The Ultimate Meaning of Freedom

no Comment

Sepertinya seluruh rakyat Indonesia bulan ini mengalami euforia kemerdekaan ya karena tanggal 17 Agustus kemarin kita merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72.

Kalau jaman dulu, merdeka itu artinya bebas dari penjajah, di mana para pahlawan kita berjuang dan mengorbankan jiwa-raga supaya kita bisa hidup merdeka di bumi tercinta ini. Namun jaman sekarang penjajah itu tidak lagi bawa senjata (setidaknya bukan di Indonesia), melainkan menjajah dengan hal-hal lain.

Beberapa minggu lalu, saya mendengar satu kalimat yang diucapkan oleh rock star saya, @josecarol: “Freedom is when you are being true to yourself.” Simple tapi jleb banget.

Nggak gampang loh jadi diri sendiri di jaman sekarang, jaman di mana media sosial makin menjadi kebutuhan sehari-hari (iya deh ngaku, kayaknya hidup ini hampa kalau nggak lihat atau posting di Facebook, Path, Instagram dan aplikasi lainnya). Seakan-akan kita harus secara konsisten keren terus, liburan terus, acaraan terus, belanja terus, cantik terus dan semua tuntutan lainnya.

Seberapa pede atau nyaman sih kita dengan diri kita sendiri? Jangan sampai kita sudah merdeka secara badan tapi hati, pikiran, kreativitas dan prinsip hidup malah terjajah dan terpenjara hanya karena ingin terlihat seperti orang lain. Think about it. 😉

Semoga kita menjadi orang-orang yang bebas-merdeka dari apapun itu bentuk jajahannya.

5819385-quote-be-bold-enough-to-use-your-voice

Leave a Reply