That’s So 90s!

no Comment

Seperti budaya, setiap dekade bisa dibilang punya ciri khas tersendiri. Baik dalam hal musik, teknologi, jenis pekerjaan, kebiasaan sampai tentunya fashion.

Tahun 70an: Fashion di jaman ini pastinya retro berat, mulai dari crop top, celana high waist sampai celana cutbray alias boot cut, sedangkan musik didominasi oleh nama-nama besar seperti The Jacksons, Stevie Wonder, Bee Gees dan Bob Marley. Di Indonesia, yang top saat itu adalah Bimbo, God Bless dan tentunya Koes Plus.

Tahun 80an: Musik dan fashion di tahun 80an bisa dibilang lagi seru-serunya. Di era inilah Michael Jackson, Madonna, U2, Duran-Duran hadir. Yang cowok-cowok, biasanya abang kita, dengerinnya Metallica. Di Indonesia, blantika musik di antaranya didominasi oleh Chrisye, Ebiet G. Ade, Gombloh dan Fariz RM. Fashion dan beauty jangan ditanya. Yang perempuan biasanya pakai rok mini dengan 2 ikat pinggang tipis (ahay!) dan semua orang pakai kacamata dengan frame yang besar, tentu dengan rambut yang megar. Film? Dapat salam dari Si Emon Catatan Si Boy.

Bagaimana dengan tahun 90an? Berhubung di tim BelowCepek.com ada beberapa perwakilan dari generasi ini, rasanya kami gatel banget mau bahas satu per satu 😀 Yuk!

 

Novel Lupus

lupus

Meski pertama kali diterbitkan pada tahun 1986, novel Lupus masih tetap digemari pada tahun 90an. Teman-teman SD Lupus seperti Pepno, Happy, Uwi dan Iko-Iko, juga teman SMA Lupus seperti Boim, Gusur dan Fifi Alone, seakan-akan sudah jadi teman kita juga. Seri novel Lupus Kecil (di antaranya Sunatan Massal, Rumpi Kala Hujan dan JJS: Jalan-Jalan Seram) sampai cerita-cerita saat Lupus sudah besar (Tangkaplah Daku Kau Kujitak, Mahluk Manis Dalam Bis, Topi-Topi Centil dan puluhan judul lainnya) sudah pasti ada di rak buku kita. Saking ngetopnya ini karakter, nggak sedikit dari kita yang naksir penulisnya, Hilman Hariwijaya. Ayo ngakuu!

 

Kemeja flannel diikat di pinggang

Yup, bukan hanya trend kemeja flannel, tapi persisnya trend kemeja flannel diikat di pinggang. Haha!

Halo, Joey Lawrence!

Halo, Joey Lawrence!

Saya nggak paham sih kenapa harus diikat di pinggang? Kan pas dibuka udah pasti lecek itu kemeja. But hey, fashion comes and goes. Sekarang gaya ini kembali populer. Kalau nggak percaya, lihat aja gaya Vanessa Hudgens dan Hilary Duff ini.

Slide1

 

Rekam lagu dari radio ke kaset

radio & cassette

Jaman dulu, salah satu ciri-ciri orang romantis adalah bikin mix tape alias kompilasi lagu menye-menye buat gebetan, trus dikasihnya pas jam istirahat atau pulang sekolah, sambil malu-malu tentunya. Duuhh, cute banget nggak sih kita jaman dulu? 😀

 

Selekta Pop!

selektra 2 copy

Ibarat kata, ini MTV jaman kita kecil dulu. Ditungguin bener deh kalau ada ini di TVRI. Jangan sedih, ada loh di antara kita yang sampai bikin rekamannya di video supaya bisa ditonton lagi!

 

Tamagotchi

Tamagotchi

Nah mainan ini muncul di akhir tahun 90an. Intinya sih dengan ini kita belajar sabar dengan punya hewan peliharaan. Harus kasih makan , minum, suruh tidur, kalau dipikir-pikir kayak orang gila nggak sih? Hihihi.

 

Internet dial up

dial up

Suaranya khas banget nih. Yang ngalamin pasti langsung bisa ngebayangin bunyinya, hahaha. Betapa sabarnya yaaa kita dulu, buat kirim email aja harus dial up. Belum lagi kalo koneksinya lagi sibuk, susah bangeet koneknya!

 

Pager

pager

“Mbak, tolong pesannya 2x yaa…”

Hahaha, dulu buat pacaran atau janjian nggak ada yang namanya privasi karena semua harus lewat operator. Jadi kepikiran, itu mbak-mbak operatornya apa nggak eneg ya baca rayuan gombal semua orang? :)

 

Apa lagi trend tahun 90an yang sempat dialami? Share di kolom comment di bawah ini ya.

 

Leave a Reply