Tips Belanja di Luar Negeri

no Comment

Saking seringnya ke luar negeri (dan biasanya saya memang meluangkan waktu untuk belanja :)), banyak teman menanyakan tips shopping pada saya.

Jawaban saya biasanya simple sekaligus ngerepotin (haha): Do your homework first. Ini tips yang pertama.

Apa maksudnya?

Begini. Banyak yang mengira bahwa belanja di luar negeri menyenangkan karena kadang ada discount. Nah, siapa sih yang nggak suka discount?

Tapi tunggu dulu. Yang perlu kita perhatikan adalah apa dengan discount itu, jatuhnya jadi lebih murah? Nggak selalu, loh. Contohnya, bareng branded di Bangkok, meski setelah discount, seringkali tetap lebih mahal daripada beli di Jakarta.

Ree shopping

Shopping di luar negeri selalu menyenangkan. Tapi apa iya selalu lebih murah?

Jadi apa yang harus dilakukan?

Kalau lagi suka barang, catat harga jualnya di Indonesia. So, yes, memang harus survey dulu di sini sebelum berangkat. Pas di luar negeri, konversikan, lalu bandingkan, lebih murah beli di Indonesia atau di sana? Kalau lebih murah di sana, baru deh beli. Simple, kan?

By the way, ada perbedaan kalau kamu belanjanya pakai uang cash atau credit card ya karena konversinya nggak sama.

Tips yang kedua berhubungan dengan Tax Refund.

Photo: ausbt.com.au

Photo: ausbt.com.au

Syarat utama mendapatkan pengembalian pajak ini adalah minimal belanja $100 di hari yang sama dan di toko yang sama. Ini saya ambil contoh Singapore aja ya karena setiap negara bisa punya aturan dan minimum pembelanjaan per hari yang berbeda.

Yang penting untuk diingat:

  1. Foto passport dan simpan di smartphone

Daripada bawa passport, bisa saja ada kemungkinan hilang, lebih baik passport difoto. Sewaktu belanja dan minta Tax Refund, perlihatkan foto itu ke kasir toko sebagai validasi dan untuk proses mengisi formulir.

  1. Packing accordingly sebelum berangkat

Saat packing untuk ke airport, pisahkan barang-barang hasil belanja yang pajaknya akan dikembalikan karena petugas biasanya minta diperlihatkan barang yang dibeli. Siapkan juga semua bonnya. Ini penting agar proses refunding lebih cepat.

  1. Jangan datang mepet ke airport

Minimum 3 jam sebelumnya deh, karena kita masih harus datang ke bagian Tax Refund, atau at least ke mesin elektronik Tax Refund sebelum check-in dan ini bisa jadi antri.

  1. Pilih refund lewat kartu kredit

Ini preferensi sih. Saya biasanya memilih untuk dikembalikan lewat kartu kredit karena lebih ringkesdan langsung memotong tagihan kartu kreditnya karena dana langsung ditransfer kesitu. Selain itu saya nggak bisa lihat uang cash nganggur. Takutnya di airport malah lanjut shopping lagi! Hahaha.

Selamat belanja!

 

Leave a Reply