Lima Tajil Favorit Penggugah Selera

no Comment

Memasuki minggu kedua, bagaimana puasanya sejauh ini? Meski tak hanya urusan lapar dan haus, tidak bisa disangkal bahwa puasa membuat kita sering ngidam makanan tertentu padahal nggak hamil, hihi. Untuk merayakan kemenangan satu hari, berbuka pun harus dengan yang special. “Berbuka dengan yang manis” pun bukan lagi sekedar slogan minuman dalam botol, melainkan sesuatu yang kita imani sebagai pengganti cepat glukosa darah yang turun setelah berpuasa seharian.

Apa saja tajil yang menjadi favorit semua orang?

1. Kurma

Photo: vemale.com

Photo: vemale.com

Selain rasanya yang enak, buah ini memiliki kandungan gula alami yang cukup tinggi, yang dapat dengan cepat diserap dan diubah menjadi energi yang dibutuhkan tubuh. Karena pada akhirnya kita akan makan malam juga (makan yang lebih berat), kurma cocok untuk mengawali proses pencernaan sekaligus menyediakan energi untuk mencerna makan besar setelahnya. Selain itu, karena mengandung vitamin A, B, asam folat, kalium, zat besi, natrium dan magnesium, makan kurma dalam jumlah yang cukup sama dengan mengkonsumsi multivitamin. Serat pada kurma pun alami, jadi penting buat pencernaan kita. Makanya siapinlah 1 box kurma di meja kantor, biar kalau pun masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan menjelang berbuka, kurma bisa menjadi penyelamat kita.

 

2. Kolak pisang

Bila kurma adalah tajil yang identik dengan bulan puasa di Arab, Indonesia punya kolak pisang. Saking identiknya, biasanya setiap rumah yang memastikan ada kolak untuk makanan buka, apalagi di hari pertama puasa. Yang pasti, dimakan panas atau dingin, kolak pisang selalu ngangenin.

Photo: resephariini.com

Photo: resephariini.com

Karena terdiri dari beberapa bahan, nggak sedikit dari kita yang menyukai bagian dari kolak, lebih dari yang lainnya. Pisang, ubi dan kolang-kaling, mana yang paling teman-teman suka dan biasanya dimakan paling akhir? :)

 

3. Sop buah

Konon kabarnya, tajil ini berasal dari Bandung. Paduan berbagai buah dan kuah yang terdiri dari sirup dan susu kental manis, ditambah es, selalu sukses menyegarkan dahaga kita.

resepmasakankhas.com

Photo: resepmasakankhas.com

Sop buah bisa dengan mudah kita temui di pinggiran jalan selama bulan puasa. Tapi hati-hati, karena sop ini tidak dimasak dengan api, pastikan membeli yang bersih ya. Nggak mau kan kita jadi sakit perut dan malah nggak bisa berpuasa?

 

4. Biji salak

Photo: bacaresepdulu.com

Photo: bacaresepdulu.com

Siapa tak suka biji salak? Teksturnya yang kenyal dengan kontras saus santan putih membuat biji salak menjadi tajil yang istimewa di bulan puasa. Nggak hanya kaya akan gula, biji salak juga sarat karbohidrat, jadi semangkuk pas untuk mengembalikan stamina.

 

5. Es blewah

Photo: resepcaramemasak.info

Photo: resepcaramemasak.info

Selain iklan sirup di layar kaca, banyaknya pedagang buah blewah di pasar dan di jalan-jalan adalah pertanda Ramadan sudah dekat 😀 Buah yang banyak mengandung air dengan warna yang memikat mata ini sangatlah menggugah selera saat berbuka puasa. Ditambah dengan sirup dan es yang banyak, dahaga pun sirna seketika. Nggak hanya itu, blewah juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan kaya akan vitamin.

 

Yang perlu diingat, segala makanan ‘berbuka dengan yang manis’ ini secukupnya saja. Jangan sampai niatnya puasa sekalian diet, yang ada berat badan makin bertambah! 😀

Leave a Reply