6 Momen #Jleb IDEAFEST 2017

no Comment

Dua minggu lalu saya berkesempatan untuk datang ke IdeaFest yang ke-6 dengan tema yang saya suka banget yaitu COLLABORATION. Yes, jaman sekarang kita nggak bisa sendirian. We can’t grow alone.

Acaranya dua hari. Hari pertama adalah hari bermacam-macam kelas di mana saya ikut serta sebagai salah satu pembicara. Asik deh kita bisa berbagi ilmu untuk para peserta dan sesama pembicara.

idea1 copy

Hari kedua adalah harinya conference. Sayangnya, saya nggak bisa ikut dari pagi karena banyak kerjaan kantor yang harus dikerjakan paginya. Tapi meski mengikuti dari siang pun saya dapat beberapa reminder yang dalem banget dari para pembicara.

Ini 6 momen jleb IDEAFEST 2017 versi saya (maaf pembicara yang lain, karena saya nggak nonton langsung, saya nggak bisa tulis, tapi buat yang nonton sesi yang lain, boleh banget loh nambahin di comment).

1. Ika Natassa

My Parallel Universe: Where Imaginary Character Comes Alive IMG_5709

Buat yang nggak tau Ika Natasha, google ya. Yang jelas Ika adalah pengarang buku (yang bukunya selalu laris dan habis, buat dapetin PO bukunya aja susah banget), yang salah satu bukunya difilmkan, yaitu Critical Eleven.

Buat yang nonton filmnya atau baca bukunya, tau kan kalau setting ceritanya di New York? Ika mengaku bahwa saat dia bikin novel itu, dia belum pernah ke New York! Namun dengan hasil riset, dia bisa “membawa” pembacanya ke “Big Apple”. Buat saya itu wow banget. Belum lagi dia juga berperan sebagai publisis semua buku dan juga filmnya, di mana media sosial adalah channel promosi utamanya. Ia pun membuat semua tokoh di novelnya itu seakan-akan nyata (semua punya akun medsos Twitter & Instagram!). Oh ya, yang juga bikin nganga adalah Ika ini sehari-harinya kerja di Bank Mandiri dengan posisi Senior Manager – Wholesale Transaction Banking Region I/Sumatera 1 – dan masih ada waktu loh buat bikin novel yang ditulisnya di malam hari setelah pulang kantor.

Jadi intinya, kalau mau dan suka mengerjakannya, nggak ada alasan nggak bisa berkarya, kan?

 

2. Faye Simanjuntak

Nine Ways to Make a Difference — As Decided by a 15-Year-Old
IMG_5710

Anak umur 15 tahun bikin NGO. Saya langsung nerawang dan bertanya ke diri sendiri, “Ngapain ya waktu itu saat umur 15 tahun?”, hihihi. Paling keren juga nge-band.

Faye ini bikin NGO yang namanya Rumah Faye, yang bertujuan melindungi anak-anak korban dari perdagangan anak. Buat kamu yang penasaran dan mau membantu, cek deh ke www.rumahfaye.or.id.

Dia bilang sesuatu yang jleb banget: If you want to make a difference, you have to do it, no one else. As simple with the question, “WHY?” and you answer with, “WHY NOT?”. Faye memulai NGO ini di umur 13 tahun.

 

3. Deddy Corbuzier

Breaking the Creator’s Code: From Magician to Mr. Trending
IMG_5706

Pastinya semua tau dong siapa Deddy Corbuzier? Memang menyenangkan sekali melihat aksi sulapnya. Itu pun terjadi di Idea Fest kemarin. Tapi yang menarik adalah cerita Deddy bahwa dia sekarang sudah mengundurkan diri sebagai magician, keputusan yang diambilnya when he’s at the top of his game. Menurutnya, keputusan menjalankan “what’s next” itu lebih baik diambil saat kita sedang berada di atas, bukan pas kita lagi sudah mulai turun (pastinya akan muncul magician yang lebih muda atau malah yang lebih jago). “What’s next”-nya , Deddy bikin konsep acara TV “Hitam Putih” yang pakai cast dan lain-lain. Ia mulai dari awal lagi dan acaranya bertahan sampai sekarang.

Satu hal yang menarik adalah waktu Deddy bilang Generasi kita (yang artiya orang-orang yang seangkatan dia, ehem termasuk saya) adalah generasi adaptif. Maka ia pun mempelajari YouTube dan nggak malu belajar dari para YouTuber yang pastinya lebih muda dari dia. Hasilnya, YouTube channel-nya punya lebih dari 500.000 subscriber. Ini salah satu videonya yang bikin saya ketawa tapi bener banget, hihihi: Rahasia Trending YouTube 2017!

