#REEGoestoIndia: Part 2 — Panduan Girls Trip Seru

no Comment

Gimana, yang kemarin penasaran soal foto di IG saya pas ke India? Sudah terjawab kan di cerita Part 1?

Nah, sekarang saya mau cerita perjalanannya. Ini bisa banget jadi panduan buat kamu yang mau bikin girls trip seperti saya.

 

How to get there

Dari Jakarta ada beberapa cara:

– Naik Singapore Airlines dengan transit di Singapore (tidak harus menginap tapi harga pesawatnya paling mahal)

– Naik Thai Airways dengan transit di Bangkok (harus menginap karena akan berangkat dari Bangkok ke New Delhi jam 7 pagi)

– Naik Jet Airways. Dari Jakarta naik Garuda Indonesia dan transit di Singapura untuk pindah pesawat ke Jet Airways. Plus point-nya, bisa langsung sampai hari yang sama (namun pesawatnya tidak sebagus SQ atau Thai Airways).

 

How to get the visa

Salah satu alasan kenapa saya bilang ini impulsive trip adalah selain memang dadakan, bikin visanya gampang banget. Cuma perlu apply secara online, bayar secara online pakai kartu kredit, dan selesai dalam waktu 2×24 jam. Tapi jangan salah isi ya, karena ada pilihan mau e-visa atau visa biasa yang harus ke kedutaan. Untuk paspor Indonesia kita boleh apply e-visa. Linknya di sini.

 

Best time to go

Sebelum saya pergi, sudah banyak yang pesenin saya untuk bawa masker, karena konon kabarnya di sana agak eheem… bau. Tapi ternyata kalau lagi musim dingin, mungkin karena udara nggak terlalu panas dan nggak terlalu bikin keringetan, selama perjalanan masker saya nggak terpakai. Jadi menurut saya memang enak ke India itu pas musim dingin, deh. Udaranya sekitar 20an derajat Celcius. Walaupun kotanya cukup berdebu sih. Rasanya seperti kita lagi bebenah rumah. 😀

 

Tips Girls Trip yang nyaman 

1. Jangan pergi sendirian karena di India tidak disarankan untuk jalan-jalan sendirian

Bersama tour guide kami di Delhi. Selama di perjalanan kita main tebak-tebakan, “Guide-nya ngomong apa, ya?” Karena ada beberapa kata bahasa Inggrisnya yang kita nggak ngerti.

2. Sewa mobil yang nyaman untuk road trip. Pastikan setiap orang bisa duduk dengan nyaman (alias nggak empet-empetan) karena kalau kamu berencana ke Delhi, Jaipur dan Agra, perjalanannya memakan waktu sekitar 4 – 6 jam per trip.

3. Karena banyak sekali tempat bersejarah itu adalah masjid, jadi disarankan untuk nggak pakai celana pendek atau baju yang terlalu terbuka, daripada nanti repot untuk bisa masuk ke dalam. Apalagi rok mini, karena banyak harus naik tangga dan pastinya akan ribet sekali dengan angin.

My outfit during the trip, because travel in style is a must.

My outfit during the trip, because travel in style is a must.

4. Jangan bawa sepatu hak (stiletto-nya simpan dulu) karena semua area turis permukaan jalanannya rata.

india3 copy

5. Tukar uang dari Indonesia. Nggak perlu bawa dollar karena susah nukarnya di sana. Kalau kurang, lebih baik bawa kartu debit aja jadi bisa ambil uang di ATM. Kalau saya pakai Debit BCA.

india4 copy

6. Bawa tisu basah karena ada beberapa area yang kita harus lepas sepatu. Atau berguna juga untuk membersihkan koper karena selama di perjalanan, biasanya koper ditaruh dan diikat di atas atap mobil.

india5 copy

7. Pastikan kamu suka makanan India dan ayam, karena selama perjalanan makanan hanya ada ayam (sekali-kali ada mutton alias domba) dan makanan India. Kalau saya kemarin akhirnya nyobain McD Chicken Burger.

Makanan andalan selama perjalanan: Naan, Chicken Tandori and some gravy.

Makanan andalan selama perjalanan: Naan, Chicken Tandori and some gravy.

 

Gimana, cukup membantu, kan? Di artikel berikutnya, saya akan cerita tentang perjalanannya. Itinerary buat 5 hari 4 malam dengan road trip ke Delhi, Jaipur dan Agra. Nantikan, ya!

Leave a Reply