Kaleidoskop 2015: 7 Destinasi Liburan Yang Wajib Dikunjungi

no Comment

Life is short and the world is wide.

Teman-teman pembaca ReeSays, apalagi yang hobi traveling, pasti setuju dengan kalimat tadi. Karena itu di akhir tahun ini, saya merangkum beberapa travel experience tahun ini yang bisa dijadikan rekomendasi untuk jalan-jalan tahun depan. Yuk, follow me!

 

1. Makassar

Kita mulai dengan destinasi dalam negeri dulu dan saya akan mulai dengan kota yang bikin berat badan saya naik 2 kg dalam waktu 1 malam aja: Makassar!

Betul, berbagai masakan yang sedap mantap di kota ini adalah alasan kenapa teman-teman wajib menginjakkan kaki di ibukota Sulawesi Selatan ini. Nah, berhubung ini adalah rekomendasi wisata kuliner, foto di bawah ini adalah salah satu alasan kenapa kita harus ke Makassar:

Otak-otak dengan Puang Ocha

sambal-makassar

Pasti puas makan otak-otak pakai Puang Ocha!

Selain Coto Makassar, Nyuknyang (alias bakso dengan buras) dan seafood, yang harus dicoba di Makassar adalah otak-otak dengan sambel yang mantap ini, Puang Ocha. Atas tau aja, otak-otak di Makassar ukurannya besar, ikannya terasa dan cocolannya ini sih yang luar biasa. Pas banget buat yang suka pedas!

 

2. Bali

Meski pernah ke Bali berapa kali pun, pulau ini selalu berhasil membawa kita kembali, benar nggak? Makanya Pulau Dewata ini kembali masuk ke daftar destinasi yang wajib dikunjungi tahun depan.

Berhubung hobi saya makan, kita mulai dengan tempat-tempat makan maknyus yang wajib didatangi dulu ya 😀

Soto Babat Pasar Kuta

Tiap ada teman yang minta rekomendasi makan enak di Bali, saya nggak bosan-bosannya menyebutkan tempat yang satu ini, karena memang enak banget!

stbbt

Saya makan di sini sejak ibu penjualnya jualan di emperan jalan dan akhirnya punya tempat kecil yang masuk gang dengan kapasitas lebih besar. Asiknya, mereka tetap konsisten hanya menjual soto babat.

Rekomendasi lainnya yang dijamin enak:

– Nasi-nasian: Nasi Ayam Kedewatan (ada di Seminyak dan di Ubud) dan Nasi Pedas Ibu Andika pastinya

– Sop Buntut: Sop Buntut Baku Dapa yang bumbunya meresap dan porsinya nggak pelit!

– Seafood: Jimbaran Beach Café di Jimbaran (masuk dari gang yang ada pohon beringinnya)

– Ice cream: Gusto Gelato di Kerobokan

– Coffee lovers: Cobain cappuccino di Sea Circus di Petitenget, Seminyak

– Brunch: Metis Restaurant di Petitenget

– Minum-minum cantik: Woo Bar di Hotel W

Bagaimana dengan penginapan?

Ini dia.

– Buat yang mengutamakan lokasi strateguis buat berbagai keriaan: Coba cek Eazy Inn yang ada di Sunset Road dan Courtyard by Marriott di Seminyak

– Buat yang prefer tinggal di villa, nggak terlalu ramai tapi juga nggak terlalu jauh dari pusat keramaian: Aksara Villa di Canggu

Buat yang mau splurging (hey, you deserve it!): Udah paling bener ke Alila Ubud kalau ingin dikelilingi alam yang hijau atau ke Alila Villa Uluwatu kalau mau dikelilingi langit dan laut yang biru.

 

3. Yogyakarta

Lagi-lagi rekomendasi kuliner nih (percaya kan kalau saya foodie sejati? haha).

Jogja is way more than just a home of gudeg. Berbagai pilihan makanan lain di kota ini sama enaknya dan harganya juga sama murahnya. Surga deh pokoknya! Contohnya seperti ini:

Brongkos Koyor Warung Handayani

brongkos

Nggak cuma enak, dagingnya juga banyak jadi kita pasti puas.

