Pengalaman Saya Perpanjang STNK Mobil.. Sendiri

no Comment

STNK

Saat saya berhasil perpanjang STNK mobil sendiri tanpa bantuan joki, saya langsung merasa terpanggil untuk menuliskan pengalaman ini buat yang selama ini nggak tau atau biasanya bayar joki untuk mengurusnya. (A sad reality in Indonesia but it’s true)

Ini bermula dari supir saya yang mendadak bilang kalau STNK mobil sudah habis masanya dan karena malas kena denda, saya coba cari di Google lokasi perpanjangan STNK dan juga syarat-syaratnya. Akhirnya ketemu deh, lokasi yang paling enak dan nyaman yang ada di dekat kantor yaitu di Gandaria City Mall! Serius, di mall ada kantor polisi, loh.

Singkatnya, saya datang pagi-pagi untuk minta formulir, isi formulir dan nunggu dipanggil. Dalam waktu 1 jam, semua sudah selesai. Nggak pakai ribet, nggak pakai pungli, cuma pakai gerah aja karena nggak ada AC, hihi. But overall, saya kasih jempol buat usaha kepolisian membuat urusan administrasi ini bukan sesuatu yang ribet.

Ini tips dari saya untuk yang mau perpanjang STNK:

– Google lokasi kantor polisi terdekat atau yang paling nyaman buat kamu (contohnya saya memilih Gandaria City karena kantornya terletak di dalam mall, jadi abis itu bisa langsung jalan-jalan, kaann?)

– Siapkan semua berkas yang diperlukan: BPKB asli, KTP/SIM asli dan STNK asli. Kalau bisa sebelumnya semuanya sudah difotokopi. Tapi kalau lupa, jangan sedih, bisa fotokopi di kantor polisi. Bayar Rp5.000 ajah.

– Siapkan uang cash (mereka belum punya mesin EDC dan debit) sesuai dengan amount yang tertera di STNK. Biasanya sih justru lebih murah dari tahun sebelumnya. Kita akan diberitahu nominal tahun ini sewaktu mau bayar.

– Bawa pulpen – karena sewaktu kita datang, ada formulir yang harus diisi dan nggak ada pulpen yang bisa dipinjam. Isi formulirnya dengan ‘contekan’ isi yang ada di BPKP dan STNK, seperti warna mobil, model mesin, tahun pembuatan, dll. Beberapa pertanyaannya agak ajaib, kalau nggak tau, kosongin aja. 😀

– Setelah formulir dan berkas siap, serahkan ke petugas. Tunggu dipanggil (bisa sambil main Candy Crush biar nggak bosen). Saya sarankan datang pagi karena kalau datang siang sudah kepotong istirahat makan siang dan antrian yang dari pagi. Jadi bisa aja kuota sudah penuh dan akan dilanjutkan keesokannya lagi.

– Saat dipanggil, bayar sesuai dengan nominal yang baru dan.. kelar deeeeeh.

Ringkes banget, kan? Selamat mencoba!

Leave a Reply