So True: Beda Gaya Pertemanan Umur 20an, 30an dan 40an

no Comment

Coba deh ingat-ingat.

Waktu umur 20an, kita nggak keberatan kerja sampai malam asal weekend bisa senang-senang, dan buat kita teman adalah segalanya. Sedangkan di umur 30an? Biasanya kita mulai ‘perhitungan’ tuh kalau harus lembur, apalagi kalau kejadian setiap hari. Bukan apa-apa, selain gerak badan juga sudah nggak selincah dulu, kita juga ingin bisa pulang ke rumah dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Setuju? :)

Nggak cuma gaya hidup, prioritas dan cara pandang, seiring dengan bertambahnya umur, cara kita berteman juga berubah seiring bertambahnya umur. Apa aja bedanya?

Jumlah teman:

20an: Di umur-umur ini kita merasa perlu banget punya banyak teman. Jumlahnya bisa antara 10 sampai 20, atau bahkan lebih, buat yang biasa nge-gang atau party bareng.

30an: Perlahan-lahan, jumlah yang banyak makin berkurang. Dari kuantitas, kita jadi mentingin kualitas dan mulai ngerasain yang mana yang benar-benar dekat. Biasanya kita punya 4-5 teman baik.

40an: Teman baik mungkin ada beberapa, tapi nggak sedikit dari kita yang akhirnya end up dengan 2-3 sahabat aja.

18 Day-Europe trip with 2 of my best friends. You know that you’ll be friends forever when you survive traveling together.

18 Day-Europe trip with 2 of my best friends. You know that you’ll be friends forever when you survive traveling together.

Bahan obrolan:

20an: “Abis kuliah mau ngapain?”, “Mau kerja di mana?”, “Ada club baru apa?” kurang lebih itulah isi pembicaraan kita sehari-hari. Nggak jarang juga kita ngomongin soal cewek atau cowok yang ditaksir.

30an: Yang pacaran mulai bahas acara pernikahan, yang nikah mulai ngomongin untuk punya anak. Yang fokus berkarier mulai bertanya, “Gue happy nggak, ya?”

40an: Yang punya anak sudah sibuk mikirin biaya sekolah yang tambah mahal. Yang belum atau tidak mau nikah sibuk mikirin mau liburan ke mana lagi.

Tempat hangout:

20an: Di mall. Kalau weekend, ke club. Benar, nggak? 😀

30an: Di tempat hangout yang nggak terlalu rame biar bisa ngobrol sama teman, misalnya tempat ngopi terbaru yang interiornya lucu.

40an: Di rumah atau apartemen dong, saling mengunjungi aja. Potluck lebih seru karena bisa bawa keluarga.

Open house at one of our best friends’ apartment

Open house at one of our best friends’ apartment

Waktu hangout:

20an: Buat yang masih kuliah biasanya hangout setiap hari. Buat yang udah kerja, hangout tiap weekend.

30an: Setiap 2 minggu lah ketemuan.

40an: Belum tentu sebulan sekali. Itu juga biasanya kalau ada cara, seperti ulang tahun, Lebaran atau Natalan.

Yang kita makan saat lagi kumpul:

20an: Fast food atau tempat makan apa aja yang dekat dan nggak terlalu mahal

30an: Mulai bisa makan di resto yang rada fancy dan cakep.

40an: Makan makanan rumahan ajaa pas lagi kumpul di rumah atau di apartemen teman. Di sini juga kita nyadar kalau makanan Indonesia tuh sedapnya nggak ada duanya!

Gimana, menurut pengalaman kamu fakta gata pertemanan di atas cukup akurat, nggak? Tinggalin komen ya di bawah ini.

What we call the extended family.

What we call the extended family.

Leave a Reply