Kantor Baru, Harapan Baru

2 Comments

IMG_1103

Bulan ini adalah bulan yang seru, capek dan menegangkan buat saya — karena akhirnya saya memberanikan diri untuk pindah ke kantor yang lebih besar.

Sesuai dengan prinsip sewaktu membangun perusahaan saya PT. Fortuna Adi Busana, saya mau memulai dengan apa yang saya punya (Masih ingat pentingnya Start Small dalam tulisan #BaladaEntrepreneur: How To Start Your Business – Part 2? Intinya, mulai saja bisnis kita tanpa banyak alasan. Tidak usah dulu memikirkan modal yang banyak, tempat yang besar dan lain-lain). Jadi 4 tahun lalu, kami berawal dari kantor yang mungil berukuran 3 x 5 m dengan biaya sewa bulanan seharga bayar kost-kostan.

Dua tahun di sana, kantor sudah mulai terasa sesak karena bertambahnya staff dan produk BelowCepek.com, plus tragedi kebanjiran. Akhirnya kami memutuskan untuk pindah ke area Benhil yang lain dengan kantor yang lebih besar, lebih nyaman dan pastinya tidak banjir.

 

Kantor pertama (2011 – 2013)

Look kantor saya yang share bersama dengan admin dan tempat untuk packing.

FullSizeRender-1

Kecil tapi masih lumayan, dibanding toiletnya..

IMG_8970

Can you believe this? Saking jelek dan joroknya (karena kita share juga dengan cowok-cowok yang kost di situ), saya sering nahan pipis sampai pas makan siang trus ke mall!

Untungnya pojok kerja saya rapi dan bersih.

IMG_1174

Oh ya, tahun pertama sampai keempat saya berbagi harga sewa rumah untuk dijadikan kantor dengan sahabat saya Lolo (yang mempunyai PR Agency bernama PiAr Consulting). Jadi harga sewa kantor tidak terasa begitu besar karena tidak semua saya tanggung sendiri.

 

Kantor kedua (2013 -2015)

Akhirnya saya punya ruangan sendiri walaupun tidak besar. Tetap harus share dengan staff apabila ada klien yang mau meeting. Saya harus kabur dari ruangan! 😀

IMG_9131

Tapi lumayan, ruangan lain bisa dipisah, seperti ini:

IMG_0365

Pemotretan produk mulai bisa dilakukan di kantor tidak lagi di ruang tamu rumah saya.

IMG_9133

Salah satu hal yang melegakan adalah bisa ke toilet kantor sendiri!

Tapi apa daya (dan bersyukur juga tentunya), perusahaan saya dan Lolo mengalami kemajuan dengan bertambahnya staff , maka kami butuh s[ace yang lebih besar. Jadi kami berdua terpaksa berpisah dan tidak bisa sekantor lagi.

Akhirnya saya memberanikan diri mencari ruko yang bisa dijadikan kantor, space gudang yang lebih besar dan sekaligus membuka toko sebagai showroom dari produk BelowCepek.com. Tanggal 24 Maret kemarin, toko offline pertama dari BelowCepek.com resmi dibuka!

 

Kantor ketiga (mulai 2015)

Ini dia tokonya! Berlokasi di Kompleks Grand Rukan Panglima Polim, Ruko no. 81, Jl. Panglima Polim, Jakarta Selatan. Buka Senin-Jumat jam 12.00-18.00.

IMG_1091

This is BelowCepek Squad Team.

IMG_0985

And this is my lovely office!

IMG_1155

“You can never discount a process” – kalimat itu saya dengar dari teman saya Alvin Rajagukguk dan itulah yang sangat saya sadari sebagai entrepreneur.

Untuk teman-teman yang sekarang masih di proses yang sama, hang in there. You’ll get there. Just do your best.

 

 

Comments

  1. BarangIT
    BarangIT | Posted on April 2, 2015 at 10:24 am

    wah, perjuangannya luar biasa mbak (y)

Leave a Reply