#PertemananSehat, Exercise is Merrier to Do with Friends

no Comment

Buat yang suka olahraga dan rajin ngepost di Instagram, mungkin pernah lihat tagar #PertemananSehat. Exercise group ini dimulai ketika Dian Sastrowardoyo dan Adinia Wirasti sedang shooting AADC 2 di Jogja dan teman-teman mereka, Viga dan Iwet, berkunjung ke sana. Karena padatnya jadwal, maka waktu berkumpul hanya bisa dilakukan di pagi hari dengan agenda lari pagi bersama!

Kebiasaan ini kemudian dibawa balik ke Jakarta. Teman-teman yang lain pun bergabung, Jaclyn, Rio, Reina dan Hakim. Sejak saat itu, kegiatan lari dan olahraga kerap dilakukan bersama-sama. GBK dan Car Free Day (CFD) seringkali dijadikan tempat berkumpul. Prinsipnya sederhana: Exercise is always merrier to do with friends.

Initial members of #PertemananSehat

Initial members of #PertemananSehat

It’s true. Teman-teman yang tergabung di #PertemananSehat merasa jadi lebih semangat dan lebih sehat. Mereka pun mulai mengajak orang lain melakukan hal yang sama. Gimana caranya? Yuk, ngobrol sama Reina Wardhana, salah satu penggagas #PertemananSehat.

Hai, Reina. Pertemanan Sehat awalnya dimulai oleh 8 orang, bagaimana dengan sekarang?

Pada dasarnya, #PertemananSehat (PS) bukanlah komunitas yang secara sistematis merekrut anggota. Initial member ada 8 orang, tapi sekarang secara organik para initial member ini mengajak teman-temannya untuk olahraga bareng. Kalau udah ngumpul, bisa sampai 20-30 orang. 

Olahraga apa saja yang biasanya dilakukan?

Biasanya kami lari bersama di CFD Sudirman setiap Minggu. Di luar itu, kami saling menginformasikan kelas-kelas dan olahraga apa yang akan masing-masing lakukan. Jadi olahraganya bisa beragam, seperti kelas Zumba, Cardio Boxing, Muay Thai, Functional Training, bahkan ada salah satu dari kami yang mencoba pole dancing dan Krav Maga.

CFD seringkali dijadikan tempat berkumpul. Asik kan, lari rame-rame?

CFD seringkali dijadikan tempat berkumpul. Asik kan, lari rame-rame?

Karena semua pasti sibuk, gimana caranya mengatur jadwal biar bisa barengan?

Karena kami bukan community-based yang punya struktur, semuanya organik dan spontan aja. Misalnya hari itu ada yang akan berolahraga X, dia akan tanya siapa aja yang bisa gabung. Di hari lain, akan ada member lain yang ngajakin olahraga yang beda lagi. Intinya, kami percaya bahwa olahraga sendirian nggak akan lebih bikin semangat dari olahraga bersama teman-teman yang punya tujuan yang sama, yaitu hidup lebih sehat. Jadi biar lebih semangat, setiap orang bisa ngajakin yang lain untuk ikutan. Siapa tau pas ada yang jadwalnya cocok dan jadi bisa olahraga bareng?

Gimana caranya kalau mau ikutan PS? Join grup yang sudah ada atau bikin grup sendiri?

Karena sifatnya yang organik, kami mau menginspirasi teman teman di luar sana untuk punya komunitas olahraga masing-masing, kembali lagi karena kami percaya olahraga lebih menyenangkan dilakukan bareng teman. Dengan merasakan sisi fun ini, kita jadi punya motivasi lain untuk rajin berolahraga, kan? Buat yang sudah memulai exercise group sendiri, jangan lupa foto-foto ya, lalu tag ke akun #PertemananSehat, supaya bisa menginspirasi yang lain.

Tapi di luar itu, #PertemananSehat sesekali punya program olahraga bersama yang terbuka untuk publik. Tahun lalu, kami mengadakan Bashminton, pertandingan bulu tangkis yang pernah kami adakan dengan tema tahun 80an. Rencananya kami akan buat lagi acara-acara serupa tahun ini.

PS copy

At the Bashminton event. Hello!

Dian dan Asti berpose bersama with Hariyanto Arbi, pemenang World Championships, Asian Games, All-England, World Cup dan Thomas Cup di tahun 90an. Keren!

Dian dan Asti berpose bersama with Hariyanto Arbi, pemenang World Championships, Asian Games, All-England, World Cup dan Thomas Cup di tahun 90an. Keren!

Seru, ya? Yuk deh mulai olahraga bareng, lalu follow @PertemananSehat di Instagram dan Twitter. Selain berisi informasi rencana olahraga bareng, di akun-akun media sosial juga bisa dilihat video dan berbagai tips hidup sehat, mulai dari olahraga sampai cara masak makanan sehat. Pokoknya #JanganKasihKendor, oke? 😉

Leave a Reply