Lima Restoran Lokal Terbaik di Jogja

3 Comments

Sejak awal saya mencanangkan program #MenujuBodyAdrianaLima (yang follow Twitter atau Instagram saya, @RianaRee, mungkin pernah liat tagar ini, hihi), saya sadar betul kalau ini bukan hal yang mudah – salah satunya dan terutama karena saya tinggal di Indonesia. *sigh* :)

Benar, kan? Di sini diet susaaah banget karena makanan kita enak semua. Apalagi di Yogyakarta, kota di mana warung dan restoran sederhana ada di mana-mana, dengan harga makanan yang super murah. Sahabat saya Sekar Sosronegoro yang keluarganya berasal dari kota budaya ini pun mengkonfirmasi hal ini. Buat yang berencana ke Jogja, tempat-tempat rekomendasinya ini wajib dicoba.

 

1. Warung Sate Kambing Pak Dakir

Jl. HOS Cokroaminoto no. 75.

pak dakir

Buat penggemar kambing, makan di tempat ini wajib hukumnya. Cobain nasi goreng pliket, tongseng dan sate kambingnya. Buat yang nggak terlalu suka kambing, jangan sedih, tempat ini dikenal sebagai people converter, alias yang nggak suka atau mengira nggak akan suka kambing, biasanya berubah pikiran sekali mencoba menu yang ada di sini. Seru ya? 😀

 

2. Warung Handayani

Jl. Gading no. 2. Selatan Alun-Alun Kidul.

brongkos

Pesan Brongkos Koyor (alias brongkos daging) di tempat ini, dijamin besoknya balik lagi. Saking enaknya, mendingan jangan datang ke sini kalau lagi diet carbo. Mereka generous banget ngasih dagingnya jadi nasi kita pasti habis duluan. Karena ini brongkos rasanya enak banget, yang ada kita akan nambah nasi. Dijamin.

(Brongkos itu semacam mix antara gulai sama rawon, by the way, buat yang belum pernah makan)

 

3. Warung Jadah Tempe Mbah Carik

Jl. Kaliurang Km. 15.

jadah

Kalau lagi main ke area Kaliurang dan belum pernah coba jadah (sejenis ketan), mampir deh ke warung ini. Jadah yang biasanya dimakan bareng tempe atau tahu bacem di sini terkenal enaaak. Murah lagi. Seporsi komplit (10 jadah, 5 tempe dan 5 tahu bacem) hanya Rp17.000 aja. Ditambah wajik dan ditemani teh hangat, jadah cocok untuk memanjakan perut di sore hari.

 

4. Warung SGPC Bu Wiryo

Jl. Argo CT. VIII, Klebengan.

sgpc

Dimulai pada tahun 1959 dengan warung kecil di depan Universitas Gajah Mada, SGPC (singkatan dari Sego Pecel alias nasi pecel) Bu Wiryo kini berkembang menjadi restoran sederhana dengan 30 meja yang selalu penuh. Sayuran dan tempenya fresh dan bila pesan keduanya, kita nggak akan mengeluarkan uang lebih dari Rp20.000. Sayurannya banyak pun! Penggemar pecel dimanjakan deh di tempat ini.

 

5. Bakso Idola

Jl. Adisucipto.

bakso idola

Buat penggemar bakso yang berasal dari luar Jogja, jangan lupa mampir ke restoran ini saat baru datang atau kembali ke Bandara Adisucipto karena terletak tepat di seberangnya. Ciri khas mereka adalah Bakso Rusuk yang meski makannya agak ribet (pakai tangan aja biar gampang), worth it buat dicoba.

 

Have fun in Jogja!

Comments

  1. listiadp
    listiadp | Posted on September 27, 2015 at 7:34 pm

    Buat yang suka makan sehat/vegetarian bisa cobain resto pinggir sawah namanya Soma Yoga didaerah seturan atau Loving Hut ekspress disamping Yogyakarta Plasa Hotel. harganya mostly dibawah 20-25rb. Recommended

  2. Kaleidoskop 2015: 7 Destinasi Liburan Yang Wajib Dikunjungi | ReeSays

    […] Nggak hanya itu, hidangan lain seperti jadah Mbak Carik, sate kambing Pak Dakir, SGPC (alias Sego Pecel atau nasi pecel) Bu Wiryo dan bakso rusuk juga wajib dicoba. Baca rekomendasi lengkapnya di sini. […]

Leave a Reply