Pahami Dress Code Agar Tidak Salah Kostum

no Comment

Dengan makin banyaknya orang, perusahaan dan brand yang sadar fashion di Indonesia, seringkali kita melihat adanya dress code (DC) di berbagai undangan acara. Mungkin nggak yakin akan apa yang harus dikenakan, cukup banyak teman-teman saya yang bertanya harus pakai baju apa agar tidak salah kostum.

I’m here to help! Ini beberapa DC yang lazin tertulis di undangan dan panduan biar nggak saltum.

1. Smart Casual

smart casual

DC ini biasanya untuk acara yang berkesan santai tapi meminta kita untuk tetap rapi. Jeans rapi (bukan yang belel atau sobek-sobek) dipadukan dengan blazer, high heels dan clutch bisa jadi pilihan.

2. Touch of Indonesia

touch of indonesia

Kita bisa pakai selendang, rok atau atasan batik dan dipadukan dengan fashion item lain. Yang penting, secara total, total look kita ada sentuhan Indonesianya, biasanya dengan kain Indonesia atau wastra nusantara. Tidak harus batik, bisa juga tenun ikat atau songket.

3. White on white

Nah, DC ini artinya kita harus pakai atasan dan bawahan putih, atau kalau mau aman, pakai dress putih. Tidak boleh ada warna lain. Kan kasihan yang punya acara kalau foto-fotonya jadi nggak bagus cuma gara-gara ada tamu yang cuek memadukan kemeja putih dengan celana hitam.

4. Red, yellow, blue, polkadot, stripe (basically color or motif)

red

Kalau “Touch of …” artinya nggak perlu semua elemen baju dari atas sampai bawah berwarna itu, alias hanya sebagian aja (misalnya atasannya atau scarf-nya sesuai warna yang disebutkan), lain halnya kalau dress code-nya menyebutkan warna tertentu. Contoh: DC = Blue – ini artinya baju yang dipakai harus berwarna biru. Atau polkadot, ya artinya harus cari motif polkadot untuk outfit hari itu.

5. National attire

Untuk wanita, kebaya modern dan kain sudah cukup cantik dipakai di acara seperti ini. Inilah saatnya mengeluarkan harta karun kain batik koleksi kesayangan kita.

6. Cocktail

cocktail

DC ini biasanya untuk acara semi-formal dan standing party. Sack dress atau dress selutut atau pencil skirt dengan atasan yang gaya bisa banget dipakai. Jangan lupa pakai sepatu heels yang sesuai untuk mendapatkan total look yang gaya.

7. Black Tie & Evening Gown

gala dinner

Untuk acara resmi seperti gala dinner, DC ini paling sering diminta di undangan. Ini kesempatan kita pakai gaun panjang semata kaki atau sampai menyapu lantai dan pastinya dengan makeup dan dandanan rambut yang lebih glamor. Untuk pasangan, pastinya pakai jas dengan dasi atau bow tie dengan kemeja rapi di dalamnya.

8. Garden atau Beach Party

white

Pastinya lokasinya outdoor dan ada di pantai atau di taman. Untuk dress-nya, summer dress atau tube dress dengan bahan yang ringan akan sangat cocok. Pastikan tidak pakai sepatu dengan hak karena akan bikin susah untuk jalan. Wedges atau sandal lucu tapi gaya dan dandanan natural pas untuk acara ini.

9. Costume party (misalnya dengan tema vintage, Great Gatsby, Bollywood, dan lain-lain)

costume party

Serunya acara jaman sekarang, banyak yang diadakan dengan tema tertentu. Nah, dress up-nya gampang juga. Begitu tau tema pestanya, langsung google deh dan mulai cari item-itemnya di lemari. Bisa juga sewa kostum di tempat penyewaan pakaian pesta.

10. Undangan dari brand, merek atau desainer tertentu

biyan

Kalau saya pribadi, selalu mau menghargai orang atau institusi yang mengundang saya. Contohnya, saya diundang datang ke acaranya Biyan, maka saya akan usahakan memakai baju dari Biyan. Kalau diundang oleh LV, ya pastinya hari itu saya tidak membawa tas merek lain.

Gimana, nggak susah kan? Have fun styling and dressing up!

Leave a Reply