QM ‘Financial Literacy Champion’, Penghargaaan Untuk Penggerak Edukasi Finansial

no Comment

Beberapa waktu lalu, tepatnya di akhir September, saya mendapat kejutan manis dalam rangka ulang tahun ke-13 dari perusahaan perencana keuangan independen, QM Financial: Saya mendapat penghargaan Financial Literacy Champion! Yaayy!!

qm-riana

Menurut mereka, saya termasuk dalam 13 penerima penghargaan ini karena percaya perempuan perlu punya akses pada uangnya sendiri dan bahwa hobi belanja tidak membuat saya lupa untuk mengatur keuangan. Mereka juga menyebutkan soal program smart shopper bersama BelowCepek.com. Wah, terharu banget nih. :’)

Lalu, kenapa program apresiasi ini dibuat? Simak obrolan dengan sahabat saya, Ligwina Hananto, Founder dan CEO dari QM Financial.

1. Win, apa sih Financial Literacy Champion itu?

Financial Literacy Champion adalah penghargaan yang kami berikan untuk individu dan institusi yang kami nilai giat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesadaran finansial, edukasi keuangan, economic empowerment dan capacity building.

Kami menyadari bahwa program financial literacy tidak dapat dilaksanakan sendirian. Perlu adanya partisipasi aktif dari individu yang berpengaruh, brand, media, komunitas dan institusi pemerintah. Itulah mengapa penerima penghargaan ini begitu beragam.

2. Gimana cara milihnya?

Kami pilih dari program kerja yang sudah dilaksanakan oleh sosok atau sebuah instansi untuk publik, lalu kami putuskan bahwa ada 13 champion dari berbagai bidang. Semoga dengan penghargaan ini, masyarakat mendapat akses yang lebih luas terhadap program financial literacy.

3. Apa yang baru di QM Financial di tahun ke-13 ini?

Sejak tahun lalu, QM mengubah positioning dari konsultan menjadi financial literacy provider. Jasa yang tersedia pun disesuaikan dengan misi meningkatkan wawasan keuangan publik. Ada 3 segmen utama:

– Korporasi – kami menyediakan program training untuk perusahaan dengan menyediakan konten keuangan.

– Bisnis atau UKM – kami menyediakan program konsultasi dan training.

– Individu atau Personal – kami menyediakan program konsultasi, seminar dan training.

4. Apa pelajaran terpenting yang diperoleh selama 13 tahun ini?

Kami belajar bahwa bisnis harus fokus pada misi awal. Saat misi ini berkaitan dengan peningkatan wawasan finansial publik, maka semua anggota tim harus sejalan. Kami juga belajar bahwa hanya orang-orang dengan value yang sama yang dapat terus mendukung bisnis bergerak maju. Selain itu, khususnya dalam bisnis, ada survival, sustainability dan scalability, di mana untuk melewati ketiganya butuh proses dan komitmen yang tinggi.

5. Apa rencana QM Financial 5 tahun ke depan?

QM perlu melewati 3 fase yang disebutkan di bagian akhir jawaban no. 4. Untuk itu, harus ada business plan solid yang memastikan QM menyediakan solusi bagi masalah keuangan. Untuk memastikan misi ini tercapai, QM juga menyediakan platform digital Plan.id. Selain itu, ada juga Quamma Project yaitu program sosial yang membuka akses financial literacy untuk perempuan, guru, buruh migran, asisten rumah tangga dan anak-anak.

Siapa lagi Financial Literacy Champion tahun ini? Baca lengkapnya di sini.

Thank you and Happy 13th Anniversary, QM Financial! Semoga sukses mempromosikan wawasan finansial dan terus bermanfaat bagi orang banyak.

Leave a Reply