Don’t Feel Sorry for Your Success

2 Comments

Beberapa hari yang lalu saya nonton sebuah film yang ceritanya mengenai seorang perempuan yang posisinya menjadi staf creative di kantornya. Ia punya cita-cita jadi manager di kantor tersebut, punya pacar dan punya apartemen yang bagus (saat itu ia masih harus berbagi bertiga dengan teman-teman perempuannya di apartemen yang kecil).

Singkat cerita, suatu hari semua yang ia mimpikan tercapai: dipromosikan memegang divisi baru, dapat gebetan cowok yang cakep dan mapan (penting!), plus dikasih jatah apartemen dari kantor yang mewah.

Nah, tentunya posisi naik artinya tambah banyak kerjaan, tambah tanggung jawab, stress level lebih tinggi dan punya waktu luang yang lebih sedikit. Di situ perempuan ini jadi bingung karena si pacar baru minta perhatian, seperti romantic dinner (yang pastinya nggak bisa cepat-cepat dong ya) padahal ia lagi deadline, trus teman-temannya juga merasa ia nggak punya waktu buat nonton serial TV favorit bareng-bareng lagi atau waktu buat gosipan. Sampai suatu hari cewek ini bilang, “I wish I can go back to my old life when everything was so simple.”

Well, ladies, kesempatan promosi itu nggak datang 2 kali dan ya, naik jabatan itu artinya kita akan lebih sibuk daripada sebelum naik jabatan. Akan ada waktunya kita memang sibuuuk banget dan ini artinya nggak sempat gosipan sama teman atau pergi acara ini-itu karena waktunya lebih baik digunakan untuk tidur karena capek atau ngerjain deadline. And that’s okay!

Kalau teman atau pacar yang tidak mengerti kesibukan kamu, artinya memang mereka tidak memahami pekerjaan kamu sekarang. But don’t ever feel sorry for your success, because you earn it. Pada akhirnya kamu akan ketemu teman-teman yang malah mendukung karir dan pacar yang akan mendorong kamu untuk lebih maju lagi.

quote oprah copy

Hidup itu seperti naik tangga dan kita pegangan tangan dengan beberapa orang, tapi ada kalanya waktu kita mau naik tangga berikutnya, teman atau pacar kita tidak mau. Di sini ada tiga pilihan:

– Diam di tempat, yang artinya ya kamu nggak berkembang, segitu aja di comfort zone dan lingkungan kamu

– Naik ke tangga berikutnya sambil megangin tangan orang lain (bisa tangan teman atau pacar), yang lama-lama kalau tambah tinggi kamu akan capek harus menyeret mereka untuk mau naik (syukur-syukur mereka mau ikut naik, loh).

– Let It Go. Di anak tangga tertentu, tangan kamu sudah akan terlalu jauh untuk bisa terus pegangan dan pilihannya adalah untuk melepas tangan kamu agar kamu bisa ke anak tangga yang lebih tinggi (karena kalau dipaksa bisa saja ada kemungkinan kamu malah jatuh balik ke bawah). Saat ini terjadi, jangan khawatir untuk sendirian karena kamu akan ketemu lingkungan baru lagi di anak tangga berikutnya, dan teman atau pacar kamu itu akan punya juga lingkugan baru sesuai dengan anak tangga mereka. Kalau ada jodoh panjang, bisa saja suatu saat nanti bertemu lagi (who knows?).

quote the weeknd copy

work quote riana

Your life, your choice.

Comments

  1. Asni
    Asni | Posted on August 28, 2017 at 6:17 pm

    Ah..mengena banget..Thanks atas pencerahannya..

Leave a Reply