Gerak Cepat, Bantu Korban Asap A.S.A.P

no Comment
Foto: okezone.com

Foto: okezone.com

Asap. Kata yang satu ini berikut gambarnya sudah wara-wiri di layar TV, smartphone dan koran kita sejak pertengahan tahun ini dan tidak pernah gagal membuat hati ini nyeri. Jutaan orang terpaksa menghirup asap hasil kebakaran hutan yang mengakibatkan ribuan warga menderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), pneumonia, iritasi mata dan iritasi kulit. Nggak hanya itu, nggak jarang penerbangan terpaksa ditunda atau dibatalkan (karena jarak pandang bisa mencapai 500 meter saja) dan berhubung pergerakan udara tak dapat dibendung, negara tetangga pun turut menjadi korban. Kabut asap ikut menyelimuti Singapura dan Malaysia dan sebagian sekolah di Malaysia, seperti juga banyak sekolah di Sumatra, terpaksa ditutup. Sungguh pilu dan membuat malu.

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Pekanbaru, Sumatra Selatan masih menjadi penyumbang titik panas terbanyak (224 titik), disusul oleh Jambi, Lampung, Riau, Bangka Belitung, Sumatra Utara, Sumatra Barat dan Bengkulu. Pada akhir bulan lalu, indikator polutan di Pekanbaru, Riau, mencapai 450 atau 100 lebih tinggi dari taraf bahaya.

Yang lebih menyedihkan, ketersediaan masker oksigen yang proper yang dibutuhkan di situasi darurat seperti ini terbatas. Udara, yang merupakan kebutuhan dasar manusia, jadi mahal harganya. Di sini pertolongan kita akan sangat berarti bagi mereka.

Kita bisa ambil bagian. Untuk yang ingin membantu saudara sebangsa di Sumatra dan Kalimantan, beberapa gerakan ini bisa membantu menyalurkan bantuan.

1. #MelawanAsap di Kitabisa.com

kitabisa.com

Kampanye pengumpulan dana yang diinisiasi oleh Jenny Jusuf ini menargetkan donasi sejumlah Rp50.000.000. Saat ini, donasi yang terkumpul sudah sebesar 91%, dengan waktu pengumpulan donasi yang tinggal 2 hari lagi. Yuk, bantu mereka mencapai target. Dengan sekitar Rp5.000.000 lagi, warga Riau bisa mendapat 235 masker jenis N95 (Rp47.000.000) dan 50 kaleng oksigen (Rp3.000.000). Klik di sini untuk berdonasi.

 

2. #DaruratAsap di Act.id

ACT

Gerakan yang diorganisir oleh Lembaga Kemanusiaan Global Profesional ACT (Aksi Cepat Tanggap) ini memfokuskan diri pada para penderita ISPA yang hingga saat ini disinyalir mencapai ratusan ribu orang. Bantuan lewat ACT bisa disalurkan lewat nomor rekening bank yang tertera pada gambar di atas.

 

3. #MelawanAsap untuk Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF)

orangutan

Korban kebakaran hutan bukan hanya manusia saja. Yang duluan terkena dampaknya tentu mereka yang tinggal di dalam hutan. Bayangkan kalau rumah kita terbakar dan kita terjebak di dalamnya. Nggak manusiawi kan? (dalam hal ini, melanggar hak hidup penghuni hutan juga)

Gerakan ini menggalang pengumpulan masker N95, kacamata khusus dan headlamp untuk para korban di Pusat Rehabilitasi Orangutan di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Silakan salurkan donasi ke nomor rekening bank dan contact person yang ada di gambar di atas.

 

Kita mungkin nggak bisa hadir dan menjadi relawan di tempat di mana teman-teman kita membutuhkan bantuan, namun hanya dengan beberapa klik saja, kita bisa membantu meringankan beban. Ayo bergerak!

 

Leave a Reply