Staycation, Pilihan Liburan Untuk Yang Nggak Mudik Lebaran

no Comment

staycation

H-2 menuju kota yang sepi dan tenang. Haha.

Mudik, tradisi orang Indonesia saat merayakan Lebaran, yang bisa dibilang satu-satunya cara efektif membuat pendatang menengok kampung halaman. Berhubung di kota besar, seperti Jakarta misalnya, jumlah pendatang jutaan, maka sekali setahun ia pun berhak atas liburan. Downside-nya, tempat usaha banyak yang rehat, asisten rumah tangga minggat sesaat (yang biasanya diiringi doa agar mereka kembali bekerja dengan semangat), upside-nya jalanan lengang luar biasa, ibaratnya sampai dibuat main bola juga bisa!

Buat yang nggak ikutan mudik, apa dong yang bisa dilakukan untuk menikmati masa tenang, sukur-sukur bisa bersenang-senang?

Staycation aja, alias liburan di rumah atau di dalam kota!

1. Liburan di hotel

Hampir semua hotel berbintang punya paket liburan. Kalau di Jakarta, contohnya seperti di:

Le Meridien

Hotel Borobudur

Kempinski Hotel

– Raffles Jakarta, hotel baru yang perlu dicoba, yang lagi punya Opening Offer. Apalagi letaknya bersebelahan sama mall, jadi gampang kalau bawa si kecil dan ia butuh hiburan. 😀

2. General cleaning

Duh, denger kata cleaning rasanya males banget ya? Masa’ di musim liburan masih harus bersih-bersih. Eits, tapi cleaning yang ini perlu loh. Kalau malas membersihkan rumah, paling enggak bisalah membersihkan yang penting-penting, yang biasanya di hari-hari kerja kita nggak sempat karena nggak punya waktu. Apa aja yang bisa kita lakukan?

Tahap pertama: Buang atau recycle kertas-kertas yang nggak terpakai di kamar dan di meja kerja.

Tahap kedua: Buka lemari baju dan lemari sepatu. Baju dan sepatu yang sudah lama nggak kita pakai (setahun adalah patokan yang bagus), punya kemungkinan kecil untuk kita pakai lagi di masa mendatang. Pisahin deh, kalau masih bagus, bisa kita donasikan kan?

Tahap ketiga: Buka kulkas dan lemari makanan. Cek deh tanggal kadaluarsa makanan dalam kemasan, mie instan, dan lain-lain. Jangan sampai gara-gara malas membersihkan, kita keracunan.

Tahap keempat: Buka lemari obat. Ini hal penting yang biasanya jarang kita perhatikan.

3. Ketemuan sama teman-teman yang juga nggak pergi liburan

Karena saya paham, di hari-hari sibuk, yang namanya ketemu teman dan catching up biasanya butuh direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya kan? Nah, di musim liburan, inilah saat yang tepat untuk temu kangen. Kita bisa bikin potluck atau kalau malas cuci piring, ketemuan aja di restoran. Piknik atau family outing bareng seru juga. Tempat seperti Waterbom salah satunya yang bisa jadi pilihan.

4. DVD marathon

Yes! Akhirnya bisa selesaiin season lanjut dari Misstress, Grey’s Anatomy, Scandal, dan lain-lain.

5. Nikmati kosongnya kota

Ke mana-mana hanya 30 menit. Kapan lagi? Asik kaaann?

Enjoy your staycation!

Leave a Reply