Tips Entrepreneur: Beriklan Cerdas Dengan Digital Marketing

one Comment

DigitalMarketing

Jaman sekarang sepertinya hampir semua bisnis suka tidak suka harus belajar digital marketing. Sebesar atau sesukses apapun perusahaan kita, akses ke dunia digital harus dipelajari.

Nah, buat yang masih belum mengerti apa dan kenapa harus belajar digital marketing, saya punya satu ilustrasi untuk menjelaskannya.

Anggaplah kita baru buka toko. Pastinya kita harus bikin promosi dong supaya orang tahu ada toko baru buka. Kalau jaman dulu, biasanya kita lakukan dengan membuat desain flyer, lalu mencetaknya.

Berarti, begitu flyer jadi, kita harus bayar dong. Kalau kita pesan 1 rim, tentunya flyer-flyer ini nggak ditaruh di kantor aja. Biasanya kita cari orang untuk menyebarkannya – yang sayangnya kertas-kertas ini berakhir jadi kipas kalau penerimanya kegerahan atau langsung berakhir di tempat sampah.

Problemnya, kita nggak pernah tahu berapa banyak orang yang baca flyer itu dan berapa persen dari yang baca, akhirnya datang ke atau menghubungi toko kita, sedangkan biaya cetak dan distribusi sudah dikeluarkan.

Jadi harus gimana?

Di sinilah digital marketing jadi solusi karena ada yang namanya CPC alias Cost Per Click.

Ilustrasinya seperti ini: Kita pesan 1000 lembar flyer ke percetakan, tapi nggak harus bayar dulu. Kita hanya bayar kalau ada orang yang bawa flyer itu ke toko kita. Kalau yang bawa flyer cuma 50 orang, ya kita hanya bayar biaya untuk 50 lembar aja.

Asik banget, kan?

Makanya digital marketing bisa banget jadi solusi kalau budget promosi kita belum terlalu besar karena biayanya bisa dimulai dari USD 1 aja loh, alias 13 ribu rupiah. Kalau mau coba-coba, paling gampang belajar beriklan di Facebook yang panduannya simple banget.

Selamat mencoba!

Comments

  1. Social Media: Good vs Evil | ReeSays
    Social Media: Good vs Evil | ReeSays | Posted on June 9, 2016 at 3:06 am

    […] dulu kita harus print flyer untuk promosi barang jualan*. Sejak ada media sosial, berbagai cara bisa kita lakukan di medium ini. Mulai dengan ganti […]

Leave a Reply