Tips Kembali Bekerja Setelah Liburan

no Comment

Berapa lama kamu cuti Lebaran? Ada yang cuma ambil 2 hari aja (biasanya non muslim, karena sayang ngambil jatah cuti bersama, jadi bisa ditabung buat liburan yang lebih panjang), ada yang seminggu, ada juga yang sampai 2 minggu karena nunggu si mbak balik dulu.

Terutama buat yang cuti at least seminggu, kembali ke kantor bukan hal yang mudah karena kita udah kebiasaan leyeh-leyeh, hehe. Nggak hanya itu, selama bulan puasa pun jadwal kerja dan kinerja sedikit berubah, jadi sekarang saatnya untuk kembali tancap gas.

How to make this transition smoother?

1. Sebelum cuti, rapikan meja kerja

work desk

Penting nih biar di hari pertama masuk kerja nanti, kita nggak stress duluan melihat kertas-kertas yang numpuk dan filing dokumen yang berantakan. Di hari terakhir sebelum cuti, beberes dulu deh. Pastikan meja bersih. Buang perintilan yang nggak penting. Ini bisa mulai dicoba menjelang cuti panjang berikutnya.

2. Modifikasi automatic reply “out of the office” pada email

automatic reply

Modifikasi di sini maksudnya kita harus jujur, tapi jangan jujur-jujur banget, hihi. Jadi misalnya kita kembali bekerja hari Senin, di automatic reply, tulis kalau kita baru kembali dari cuti hari Selasa. Ini gunanya biar nggak di hari pertama masuk kerja, kita dibombardir dengan berbagai request dari berbagai penjuru, baik dari rekan kerja maupun dari klien di luar kantor. Penjelasan lebih lanjut bisa dibaca di no. 4.

3. Rencanakan waktu pulang ke rumah dengan baik

Young woman watching television, rear view

Apalagi buat yang mudik dengan mobil, perhitungkan juga kemacetannya. Paling ideal sih kalau kita punya waktu at least sehari untuk di rumah untuk mempersiapkan badan dan mental untuk back on track. Jadi misalnya akan masuk kantor hari Senin, sebaiknya hari Sabtu udah sampai rumah. Jadi hari Minggu bisa istirahat dan mungkin mulai lihat-lihat email apa aja yang di hari pertama kerja perlu direspon segera.

4. Jangan langsung meeting!

to do list

Seenggaknya jangan di hari pertama kembali ke kantor, beneran deh. Iya sih ngerti, pasti bawaannya mau catch up meeting sebanyak mungkin, kan? Tapi ini bisa bikin meeting-nya nggak efektif karena kita nggak merencanakan dengan baik agendanya, goal-nya, dll. Paling cepat meeting dilakukan di hari kedua deh. Jadi di hari pertama, kita bikin ‘meeting’ sama to-do list aja dulu. :)

5. Jangan baca email sesuai tanggalnya

email sort

Sebaliknya, sortir sesuai pengirimnya. Ini cara efektif untuk bikin prioritas kerja saat bikin to-do list. Misalnya kita punya 2 atasan atau lagi ada proyek penting, cari email dari bos-bos kita atau dari orang-orang yang terlibat di proyek ini dulu. Lalu menjelang sore, baru deh baca email-email yang lain.

Gimana, make sense, kan?

Semangaatt! Selamat kembali bekerja!

Leave a Reply