Kenang Jasa Pahlawan, Jangan Jadi Bangsa Yang Manja

no Comment

Jaman sekarang kita nggak berjuang melawan penjajah seperti yang dilakukan para pahlawan jaman dulu, tapi sepertinya akhir-akhir ini kita berjuang untuk mencari jati diri bangsa Indonesia. Suka nggak suka, Pilkada DKI rasa Pilpress ini benar-benar membuat suasana panas (terutama di media sosial).

manja

Dari mulai asal share berita tanpa baca dulu, ngepost hoax yang bikin panik, debat politik seru, sampai ada Gerakan Unfriend (padahal di Facebook ada loh pilihan unfollow tapi masih temenan). Kenapa jadi begini banget, ya? Saya nggak ngerti, Padahal berbeda kan asik. Seharusnya kita sadar kalau kita memang bisa beda pendapat, beda pilihan, beda suku, beda agama – itulah yang namanya Indonesia.

Pastinya jaman dulu, pada pahlawan kita nggak sempat banget tuh jadi yang MANJA. Mereka kan berjuang untuk satu tujuan yang sangat pentingm yaitu kemerdekaan Indonesia. Kita yang sekarang enak menghirup udara kebebasan malah bertingkah laku sebaliknya.

Apakah kamu termasuk warga negara yang manja? (peace 😀 ) Mari kita cari tau dengan melihat hal-hal di bawah ini:

1. Isi timeline media sosial kamu isinya curhat dan marah-marah melulu, mulai dari bete karena bangun kesiangan, macet, sedih diputusin pacar, kesel sama bos, kecewa sama dunia dan sejuta masalah lainnya. Tau nggak sih kalau masalahnya nggak hilang loh kalau cuma ditulis doang? Yang ada malah bikin sebel yang baca dan bikin mereka mikir, “Nih orang complain melulu”.

2. Share semua berita yang menyentuh hati tapi ya udah cuma share Problemnya, share doang nggak cukup, kita juga harus bertindak. Kalau kasihan sama ojek yang beliin makanan, ya kamu jangan pelit kasih tips atau kasih uang parkir dong. Atau kalau lagi ada rejeki beli 2 porsi makanan, beliin buat abangnya satu. Do something about it and start from YOU, jangan cuma bisa share berita aja.

3. Share berita tanpa baca isinya hanya biar jadi yang pertama nge-share trus biar banyak yang like, comment atau love. Penting banget nggak sih share berita yang belum jelas itu? Yang justru bisa bikin orang panik atau malah bisa memfitnah? Padahal kita bisa memilih untuk menahan diri untuk nggak menggunakan jari kita untuk menyebarkan berita-berita yang nggak mutu atau meluangkan waktu membaca dulu apa isi berita itu, jadi jangan bikin keputusan untuk share cuma dari baca judulnya aja.

4. Mencela orang memang paling gampang, tapi kita pernah ngaca nggak, kita sendiri sudah punya andil apa dalam memecahkan permasalahan tersebut?

Yuk, jadi bangsa yang berbuat sesuatu. Bangsa yang nggak cuma bisa ngeluh tapi bisa mencari solusi. Nggak usah nunggu orang lain, mulai dari diri sendiri. Don’t take our independence and what our national heroes have done for us for granted.

Selamat Hari Pahlawan!

Leave a Reply