Sembilan Restoran Indonesia Yang Wajib Dicoba

no Comment

Buat yang sering mampir ke ReeSays.com, pasti sudah hafal kalau saya adalah foodie sejati dan paling nggak kuat kalau harus diet nahan nggak makan masakan Indonesia. Ibaratnya superhero yang biasanya biar kuat namun punya kelemahan, masakan Indonesia adalah kelemahan saya. Sepiring nasi dengan seperangkat lauk pauk, apalagi ditambah sambel, beuh.. Dijamin udahannya itu piring licin dan nggak perlu dicuci lagi. 😀

Jadi untuk memastikan lidah ini tetap dimanjakan, biasanya saya minta asisten rumah tangga untuk masak masakan Indonesia. Nggak hanya itu, masakan Indonesia juga seringkali menjadi pilihan saya kalau makan di luar. Buat yang juga nggak bisa hidup tanpa masakan Indonesia, ini 9 rekomendasi restoran lokal di Jakarta yang bisa bikin lupa diet tanpa daya.

1. Kedai Makan Lumpang Emas

Jl. Panglima Polim IX no. 22, Jakarta

nasi burung punai

Semua makanan di sini enak tapi yang harus dicoba adalah Nasi Burung Punai. Enak banget! Burung punai gorengnya sangat garing, sambelnya pas pedasnya dan minumnya harus dengan Es Libo Aceh, yaitu es dengan timun dan jeruk nipis yang segar banget.

2. RM Rempah Kita

Plaza Indonesia, lantai basement

nasi bali rempah kita

Saya penyuka Nasi Bali. Itu loh, nasi yang ada sate lilitnya plus sambel bawang. Nah kalo kangen nasi ini, RM Rempah Kita punya menu itu dan rasanya enaaak banget. Plus lokasinya ada di Plaza Indonesia yang sekarang smoking free. Tambah bahagia deh makan di situ.

3. Remboelan

Plaza Senayan, Senayan City, Kota Kasablanka dan Pondok Indah Mall Street Gallery

dendeng balado

Kalau makan di situ, harus.. saya ulangi, harus coba dendeng baladonya. Bener deh, menurut saya gak ada dendeng balado yang lebih enak. Punya Remboelan paling enak sedunia! Masih nggak habis pikir gimana caranya mereka bisa iris daging setipis dan segaring itu.

4. Akasya Express Kemang

Jl. Taman Kemang no. 14 B, Mampang Prapatan

nasi cumi hitam akasya

Tadinya saya sempat berpikir ini restoran Jepang, ternyata bukan. Menu andalan saya adalah nasi pakai cumi hitam, ayam tangkap, sayur bunga pepaya dan sambel goreng. Diet? Bubar jalan dengan sukses.

5. Paviliun 28

Jl. Petogogan no. 25, Kebayoran Baru

nasi krenseng paviliun 28

Satu makanan di sini yang bikin saya nggak bisa makan sedikit, alias harus nambah adalah Nasi Krensengan. Oemji, itu nasi digoreng barengan sama kambing yang sudah dibumbui dan digoreng kering. Nasinya nasi putih ya, jadi bayangin aja makan sama sambelnya yang dicampur. Ngebayanginnya aja sekarang bikin laper.

6. Soto Betawi

Di berbagai mall di Jakarta

rujak bebeg

Saya biasanya nggak ke resto ini buat makan sotonya, karena menurut saya masih banyak soto lain yang lebih enak. Saya datang ke resto ini buat makan rujak bebeg! Iya, biasanya kan cuma abang-abang pinggir jalan yang rujak bebegnya enak. Nah ini versi bersihnya. Rasanya nggak kalah enak kok.

7. Harum Manis

Pavilion Apartment, Jl. KH Mas Mansyur kav. 24

harum manis tahu gejrot

Ini adalah salah satu Sunday brunch restaurant favorit saya karena isinya semua makanan Indonesia, dengan porsi kecil-kecil dan tersaji dengan buffet. Value for money, makanya pastikan kamu nggak makan dari malam sebelumnya biar nggak rugi. Hahaha. Favorit saya di sini tahu gejrot.

8. Bengawan Solo Restaurant

Grand Sahid Jaya Hotel. Jl. Jend. Sudirman kav. 86.

bengawan solo kangkung balado udang

Salah satu yang saya pesan di Bengawan Solo: Kangkung dan Balado Udang. Disajikannya stylish, dijamin langsung habis!

Seperti yang pernah saya tulis akhir tahun lalu, Bengawan Solo is a real Indonesian dining experience. Selain rasanya enak, saya suka penyajian mereka yang membuat makanan Indonesia terlihat lebih elegan.

9. Koko Bogana

Jl. Cipaku I no. 2, Jakarta

soto mie koko bogana

Tempat jualannya lucu dan banyak menjual berbagai macam nasi ala Indonesia, seperti Nasi Bogana, Nasi Rembang, Nasi Singaraja, dan berbagai nasi lainnya yang enak-enak. Atau coba deh soto mienya yang segar. Di hari-hari tertentu, mereka punya menu-menu spesial seperti Nasi Bunga Kecombrang, Nasi Gudeg dan Nasi Sanglah.

Ok, this list is really mouthwatering. Sekarang saya resmi lapar. Teman-teman juga?

Selamat mencoba!

Leave a Reply