebaran jeans nggak muat, hayoo?

Memang nggak gampang sih menahan diri dari kue-kue imut ini, tapi daripada habis Lebaran jeans nggak muat, hayoo?

4. Minum air putih yang banyak

Ini juga penting. Lebaran kan nggak cuma seru makanannya aja ya? Tapi minumannya juga dan sebagainya. Boleh aja sih minum sirup-sirupan tapi air putih jangan dilupain.

5. Tutup dengan buah

Nggak hanya cemilan dan makanan berat, festive-nya Lebaran juga sampai ke dessert-nya, betul? Berbagai es-es-an seperti es buah, es kelapa, es campur, kadang disajikan juga di rumah-rumah yang kita datangi. Triknya? Stick to fruits. Jadi manis yang kita konsumsi juga manis alami, bukan dari sirup.

Photo: intisari

Photo: intisari

6. Tetap ke gym saat libur Lebaran

Nah, libur Lebaran kan cukup lama nih, seminggu lah paling engga. Gimana kalau pol-polan makannya 2-3 hari aja, selebihnya kembali ke pola makan semula daann.. kembali ke gym? Ayo patahkan mitos bahwa gym itu sepi bagaikan kuburan di minggu Lebaran! 😀

Leave a Reply