#BaladaEntrepreneur edisi Lady Bosses: Audrey Pandi – Pentingnya Visi, Fokus dan Endurance Dalam Berbisnis

no Comment

Yeay! Dapat bonus 1 kali lagi cerita Lady Bosses di bulan Maret ini. Kali ini saya berkesempatan mewawancara sahabat saya, Audrey Pandi. Cerita Audrey ini bisa jadi bahan pemikiran khususnya buat kamu yang masih jadi karyawan. Yes, Audrey baru memulai usaha sendiri setelah lama bekerja di perusahaan oil & gas. Is there such thing as too late to start? Simak obrolan kami ya.

1. Kenalan dulu ya. Siapa sih Audrey itu?

Saya adalah lulusan Teknik Industri Trisakti yang kerja sebelas tahun di oil & gas industry, hobi baca jurnal kesehatan (terutama soal penyakit dan health benefit sayur dan buah), hobi ngoceh soal makan sehat, dan memutuskan untuk berhenti dari corporate life untuk jadi Co-founder sekaligus menu creator di Beets and Bouts.

Passionate dengan bisnisnya, itu salah satu kunci Audrey untuk memulai.

Passionate dengan bisnisnya, itu salah satu kunci Audrey untuk memulai.

2. Sejak kapan berbisnis dan kenapa bikin Beets and Bouts? 

Saya mulai sejak Februari tahun lalu, saat membuka Beets and Bouts dengan 4 orang partner. Alasannya simple yet personal: Makanan sehari-hari kebanyakan orang sangat kurang serat. Malas makan sayur dan buah. Padahal di sayur dan buah terkandung nutrisi yang paling berguna untuk kesehatan tubuh kita untuk jangka panjang. Beets and Bouts ada untuk meng-encourage orang makan untuk lebih banyak sayur dan buah – bukan karena terpaksa, tapi dengan cara yang menyenangkan dan enjoyable.

3. Apakah dari awal sudah tau mau bisnis makanan sehat ?

Sempat terpikir tapi nggak punya konsep yang matang mau bisnis makanan sehat yang seperti apa. Sampai akhirnya muncul ide Beets and Bouts ini.

Makanannya tertata cantik ya. Sehat tapi bikin ngiler.

Makanannya tertata cantik ya. Sehat tapi bikin ngiler.

4. Bisa ceritain nggak suka duka selama buka bisnis sendiri?

Senangnya karena sekarang saya tidak terikat waktu kantor yang 8 to 5. Membuat menu dari sayur dan buah yang bukan hanya tampak cantik dan enak dimakan tapi juga memiliki nutrisi yang berguna adalah salah satu hal yang sangat saya cintai. Bertemu dengan orang-orang yang datang ke Beets and Bouts dan bisa berbagi soal makan sehat adalah hal lain yang saya nikmati.

Yang paling sulit buat saya ada dua:

– Mendisiplinkan diri sendiri. Kalau dulu ada jam kantor, ada atasan yang mengawasi, sekarang hanya ada saya sendiri.

– Memberi arah dan target utk diri sendiri, bisnis dan karyawan. Ini adalah salah satu elemen dari corporate life yang paling saya rindukan. Ada orang di atas sana yang menyusun target, memberi arahan, bahkan memonitor progress. Ketika punya bisnis sendiri, saya adalah orang yang harus melakukan itu semua. :)

Tempatnya lucu ya. Instagramable banget.

Tempatnya lucu ya. Instagramable banget.

5. Punya pengalaman yang nggak akan bisa dilupakan?

Ada. Saya dulu nggak pede waktu Beets and Bouts baru buka. Saya ragu, apa benar orang akan suka makanan dan minuman yang saya buat seperti yang kami cita-citakan? Berapa banyak yang akan suka? Bulan-bulan pertama buka, saya takjub melihat jumlah smoothy bowl yang kami jual. Orang-orang suka dan bahkan banyak di antara mereka yang kemudian jadi loyal customer. Suami saya bilang, “Drey, people like your products. Keep creating, ya.” Perasaan dan keyakinan bahwa saya ada di jalan yang benar, itu saya nggak akan pernah lupa.

Nggak tega ya makannya. Tersusun rapi banget gitu, hehehe.

Nggak tega ya makannya. Tersusun rapi banget gitu, hehehe.

6. Punya pesan apa untuk pembaca ReeSays?

Bill Gates pernah bilang, “Most people OVERESTIMATE what they can do in one year, and UNDERESTIMATE what they can do in 10 years.” Sama seperti kebiasaan makan sehat yang saya bangun selama 16 tahun, membangun bisnis harusnya berfokus pada jangka panjang. Apa yang akan dan bisa kita lakukan, dan ingin kita capai, dalam 10, 15, 20 tahun ke depan. Kalau visi kita panjang, kita “terpaksa” harus melatih “endurance”, bukan sekedar “power” dan “speed”. Orang yang suka olahraga tau kalo latihan endurance jauh lebih melelahkan, tapi akan membuat kita tahan berjalan lebih lama tanpa merasa lelah dan putus asa.

Spaghetti Sambal Matah yang sehat. Suka banget konsepnya. Makanan sehat tapi enak!

Spaghetti Sambal Matah yang sehat. Suka banget konsepnya. Makanan sehat tapi enak!

Buat yang penasaran ingin coba, kamu bisa datang ke Beets and Bouts yang berlokasi di Basement Parking Lot Fairground, SCBD Sudirman Lot 14 (seberangnya Energy Building dan Grand Lucky alias di lokasi bekas Bengkel Café). Telepon: 0812 8015 9339.

Selamat memanjakan lidah dan menyehatkan badan!

Leave a Reply