Los Angeles, Destinasi Liburan Keluarga di California

11 Comments

LA

Libur tlah tiba!

Satu hal yang tidak pernah berubah adalah pertengahan tahun saatnya liburan sekolah. Ingat nggak waktu kita kecil dulu? Libur yang berlangsung kurang lebih 1 bulan selalu membuat kita super happy. Bangun tidur bisa lebih siang, lalu lanjut main seharian. Biasanya orangtua kita pun sudah merencanakan rencana liburan keluarga. Entah menengok nenek di kampung halaman atau ke Bali mengunjungi pantai-pantai cantik.

Buat yang sekarang sudah berkeluarga, gantian kita yang sibuk membuat rencana untuk si kecil. Ada yang merencanakan liburan singkat dan dekat, ada juga yang sudah dari jauh hari menabung untuk bisa berlibur lebih jauh. Aktivitas dan lokasi wisata juga tentunya disesuaikan dengan kesukaan anak-anak. Tempat bermain seperti Universal Studios Singapura, LegoLand Malaysia atau Disneyland Hongkong seringkali menjadi tujuan. Bila ingin bermain lebih jauh, Los Angeles yang sarat dengan berbagai tempat dan kegiatan baik untuk anak-anak maupun orangtua, bisa dijadikan pilihan. Dengan cuaca yang relatif sama dengan Indonesia (matahari sepanjang tahun namun udara lebih dingin dan tidak lembap), Los Angeles adalah destinasi wisata yang menyenangkan.

So, where to go in LA?

 

Untuk anak-anak:

Disneyland

Disneyland, “The happiest place on earth”.

Disneyland, “The happiest place on earth”.

Di LA, Disneyland Park terletak di Anaheim, sekitar 45 menit naik mobil dari pusat kota. Ini adalah satu-satunya theme park yang didesain dan pembangunannya disupervisi langsung oleh Walt Disney. Berhubung tempatnya sangat luas, mereka menjual pilihan tiket masuk yang berbeda, mulai dari tiket 1 untuk hari ($93-99 per orang untuk umur di atas 3) sampai tiket untuk 5 hari ($259-275 per orang). Annual Passport di mana kita bisa pergi kapan saja sepanjang tahun juga ada. Untuk yang ingin berkunjung selama lebih dari 1 hari, ada berbagai tempat penginapan di sekitar Disneyland, seperti hotel-hotel Disney (Disney’s Grand Californian Hotel, Disneyland Hotel dan Disney’s Paradise Pier Hotel) dan hotel-hotel lainnya. Satu hal yang jangan sampai dilupakan, saat mengunjungi Disneyland, cobalah untuk bertahan (karena pasti kaki pegel banget keliling seharian, percayalah :D) setidaknya sampai jam 10 malam untuk melihat kembang api yang sangat spektakuler!

Kembang api yang megah ini bahkan membuat area sekitar Disneyland menyala terang setiap malam

Kembang api yang megah ini bahkan membuat area sekitar Disneyland menyala terang setiap malam

 

California Science Center

Pesawat luar angkasa Endeavor, salah satu exhibition di California Science Center

Pesawat luar angkasa Endeavor, salah satu exhibition di California Science Center

Nggak hanya anak-anak, orang dewasa juga akan terpukau melihat exhibition yang ada di tempat ini. Berbagai hal yang berhubungan dengan keseharian dan keberlangsungan bumi, dijelaskan secara teknis namun simple dan sangat menarik di sini. Selain itu, penjelasan di instalasi-instalasi yang ada di California Science Center sangatlah menggugah anak-anak untuk mengeksplorasi minatnya terhadap ilmu pengetahuan. Yang menyenangkan, di luar special exhibition, masuk ke museum ini gratis!

 

Untuk orangtua:

Los Angeles County Museum of Art (LACMA)

‘Urban Lights’ yang ada di area pintu masuk LACMA, spot wajib untuk foto-foto

‘Urban Lights’ yang ada di area pintu masuk LACMA, spot wajib untuk foto-foto

LACMA yang merupakan museum seni terbesar di Amerika barat ini terlalu seru untuk dilewatkan. Terdiri dari setidaknya 7 gedung, bersiaplah untuk menyediakan waktu setidaknya ½ hari untuk bisa menikmati tempat ini. Selain exhibition, kita juga bisa nonton film dan menikmati pertunjukan musik. Bila ingin hemat, datanglah di hari Selasa di mana kita bisa masuk dengan cuma-cuma. Untuk anak-anak, ada juga Kids Gallery di mana mereka bisa menggambar bersama dan hasilnya dipajang di sepanjang dinding ruangan.

