Pencitraan vs Realita

no Comment

bag 3

Pencitraan, penting nggak sih?

Kalau di Marketing, ini penting banget, karena memperlihatkan bagaimana sosok atau produk kita dilihat dan dihargai. Tapi pencitraan di sini juga ada batasnya lho. Pencitraan apa yang menurut saya masih sah-sah aja?

Contoh:

Untuk seorang perencana keuangan

Klien kita akan mengharapkan melihat sosok kita yang sukses dan mapan karena dengan begitu klien akan yakin untuk bermimpi dan mempercayakan uangnya untuk dikelola. Jadi susah buat seorang perencana keuangan untuk curhat terbuka soal kondisi keuangan yang mungkin dihadapinya.

Untuk seorang motivator

Pastinya tweet dan post kita di media sosial akan banyak berbau positive dibandingkan dengan curcol complain dan mengeluh. Walaupun saya yakin , pastinya si motivator itu kalo lagi ketemu sama sahabatnya pasti ada curcol-nya lah.

Untuk seorang manager atau public relation hotel bintang 5

Pencitraan tentunya dilakukan dengan selalu berpakaian sekeren dan setara dengan hotel yang direpresentasikan. Kan kita gak bawa brochure tiap saat. Tapi kita harus pastikan bahwa begitu klien melihat kita, dia tahu kualitas hotel kita hanya dengan melihat penampilan saja.

Untuk seorang artis, musisi atau pemain film

Hanya dengan penampilan, target pasar sudah bisa ditentukan. Serius, biasanya hanya dari penampilannya saja. Nggak mungkin kan tiap ketemu orang harus nyanyi atau akting untuk memperlihatkan image kita?

Tapi akhir-akhir ini banyak banget yang pencitraannya kebablasan. Ini yang paling sering saya temui:

– Mengambil foto liburan orang lain atau mengambil foto dari Google, lalu meng-upload-nya seakan-akan sedang ada di sana atau atau menginap di hotel tersebut.

– Abusing Camera 360, sampai kalau ketemu orang aslinya benar-benar beda banget!

– Memaksakan mengikuti tren dengan memakai barang bermerek (branded) agar dianggap masuk ke kalangan/komunitas tertentu, padahal yang dimilikinya barang KW.

Kenapa nggak kita coba bangga dengan pencapaian sendiri? Live the lifestyle you can afford. Percaya deh, nggak perlu pakai barang mahal kok untuk bisa tampil cantik.

What do you think?

 

Leave a Reply