Office Dress Code 101

no Comment

Jangan sampai saltum alias salah kostum.

Kalimat di atas terkesan sepele tapi kenyataannya penting banget menurut saya. Properly dressed bukan hanya soal menyesuaikan gaya dengan occasion, waktu dan tempat, tapi terutama adalah soal menghargai orang-orang yang kita temui. Maka buat saya, prinsip ini pun berlaku di berbagai kesempatan.

As work comes with different activities, thus there are different dress codes we should understand in order to always look good, appropriate and stylish.

Kali ini saya berbagi tips berpakaian yang proper namun tetap gaya, sesuai dengan dress code yang biasanya kita temui di lingkungan kerja.

 

Casual

Casual dalam bahasa Indonesia diterjemahkan dengan santai. Nah, gimana caranya ke kantor dengan gaya santai? Agak susah ya kecuali kantor kita memang mempunyai culture yang non formal.

Di mana kita bisa pakai baju santai? Saat staff outing atau sedang kerja bakti di kantor. Celana pendek (tapi bukan hot pants yaa) bisa banget dipakai untuk occassion ini.

Do: Dipakai saat staff outing udah paling bener deh, biar nggak overdressed.

Don’t: Pastinya tidak dipakai kalau ada peraturan cara berpakaian di kantor.

Contoh:

Blus Sara dari BelowCepek.com.* Dapatkan di sini.*

Blus Sara dari BelowCepek.com. Dapatkan di sini.

 

Smart Casual

Pengertian smart casual itu bukan pintar dan santai ya :) melainkan cara berpakaian yang rapi, konvensional tapi masih berkesan informal.

Kapan sih kita bisa pakai smart casual ke kantor? Jumat pastinya adalah hari yang tepat, meski ada juga perusahaan yang menerapkan dress code smart casual dress code setiap hari. Intinya adalah pakaian kita masih harus cukup rapi apabila tiba-tiba ada meeting dengan klien atau bos.

Do: Pakai jeans ok tapi jeans yang rapi, bukan yang sobek-sobek. Untuk kesan formal, tambahkan blazer atau padukan dengan blouse yang rapi.

Don’t: Pakai t-shirt biasa tanpa ada blazer atau outer yang proper.

Contoh:

Cardigan Jyela dari BelowCepek.com.* Dapatkan di sini.*

Cardigan Jyela dari BelowCepek.com. Dapatkan di sini.

 

Formal

Formal look biasanya yang paling sering dipakai sebagai dress code di berbagai kantor, terutama buat yang bekerja di dunia korporasi. Formal artinya resmi, official, konvensional.

Kapan formal look ini disarankan? Banyak kantor menerapkan dress code ini setiap hari. Ada juga beberapa perusahaan menerapkan pemakaian stocking apabila memakai rok atau melarang pemakaian baju berbahan jersey atau kaos.

Do: Fashion item yang harus dikoleksi adalah blazer, pencil skirt, blouse atau kemeja, celana panjang dan sepatu rapi.

Don’t: Berpakaian Casual atau bahkan Smart Casual kalau kantor kita serius bener.

Contoh:

Blazer Evany dari BelowCepek.com.* Dapatkan di sini.*

Blazer Evany dari BelowCepek.com. Dapatkan di sini.

Gimana, nggak susah kan?

Stay proper and stylish at the office!

Leave a Reply