Hardiknas: 5 Skill Dari Sekolah Yang Kita Pakai Sampai Sekarang

no Comment

Hari Senin besok merupakan salah satu hari nasional yang penting buat kita bangsa Indonesia: Hardiknas, alias Hari Pendidikan Nasional (jangan taunya Harpitnas aja, hihihi).

Soal pentingnya pendidikan, rasanya nggak perlu lagi panjang lebar saya jelaskan di sini. Yang ingin saya angkat di tulisan ini justru dari sisi yang berbeda, bukan dari sisi akademisnya, yaitu tentang berbagai skill yang kita pelajari selama bertahun-tahun sekolah, yang kepake banget di hidup kita saat sudah dewasa.

Apa aja? Ini 5 di antaranya:

1. Sekolah ngajarin kita untuk networking

networking

Gimana, dari nomor 1 aja udah setuju kan kalau skill ini penting banget? Dari hari pertama masuk sekolah, kita udah belajar banget bersosialisasi dan menjalin hubungan. Kita juga belajar bahwa nggak ada hubungan pertemanan yang instan, semua butuh proses. Bahwa yang namanya membangun trust itu butuh waktu. Serunya, kita nggak hanya ‘dipaksa’ untuk networking saat masuk SD aja. Saat masuk SMP dan SMA, proses yang sama kembali terulang. Awalnya pasti deg-degan, tapi begitu ‘jaringan’ pertemanan sudah terbentuk, sekolah jadi tempat yang paling menyenangkan. Ya, nggak?

2. Sekolah ngajarin kita untuk memperhatikan penampilan

penampilan

 

Dulu suka bete kalau dimarahin guru karena baju kita keluar-keluar atau bahkan kotor? Jangan, karena terbukti hal yang sama terjadi kan di dunia kerja? Baju yang nggak rapi biasanya orangnya nggak organized, apalagi kalau kotor, first impression orang terhadap kita pastinya nggak bagus, makanya ada slogan “Dress for Success”.

3. Sekolah ngajarin kita untuk bagi waktu

bagi waktu

Bikin PR, belajar buat ulangan, bikin science project, dari jaman sekolah kita udah sibuk, yang bikin kita belajar untuk membagi waktu dengan baik. Bagus kan? Karena saat kerja, juggling waktunya lebih heboh lagi. Kerjaan dari bos, request dari klien, meng-handle complaint, persiapan presentasi, bikin laporan, dllsb nggak ada habisnya. Apalagi buat yang harus bagi waktu dengan keluarga. Sounds familiar?

4. Sekolah ngajarin kita untuk bisa mengatur keuangan

African American girl counting change in jar

Gimana enggak, dengan uang jajan yang terbatas, kita pasti ‘terpaksa’ mengatur keuangan kan? Apalagi kalau di luar jajan di sekolah, ada barang tertentu yang mau kita beli. Biasanya uang jajan diirit-irit tuh, biar dananya terkumpul. Di sinilah kita belajar untuk manage uang. Skala kecil dulu, skala besarnya saat kita sudah dewasa. Uang makan, transport, bayar tagihan telepon, bayar tagihan kartu kredit – you name it. :)

5. Sekolah ngajarin kita untuk belajar dari kegagalan

Elementary student holding an A grade paper --- Image by © Erik Isakson/Tetra Images/Corbis

Ini dia yang paling penting. Berhubung sekolah itu lama, pastinya yang namanya berhasil dan gagal kita alami berulang kali. Justru di sinilah kita belajar kalau yang penting bukan kegagalannya, melainkan gimana kita selalu bangkit dari kegagalan itu. Nilai ulangan jelek? Artinya harus belajar lebih giat biar pas ujian akhir nilai kita lebih bagus. Dimarahi bos karena mangkir deadline? Tandanya kita harus manage waktu dan kerjaan dengan lebih baik biar nggak kejadian lagi.

Dari 5 skill yang disebutkan di atas, yang mana yang pakai kepake di dunia kerjamu sekarang? Tinggalin comment di bawah ya.

Leave a Reply