Jenahara, a True Case of Passion for Fashion

no Comment
Jenahara Nasution, salah satu desainer muda berbakat Indonesia yang telah membawa desain-desainnya ke mancanegara.

Jenahara Nasution, salah satu desainer muda berbakat Indonesia yang telah membawa desain-desainnya ke mancanegara. 

Tak ada yang lebih menginspirasi dari bisnis yang dimulai dengan passion yang sejalan dengan diri sendiri. Jenahara, desainer muslim muda yang produktif dengan berbagai karya, adalah bukti nyatanya. Kecintaannya terhadap fashion yang dipelajarinya dari memperhatikan ibunda dari kecil membuahkan hasil yang tidak biasa. Pada umur 26 tahun, ia memulai sendiri brand fashionnya dengan nama yang sama.

Di usianya yang menginjak 30 tahun ini, sosok Nanida Jenahara Nasution, nama lengkapnya, sudah sangat terkenal di kalangan hijabers maupun fashionista. Desain-desain terbarunya selalu ditunggu pelanggannya. Ia pun sudah membawa berbagai karyanya ke mancanegara. Yang sangat menginspirasi, kesuksesan Jenahara adalah hasil kerja kerasnya sendiri dan tidak dicampurtangani oleh ibunya, Ida Royani, aktris senior Indonesia yang sudah lebih dulu menjadi desainer dan mempunyai label fashion.

Bicara soal passion, bukti yang diperlihatkannya tidak hanya berhenti di sana. Soul Jehan, panggilan akrabnya, juga tertuang pada desain-desainnya. She is a true example of someone who is living her passion and transforming her character into her works. Edgy, asimetris, namun tetap elegan. Konsistensi ini dapat dilihat di setiap koleksi yang diluncurkannya. Tidak mengherankan kalau koleksi terbarunya, Monochromatic Najavo, banyak mendapat perhatian Indonesia Fashion Week 2015 akhir bulan lalu.

Tertarik dengan sosok yang merupakan salah satu pioneer desainer muslim Indonesia, ReeSays membuka obrolan di tengah kesibukan Jehan. Perempuan yang sedang mengandung putra ketiganya pun membagi pandangannya tentang inspirasi, fenomena hijab dan bisnis pakaian muslim yang sedang marak di Indonesia.

 

Koleksi terbaru Jenahara ‘Monochromatic Najavo’ yang terinspirasi dari penduduk asli Amerika Serikat, banyak mendapat perhatian di Indonesia Fashion Week bulan lalu. Sebelumnya, ada Foresta Selvagia, Floral Riot, Hello Sailor dan lain-lain — koleksi JENAHARA selalu unik dan fresh. Dari mana biasanya Jehan mendapatkan inspirasi kreatifitas ini?

Inspirasi bisa didapatkan dari mana saja, mulai dari majalah, browsing di internet, nonton film, melihat current issue yang sedang happening atau bahkan musik. Intinya segala hal bisa dijadikan inspirasi. Waktu memulai koleksi Monocromatic Navajo, awalnya cuma iseng sedang browsing pattern Navajo dan seketika langsung kepikiran, kenapa nggak sekalian dijadikan koleksi saja?

Peluncuran koleksi terbaru Jenahara, Monochromatic Navajo, di Indonesia Fashion Week 2015.

Peluncuran koleksi terbaru Jenahara, Monochromatic Navajo, di Indonesia Fashion Week 2015.

Monochromatic Najavo terinspirasi dari motif tenun Suku Najavo yang berdiam di barat daya Amerika.

Monochromatic Najavo terinspirasi dari motif tenun Suku Najavo yang berdiam di barat daya Amerika.

navajo 2

Bold, unik dan berani tampil beda adalah ciri khas dari desain-desain Jenahara

 Apa misi Jehan terhadap brand Jenahara?

Sejak awal memulai bisnis JENAHARA, misi saya cuma satu: bisa membuat retail brand besar dengan konsep mix & match yang bisa dipakai oleh orang-orang berhijab dan non hijab.