LACMA Kids Gallery. Anak-anak tak akan bosan berada di tempat ini.

LACMA Kids Gallery. Anak-anak tak akan bosan berada di tempat ini.

 

Grammy Museum

grammy museum

Museum ini didedikasikan untuk sejarah dan para pemenang Grammy Awards. Di sini, kita bisa belajar tentang genre dan sejarah musik lewat touch-screen, video dan booth rekaman. Sangat menyenangkan! Nggak hanya itu, museum ini juga memiliki koleksi benda-benda yang historis seperti kostum penyanyi dan alat musik dari acara Grammy Awards, lirik lagu yang ditulis tangan, piringan hitam sampai rekaman audio dan video. Buat yang suka Taylor Swift, ada Taylor Swift Experience yang memperlihatkan perjalanan musiknya dan berbagai hal yang lebih personal seperti foto masa kecil, kostum saat tour, tulisan tangan lirik lagu “22”, Grammy Award yang diterimanya, props video music Shake it Off dan lain-lain.

Taylor Swift Experience, an experience you shouldn’t miss!

Taylor Swift Experience, an experience you shouldn’t miss!

 

Untuk keluarga:

Huntington Library & Botanical Gardens

Tempat yang sangat lengkap untuk menikmati hari yang cerah! Perpustakaan, koleksi seni dan beragam jenis taman, semuanya ada di sini. Bayangkan saja, perpustakaannya punya koleksi 420.000 buku yang belum tentu bisa kita baca di tempat lain, 650 lukisan dan punya 12 taman seperti Japanese Garden, Jungle Garden, Children’s Garden, Desert Garden dan banyak lagi, you name it!

Penampakan Japanese Garden. Selain ini, masih ada 11 taman lagi dengan pemandangan yang berbeda satu dengan lainnya. Dijamin nggak mau pulang! ☺

Penampakan Japanese Garden. Selain ini, masih ada 11 taman lagi dengan pemandangan yang berbeda satu dengan lainnya. Dijamin nggak mau pulang!

 

The Last Bookstore

Dengan semakin banyaknya toko buku yang tutup di muka bumi ini, The Last Bookstore yang menjual berbagai genre buku, menjual vinyl dan lengkap dengan galeri seni ini wajib dikunjungi. Terletak di Downtown LA, toko ini menyediakan lebih dari 250.000 buku baru dan buku bekas, dan lebih dari 100.000 buku dijual dengan harga $1 saja! Duh, jadi pingin borong nggak sih? Buat anak-anak, ada bagian buku anak dengan koleksi yang sangat beragam di lantai 1, sedangkan di lantai 2, interior tempat ini sangatlah memukau dengan adanya ruang besi khusus untuk buku-buku horor. Ada juga labirin berisi puluhan ribu buku. Percaya deh, tersesat di sana juga kita nggak akan keberatan kok saking terpukaunya. :)

Ruangan khusus untuk buku-buku horor, cerita kejahatan dan lain-lain yang unik

Ruangan khusus untuk buku-buku horor, cerita kejahatan dan lain-lain yang unik

Di The Last Bookstore, terowongan pun dibuat dari ratusan buku!

Di The Last Bookstore, terowongan pun dibuat dari ratusan buku!

So what are you waiting for? Visit The Last Bookstore. They won’t be there forever!

 

The Grove 

Mall outdoor ini adalah tujuan wisata wajib buat orang Indonesia yang biasanya hobinya shopping! 😀 Selain ada toko puluhan brand kenamaan, tempat ini juga mempunyai bioskop dengan look yang mewah dan Farmers Market dengan puluhan kios tempat makan yang enak-enak.

Disarankan untuk keliling food market ini dulu sebelum memilih akan makan apa, dijamin makin bingung, hihihi.

Disarankan untuk keliling food market ini dulu sebelum memilih akan makan apa, dijamin makin bingung, hihihi.

Bila berkunjung dengan si kecil, jangan lupa ajak naik trem yang membelah luasnya mall ini.

Trem di mall The Grove, biar rasanya seperti mampir ke San Fransisco!

