Tips Merawat Sepatu Kesayangan

no Comment

IMG_2470

“Can’t get enough of shoes.”

Itu saya banget! Saya bisa tahan nggak beli baju tapi kalau diminta nggak beli sepatu, sulit, haha. Kalau teman-teman juga penggila sepatu, nggak mau kan koleksi kita rusak karena nggak terawat dengan baik?

Kalau bulan lalu saya sudah berbagi tips cara merawat tas, alias teman dari sepatu, Ini cara saya merawat “panggung-panggung” kesayangan, yang bisa dicoba di rumah.

1. Selalu perhatikan mana sepatu yang kulit asli, mana yang kulit sintetis dan mana yang memakai bahan atau accessories. Sepatu dengan kulit sintetis biasanya lebih mudah berjamur dan rusak (kulitnya mengelupas).

2. Kalau sepatu kita banyak (lebih dari 2) , coba pakai bergantian supaya sepatunya masih bagus terus. I think it’s important for each of my babies to see the world. 😀

Giliran siapa ya hari ini nemenin saya beraktivitas? :D

Giliran siapa ya hari ini nemenin saya beraktivitas? 😀 .

3. Kalau sepatu sedang nggak dipakai, masukkan kertas supaya bentuk dari sepatu tidak berubah, terutama bagian depannya. Treatment yang sama juga diperlukan untuk sepatu boots supaya bentuknya tetap cantik dan kulitnya tidak patah. Bisa juga jaga bentuk ini dilakukan koran bekas tapi dimasukkan di plastik, supaya tinta koran tidak menodai sepatu.

Bentuk sepatu harus selalu dijaga, jangan sampai berubah.

Bentuk sepatu harus selalu dijaga, jangan sampai berubah.

4. Saat ini sudah banyak tempat yang menyediakan jasa penyucian sepatu seperti Jeeves & Wash Color. Mereka juga menyediakan jasa untuk recoloring apabila sepatu kulit kita warnanya sudah mulai pudar.

5. Untuk sepatu dengan bahan suede (seperti beludru), kita bisa minta tempat reparasi sepatu untuk di-coat (dilapisi) supaya kalau terkena air atau debu, mereka tidak menempel. Tapi kalau mau dikerjakan sendiri juga bisa. Ada spray khusus yang bisa kita semprotkan ke sepatunya.

6. Kalau ingin bawa sepatu untuk travelling , usahakan masukkan ke dalam dust bag (kantong sepatu dari kain).

7. Karena kita tinggal di negara yang lumayan lembap, saya sarankan untuk menaruh kapur penyerap udara di dalam lemari sepatu atau di box sepatu/di kamar.

Kapur penyerap udara penting biar sepatu kita awet.

Kapur penyerap udara penting biar sepatu kita awet.

8. Sebulan atau 2 bulan sekali, keluarkan semua sepatu yang kita punya dan angin-anginkan di luar supaya tidak lembap.

9. Usahakan bersihkan dulu sepatu yang kotor sebelum disimpan.

10. Untuk beberapa sepatu dengan merk tertentu, mereka memberikan tambahan tambalan heel. Ini akan sangat berguna sewaktu sepatu kita tambalan haknya lepas atau sudah usang.

Las but not least, fake shoes are big no no ya, ladies!

Remember 😉

shoe love

 

Leave a Reply