This 10 Random Acts of Kindness Will Make the World a Better Place

no Comment

“It is nice to be important but it is more important to be nice.”

Suka deh saya sama quote di atas karena benar banget.

Namanya juga manusia, tanpa disadari, kadang kita suka merasa the world revolves around us. Merasa diri paling penting, pokoknya yang harus diutamakan adalah kita, kita dan kita. Nggak disadari juga, dalam melakukannya, saking asik sendiri, kita lupa untuk bersikap baik sama orang-orang yang ada di sekitar. We take those around us for granted. Boro-boro berbuat baik sama orang lain yang kita nggak kenal, sama orang yang dikenal aja kita kadang cuek. Memang nggak boleh? Boleh aja, sih. Tapi kita harus ingat bahwa berbuat dan bersikap baik sama orang lain itu efeknya bukan cuma ke orang lain, tapi juga ke kita sendiri. We’ll feel good by making other people feel good. In fact, it’s the easiest way to feel good.

Mulai merasa tersentil? Pas banget, karena hari ini adalah Random Acts of Kindness Day yang dirayakan oleh orang-orang di berbagai belahan dunia dengan melakukan hal baik yang random ke orang lain. So let’s start today. Kamu akan bisa ngerasain efek baik segera setelah melakukannya. Mudah-mudahan sih jadi ketagihan dan bisa melakukan kebaikan setiap hari.

Harus ngapain dong?

Yang simple-simple aja. Kamu bisa mulai dengan melakukan setidaknya salah satu dari 10 hal ini:

1. Tahan pintu untuk orang lain masuk saat kita berada di lift

HoldTheDoor

Kalau kebetulan kita sudah masuk duluan, pintu mulai nutup dan kita liat ada orang yang lari-lari mau ke lift, tahan sebentar pintunya biar dia bisa masuk.

2. Puji penampilan rekan kantor, bos atau staff di kantor

“Wah, cantik banget sih hari ini” atau “Cardigannya lucuu”, dan lain-lain. Kalau bisa mujinya di depan orang lain. And see their smile. :)

3. Post tweet atau kirim pesan Facebook ketiga teman dan berikan mereka pujian

Berhubung sebagian hidup kita juga berada di media sosial, pujian juga bisa dilakukan di sana. Pilih 3 teman dan berikan pujian kepada mereka. Atau bisa juga sampaikan rasa terima kasih kita untuk hal-hal tertentu yang dilakukan teman-teman kita, misalnya. Or simply say thanks for being who they are.

Random-Acts-of-Kindness-at-work

4. Senyum

Ada banyak orang yang kita temui setiap hari, mulai dari pagi hari saat kita berangkat ke kantor, sampai saat kita mau pulang. Kalau biasanya muka kita kenceng atau rada jutek karena mungkin kepikiran kerjaan, atau bahkan jalan sambil nunduk karena sibuk liat hp, mulai hari ini, coba deh angkat wajah dan senyum ke orang yang pas-pasan dengan kita sesekali. Jarang banget loh orang nggak senyum balik saat disenyumin.

5. Kasih space parkir ke orang lain

Buat yang siang ini berencana makan siang di mall dan bawa mobil, tau sendiri kan parkiran mall suka full di jam makan siang? Terutama kalau kita lagi nggak buru-buru, kalau kebetulan ada mobil lain mau masuk ke space parkir yang kita incer, kasih deh space itu ke mereka.

6. Biarin orang di antrian supermarket maju duluan di kasir

Pulang kantor harus mampir ke supermarket untuk beli beberapa barang? Kalau ada antrian di kasir dan orang di belakang kita kebetulan cuma beli 1-2 barang, kasih aja dia lewat duluan. :)

7. Bayarin tol satu mobil di belakang kita

Prinsip yang sama seperti no. 6. Intinya kan kita lakukan kebaikan secara random. Make someone’s day by paying for their toll fee. Dijamin mobil di belakang kita bingung, nggak nyangka, tapi senang juga.

8. Kasih tempat duduk ke seseorang di bus atau kereta

give up seat

Biasa berangkat dan pulang kantor naik kendaraan umum? Give up your seat to someone. Terutama anak, orang tua atau wanita hamil tentunya, tapi kalau kita lihat ada seseorang yang wajahnya kayaknya capek banget, atau dia bawa tas jinjing, atau bisa siapa aja, nggak perlu ada alasan, kasih deh tempat duduk kita. Orangnya pasti senang.

9. Donate your sunglasses

Punya kacamata hitam nggak cuma satu kan? Trus nggak semua juga masih kita pakai. Biasanya kita pakai bergantian 1-2 aja yang kita paling suka atau yang paling baru. Nah weekend ini, coba deh kumpulin sunglasses yang udah jarang atau bahkan nggak pernah lagi kita pakai, dan kasih ke orang. Bisa buat siapa aja, misalnya buat sepupu atau buat keponakan pas mereka lagi main ke rumah. Bisa juga kasih ke staff kantor.

10. Bawakan kopi buat teman atau orang tersayang

Random acts of kindness ke orang terdekat juga perlu dong. Gimana kalau sambut pagi hari pasangan dengan membawa kopi ke kamar? Bisa juga kita minta seseorang (atau lewat delivery app) beli kopi dari coffee shop favorit pasangan dan sudah kita siapkan tuh kopi di nightstand saat dia bangun.

Belum punya pasangan? Jangan sedih. Hari Senin besok saat pick up kopi sebelum ngantor, beliin sekalian buat orang yang duduk di sebelah kita di kantor. Atau bisa juga beliin kopi buat satpam kantor! Dijamin dia pasti surprised dan menghargai banget. :)

Coba deh lakukan hal-hal di atas. Dijamin reaksi dari orang-orang akan bikin kita juga senang. When people are happier and kinder to one another, the world will be a better place, don’t you think?

can change the world

Leave a Reply