Trem di mall The Grove, biar rasanya seperti mampir ke San Fransisco!

 

Pantai

Bagian barat Los Angeles bersentuhan langsung dengan air maka ada banyak pantai yang bisa kita kunjungi seperti Venice Beach, Santa Monica dan Malibu, yang terletak 1 jam saja naik mobil dari Downtown LA. Pasir yang putih dan lembut akan membuat kita betah bersantai-santai, meski kalau ingin berenang, cek dulu suhu airnya karena biasanya cukup dingin.

Belum puas belanja? Jalan-jalan menuju pantai-pantai ini dipadati dengan pertokoan dan restoran. Bila ke Santa Monica, jangan lupa mampir ke dermaga yang gerbangnya seringkali disorot di TV bila ada liputan tentang LA. Amusement park juga ada!

Berbagai atraksi menarik bisa kita temui di Venice Beach

Berbagai atraksi menarik bisa kita temui di Venice Beach

Taman bermain di Santa Monica Pier

Taman bermain di Santa Monica Pier

 

Olvera Street

Sebagai negara bagian yang berbatasan dengan Mexico, hampir 40% penduduk California adalah orang Hispanic. Namun, kita tidak perlu jauh-jauh ke Mexico City bila ingin tau rasanya jadi bagian dari kehidupan mereka. Olvera Street yang terletak di Downtown Los Angeles cukup bisa menjadi pengenalan budaya Mexico yang sangat vibrant dan menarik. Puluhan toko kecil, restoran dan musik tradisional yang ada di jalan ini akan membuat sore kita menjadi sangat menyenangkan.

Gimana, rasanya seperti nonton telenovela kan? :D

Gimana, rasanya seperti nonton telenovela kan? :D

 

Selain tempat-tempat di atas, masih banyak tempat seru lainnya seperti Universal Studios, Getty Center (museum yang terletak di atas bukit, di mana dari sana kita bisa melihat kota Los Angeles), Griffith Observatory (teropong bintang yang juga terletak di atas bukit, yang menjadi salah satu tujuan wisata favorit banyak orang), Dodger Stadium dan Staples Center untuk yang ingin melihat pertandingan baseball dan basket secara langsung, Hollywood sign dan tentunya Hollywood Walk of Fame di mana kita bisa mencari dan berfoto bersama gambar bintang aktor atau musisi idola di trotoar di Hollywood Boulevard.

Bila tertarik ingin ke sana, rencana harus dibuat matang paling tidak 6 bulan sebelumnya, karena selain pesan tiket pesawat dan booking hotel, ada Visa yang harus kita urus. But it’s worth it, karena sekali dapat Visa, masa berlakunya 5 tahun, maka kita tidak perlu repot lagi di kunjungan ke Amerika berikutnya.

Punya pertanyaan seputar liburan ke Los Angeles? Tinggalkan comment di bawah ini ya.

Selamat berlibur!

Comments

  1. Kaleidoskop 2015: 7 Destinasi Liburan Yang Wajib Dikunjungi | ReeSays

    […] Sedangkan tempat-tempat yang juga bisa dinikmati oleh kita yang dewasa juga banyak, seperti pantai, museum, taman yang cantik sampai toko buku yang unik. Baca rekomendasi lengkapnya di sini. […]

  2. Monike
    Monike | Posted on August 22, 2016 at 8:53 am

    artikel yang menarik sekali! thanks ya untuk kompilasinya..

  3. mina ali
    mina ali | Posted on October 2, 2016 at 6:11 pm

    Hi….salam kenal Riana. Recommend hotel murah donk kalau tau…. :). Kamu tinggal diLA kah ? Thanks

  4. Fina
    Fina | Posted on November 22, 2016 at 12:28 am

    halo , apa di LA ada local guide orang Indonesia? yg bisa temenanin utk sehari jalan2 di LA? kl ada mau dong infonya , tks

  5. Joonogou
    Joonogou | Posted on March 26, 2017 at 11:31 am

    Hallo. kalau Mau ketempat wisata apa bisa di jangkau dengan transportasi umum seperti subway…saya rencana pergi sendiriian ke LA Dan Baru pertama kali kesana. Mohon petunjuknya. Thanks

  6. lilys
    lilys | Posted on June 2, 2017 at 3:59 pm

    halo, kl di LA naik subway metro cukup amankah? soalnya baru pertama kali mau ke LA

Leave a Reply