Alias brongkos daging. Buat yang belum tau, brongkos itu perpaduan antara gulai sama rawon. Rasanya mah nggak usah ditanya, enak pakai banget! Warung Handayani terletak di Alun-Alun Selatan.

Nggak hanya itu, hidangan lain seperti jadah Mbak Carik, sate kambing Pak Dakir, SGPC (alias Sego Pecel atau nasi pecel) Bu Wiryo dan bakso rusuk juga wajib dicoba. Baca rekomendasi lengkapnya di sini.

 

4. Jakarta

Buat teman-teman yang tinggal di luar Jakarta, ini beberapa ide kalau mau menghabiskan liburan pergantian tahun di ibukota.

– Buat yang nyari open space: Kota Tua dan Taman Suropati

– Buat yang suka laut experience: Pelabuan Sunda Kelapa

– Tempat bermain anak-anak: Playparq Kemang

– Minum-minum di tempat dengan interior unik: Face Bar

– Buat yang suka ngopi, Jakarta sarat dengan berbagai coffee shop yang menyediakan kopi enak. Ini daftar 10 coffee shop favorit saya dan ini 10 lagi kalau daftar yang tadi kurang, haha.

– Kalau kelaperan paska party tahun baru, 10 tempat makan enak yang buka sampai pagi ini bisa dicoba.

Latihan orekstra di Taman Suropati. Biasanya ada setiap hari Minggu.

Latihan orkestra di Taman Suropati. Biasanya ada setiap hari Minggu.

Baca daftar lengkap 15 pojok kota favorit di Jakarta di sini.

Sedangkan buat yang ingin menikmati pemandangan kota (mumpung Jakarta banyak gedung-gedung tinggi kan?), hang out di rooftop tentu solusinya. Klik di sini untuk daftar 5 rooftop terbaik menurut saya.

skye2

One fine afternoon at Skye, one of the best rooftops in Jakarta.

 

5. Jepang

Nah, sekarang saatnya kita menjelajah luar negeri. Kalau ngomongin Jepang, sudah pastilah ya ada segambreng tempat seru yang wajib dikunjungi! Salah satunya adalah Kyoto.

Bersama ibu dan adik tercinta di Kyoto yang cantik.

Bersama ibu dan adik tercinta di Kyoto yang cantik.

Baca cerita lengkap tentang liburan saya di Jepang dan rekomendasi berbagai tempat seperti Osaka, Hamamatsu, Gunung Fuji dan Tokyo di sini.

 

6. Los Angeles

Buat yang ingin berlibur ke luar negeri dan ingin menikmati udara yang lebih sejuk, nggak terlalu dingin dan tetap ada sinar matahari, Los Angeles adalah pilihan yang tepat. Gimana enggak? Terutama buat yang sudah berkeluarga, tempat ini cocok buat anak-anak. Ini buktinya:

Coba untuk stay di sini sampai jam 10 malam untuk melihat kembang api yang sangat spektakuler.

Coba untuk stay di sini sampai jam 10 malam untuk melihat kembang api yang sangat spektakuler.

It’s an undeniable truth kan? Hihi. Anak kecil di mana pun pasti happy diajak ke Disneyland.

Sedangkan tempat-tempat yang juga bisa dinikmati oleh kita yang dewasa juga banyak, seperti pantai, museum, taman yang cantik sampai toko buku yang unik. Baca rekomendasi lengkapnya di sini.

 

7. Dubai

Wah, kalau ngomongin Dubai pasti nggak ada habisnya ya. Tempat ini benar-benar eksotis dan penuh dengan berbagai destinasi wisata yang bisa membuat kita membelalakkan mata. Mulai dari tower tertinggi di dunia Al Burj Khalifa, desert safari, main ski indoor, mall terbesar di dunia, giant aquarium sampai hotel-hotel mewah seperti Jumeirah Zabeel Saray, Atlantis The Palm Hotel, JW Warriot Marquise (alias the tallest hotel in the world!), Palazzo Versace Hotel dan Anantara The Palm Dubai yang pasti bikin kita betah.

Untuk rekomendasi super komplit soal Dubai, klik di bawah ini:

My Dubai trip part 1

My Dubai trip part 2

My Dubai trip part 3

Dijamin puas! Haha.

 

Happy traveling!

Leave a Reply