Jumlah pemakai hijab di Indonesia semakin meningkat. Apa menurut Jehan penjelasan dari fenomena ini?

Dari tahun ke tahun, maraknya busana muslim menjadi sebuah kebutuhan dan bahkan menjadi sebuah trend tersendiri di kalangan masyarakat Indonesia. Faktor yang paling mendasari hal ini karena penduduk kita mayoritas adalah muslim dan berpakaian muslim merupakan sebuah pilihan yang banyak diambil oleh masyarakat kita. Banyak desain kreatif dan unik tercipta di Indonesia karena negara kita bebas mengeksplorasi berbagai hal dan negara kita mudah sekali menyerap segala hal dari luar karena Indonesia bukanlah negara Islam sehingga tidak terpatok pada kondisi atau syarat tertentu dalam berbusana muslim.

Dengan maraknya bisnis fashion di Indonesia, terutama untuk bisnis kecil atau startup, apa yang tantangan terbesar yang masih dialami kebanyakan entrepreneur di sini?

Karena perkembangan jaman yang sudah berubah lebih dinamis, banyak muslimah yang mulai tampil modern tanpa menghilangkan pakem-pakem berbusana muslim seharusnya. Mungkin tantangan yang terbesar adalah bagaimana menciptakan busana muslim yang lebih simple, dinamis dan modern disesuaikan dengan jamannya. Kalau dulu kan busana muslim terkesan kaku dan ribet, sekarang harus lebih kontemporer.

Selain mempunyai nafas independent, modern dan edgy, desain-desain Jenahara biasanya mengutamakan simplicity dan mendorong pemakainya untuk kreatif dengan mix & match. Apa kunci dari mixing and matching yang stylish untuk baju muslim?

Berbusana muslim atau berhijab sebetulnya bisa dibilang kita berpakaian all out dari atas sampai bawah. Jadi cara mudah untuk mengaplikasikan mix & match adalah jangan pernah tabrak motif terlalu banyak atau tabrak warna. Usahakan apabila memakai hijab yang bermotif, pilihlah pakaian yang polos mengikuti warna senada dengan hijab ataupun sebaliknya.

Jenahara dalam balutan merah, hitam dan detail aksesoris yang stylish. “Dalam berbusana muslim, mixing and matching sangatlah penting, tapi jangan ‘tabrak’ terlalu banyak”, pesannya.

Jenahara dalam balutan merah, hitam dan detail aksesoris yang stylish. “Dalam berbusana muslim, mixing and matching sangatlah penting, tapi jangan ‘tabrak’ terlalu banyak”, pesannya.

Dapatkan koleksi-koleksi Jenahara secara online di sini dan langsung di boutique di berbagai kota:

Jakarta

– Jenahara Boutique

Jl. Benda Raya no. 46C, Kemang. Telp:  (021) 78849350. Twitter: @jenahara_update.

– Muse 101 lantai 3, FX Sudirman.

 

Bandung

Jenahara Boutique

Jl. Buah Batu no. 72. Twitter: @jenaharabdg.

 

Surabaya

AMH Boutique Royal Plaza lt. UG Blok F1 no. 5-6 Mustafa Center 2.

Telp: (031) 34140011, HP: 0856 314 1111.

 

Riau

Hijab-hijab

Jl. D.I Panjaitan, KM 9 Ruko Grand Bintan Center, no. 2 Kota Tanjung Pinang.

 

Samarinda

Jenahara Boutique

Jl. Kadrie Oening no. 34 RT 10, Kel. Air Hitam.

 

Balikpapan

SHE Boutique

Kompleks Ruko Mall Fantasi Sentra Eropa II Blok AB 2/11

Telp: 0813 473 232 84.

 

Banjarmasin

– Rina Butik

Jl. Sultan Adam. Komplek Sultan Adam Permai RT 43 no. 9.

– Atina Boutique

Jl. Panglima Batur Barat, Ruko no. 3, Banjarbaru.

 

Makassar

Jenahara Boutique

Jl. Pengayoman. Komp. Permatasari no. 9A. Twitter: @jenahara_mksr.

 

Leave a Reply