How to Get Back in Shape After Lebaran

no Comment
muay thai

My Muay Thai routine at the gym. Semoga lemak ikut luntur bersamaan dengan keringat yang meluncur. :D

Opor ayam, rendang, kue nastar, kastengel, entah berapa banyak makanan enak (dan berlemak) yang kita makan seminggu belakangan. Emang nggak boleh? Boleh banget. Lagian, Lebaran festive kan hanya terjadi setahun sekali. Makan banyak (dan sering) bersama keluarga hukumnya sah-sah aja.

Tapi nggak bisa disangkal, nggak sedikit dari kita yang mulai kuatir saat menginjakkan kaki di timbangan, haha. Naik berapa kilopun, jangan panik. All we need to do is to get our bodies back in shape. Caranya? Tentu dengan berolahraga. Ini hal-hal favorit yang biasanya saya lakukan di gym saat angka di timbangan mulai bikin deg-degan.

1. Cardio

Biasanya saya ikut Muay Thai biar badan bergerak semua. Maklum, saya nggak suka lari di treadmill, bosan! 😀

Muay Thai sering dideskripsikan sebagai kickboxing dikali 10. 10 kali lebih intens, 10 kali lebih mengeluarkan keringat dan 10 kali lebih banyak membakar kalori. Dengan Muay Thai, kita melakukan gerakan-gerakan yang konstan seperti punching dan kicking yang bisa membakar lemak dan meningkatkan detak jantung.

2. Berenang

Lagi-lagi ini dilakukan biar semua bagian badan bergerak. Berenang juga bisa jadi jembatan antara liburan dengan kenyataan karena masih ada hawa-hawa liburannya (apalagi buat yang Lebaran tahun ini nggak ikut berlibur seperti saya, hiks :( ).

Berenang juga olahraga yang terbukti efektif membakar kalori. Renang-renang santai bisa membakar 500 kalori per jam, sedangkan renang yang lebih ambisius bisa membakar 700 kalori per jam – dan karena partikel air 800 kali lebih padat daripada udara, setiap tendangan, dorongan dan tarikan yang kita lakukan di dalam air membuat badan kita bekerja dengan ekstra, terutama otot perut, pinggul, lengan dan pundak.

3. Bikram Yoga

Buat saya, ini olahraga paling cepat untuk menghasilkan keringat, dengan harapan semua santan ikut meleleh keluar badan. 😀

Bikram Yoga bisa menjadi salah satu bagian dari rencana menurunkan berat badan. Kuncinya adalah melakukannya dengan teratur, sekitar 3 kali seminggu. Jangan lupa untuk mengkombinasikannya dengan diet sehat rendah kalori.

Ayo semangat kembali ke gym! Jangan sampai Lebaran sudah selesai tapi badan kita masih aja lebar-an, hehehe.

Leave a Reply