 

4. Jimmy Lee

Creating for Mobile 1st: The Story of IKEA and AirBnB IMG_5703

Intro dulu, Jimmy ini adalah Creative Strategist/The Creative Shop at Facebook. Di IdeaFest kemarin, ada satu sesi dia yang seru banget, yaitu saat ia cerita tentang seorang perempuan bernama Yanjaa yang punya daya ingat yang luat biasa. Cewek ini hafal semua isi katalog IKEA, sampai dikasih gelar khusus: Ikea Human Catalog! Gila banget deh, buat yang penasaran bisa lihat di sini.

Di situ saya lihat, betapa brand seperti Ikea bisa membuat katalog yang memang sudah menarik, lebih enganging dengan pelanggan, dan jadi viral.

 

5. skinnyindonesian24

Young, Wild, and … Intelligent IMG_5705

Duo kakak beradik ini, kayaknya semua millennial tau deh, karena YouTube channel-nya punya subscriber lebih dari 1 juta orang yang selalu disapa dengan greeting khas merea, “APAKABS?”. Yang bikin tambah keren adalah mereka berdua sangat terpelajar.

Di panggung, dengan sengaja mereka bicara bahasa Perancis dan Jerman, asik banget. Tapi yang bikin saya berdiri dan tepuk tangan adalah program mereka untuk memberikan beasiswa untuk para subscribernya, yaitu 2 untuk kuliah di bidang sosial dan 2 di bidang science, yang dananya berasal dari uang mereka sendiri. Di akhir dari sesi, mereka minta ke para YouTuber untuk melakukan sesuatu dan membuat impact, bukan hanya fame. Kereen!! Check this video out and get ready to be wow-ed.

 

6. Casey Neistat

Do What You Can’t
IMG_5708

Pastinya semua yang datang ke IdeaFest hari itu, hadir buat nonton orang ini. Buat yang belum tau, Casey Neistat adalah seorang Content Creator. Seorang Top Youtuber yang subscriber-nya lebih dari 8 juta orang. Banyak ya booo.

Dari sesinya dia, ada beberapa hal yang bikin saya ngangguk-ngangguk terus karena memang related banget.

Let’s start dengan video dia yang ini, Bike Lanes, yang dibuatnya pada tahun 2011. Nggak pakai modal besar, he just did what he liked which is making a video with a message. Dan boom, video itu banyak banget yang nonton sampai-sampai gara-gara video ini, dia dapat tawaran dari New York Times untuk bikin video–video tentang New York. Dari situ ia juga dapat tawaran dari NIKE untuk membuat tiga iklan dengan budget yang fantastis.

Nah saat ngerjain iklan NIKE yang ke-3, ia bikin sebuah video yang menjadi video dengan view terbanyak, yaitu iklan untuk FitBit: 26 juta view! (Tonton videonya di sini) Idenya simple banget. Bareng temannya, ia pergi ke airport dan beli tiket ke mana saja sampai uangnya habis, yang mana itu 10 hari.

Dari Casey saya belajar hal-hal ini:

– Really really looking for something that you really really like (that you’re passionate about) that you want to do for the rest of your life and DO IT!

– Don’t be afraid to take risk

It’s not always for the money. Contohnya, bikin iklan buat Nike secara gratis pun ia mau, because opportunity is priceless.

– Keep doing it

Casey baru sukses seperti sekarang setelah 10 tahun sejak memulai YouTube pertamanya. Jaman dulu ia masih pakai video kaset VHS dan cara viral-nya adalah dengan membawa kaset itu dari rumah ke rumah supaya teman-temannya nonton.

– Don’t give up until it’s good

Itu terjadi dengan video NIKE yang Make It Count karena pembuatannya lama banget sampai lewat deadline karena ia tetap belum merasa puas dengan hasilnya – sampai akhirnya keluar ide beli tiket ke mana aja pesawat berikutnya terbang.

– Stay curious!

– Do what you CAN’T

Contohnya adalah saat ia membuat video untuk Samsung yang menjawab kegusaran banyak orang ketika orang sekitar kita bilang, “Kamu Gak Akan Bisa, Kamu Gak Akan Pantes, Kamu GAK AKAN…….”. (ini dia videonya)

 

So inspiring!

Leave a Reply