Inspiring Quotes from Famous Entrepreneurs for Your Business

no Comment

This is the era of entrepreneurship. Makin banyak orang yang memutuskan untuk jadi entrepreneur, mungkin teman-teman adalah salah satunya.

Tapi jadi entrepreneur sama sekali nggak mudah. Tantangannya nggak ada habisnya. Buat saya, menjadi entrepreneur artinya siap belajar setiap hari. Mental harus kuat karena permasalahan datang silih berganti.

Tapi justru di sini kuncinya. Menurut saya penting untuk kita melihat rintangan, bukan sebagai halangan, melainkan sebagai tantangan. Optimisme juga multak diperlukan karena berbeda dengan bekerja kantoran, menjadi entrepreneur artinya sadar bahwa kegagalan atau keberhasilan ada di tangan kita.

Bila bisnis sedang sulit, beberapa quote dari entrepreneur handal dan inspiring people ini perlu kita ingat untuk bisa kembali semangat, semoga bisa menjadi inspirasi buat teman-teman untuk bangkit lagi.

quote 1

Buat saya: Never a failure, always a lesson. Hari ini udah hari baru lagi, let’s do something about it daripada memikirkan hal yang sudah kejadian dan nggak ada yang bisa kita lakukan untuk mengubahnya.

Contohnya, saya pernah salah perkiraan untuk buka pameran. Sudah bayar mahal, ternyata pamerannya sepi sekali dan kami rugi. Apakah saya akan kapok ikut pameran lagi? Nggak dong. Ini saya jadikan pelajaran untuk lebih berhati-hati saat mengecek latar belakang EO dan lokasinya.

 

quote 4

Jadi entrepreneur nggak boleh gampang menyerah. Ibaratnya, kita harus seperti kucing, banyak nyawanya. 😀

 

quote 2

Buat saya, cita-cita itu buat anak kecil. Buat kita-kita yang sudah dewasa, saatnya untuk punya goal. Just do it! Apalagi yang ditunggu?

Contohnya, kalau saya cuma bilang ingin punya usaha sendiri tapi nggak pernah mulai untuk coba jualan dulu di Facebook dan ikutan bazaar, mungkin nggak akan ada yang namanya BelowCepek.com. :)

 

quote 3

Buat saya, lebih baik ada yang complain daripada nggak complain tapi akhirnya nggak pernah beli lagi atau malah bicara buruk tentang produk kita di luar.

Tips untuk menghadapi complaint:

  1. Minta maaf maaf dulu untuk apapun yang membuat customer merasa kecewa
  2. Tidak perlu defensive. Sebaliknya, kita harus lebih mendengarkan.
  3. Hindari penanganan complaint secara tertulis. Apabila memungkinkan, dilakukan dengan percakapan atau pertemuan akan jauh lebih baik.
  4. Customer tidak perlu tahu kesulitan kita sebagai penjual. Mereka lebih tertarik pada solusi yang kita tawarkan (alias jangan curhat).

 

quote 5

Sering banget yang namanya rencana nggak berjalan sesuai dengan yang kita harapkan, ya kan?

Contohnya, saya pernah kontrak dengan sebuah digital agency yang berakhir gagal dan mengakibatkan website BelowCepek.com berantakan dan revenue kami turun. So what should we do about it? Daripada ngomel-ngomel melulu, lebih baik langsung membuat rencana selanjutnya dan memikirkan bagaimana mengembalikan revenue yang hilang selama beberapa bulan itu.

 

Leave a Reply