Curahan Hati #BaladaEntrepreneur

no Comment

Pernah nggak pergi ke toko buku dan melihat di antara buku-buku best seller yang dipajang, ada buku dengan judul Langkah Mudah Membuat E-commerce, Sukses Milyaran Dalam Waktu Singkat atau Cara Singkat Menjadi Entrepreneur?

Nih ya, saya yang sudah menjalani sendiri kehidupan selama 4 tahun jadi wiraswasta murni, artinya keluar dari pekerjaan korporasi dan membuat usaha sendiri, mau bilang bahwa nggak ada tuh cara singkat, cara mudah dan apapun itu untuk merintis usaha.

Nah berhubung saya lagi sebel (iya, jadi entrepreneur itu nggak hanya suka aja, dukanya juga nggak sedikit), ya sudah saya share aja deh curhatan #BaladaEntrepreneur berdasarkan pengalaman pribadi saya ya.

These are some of the things you’ll go through as an entrepreneur.

1. Akhir bulan pas semua kayawan happy karena bisa gajian, kita malah deg-degan dan berdoa supaya duit kantor cukup buat bayar gaji.

2. Pas kita nggak bisa tidur mikirin problematika kantor, staff tidur dengan enak di rumah. Saking enaknya sampai masuk kantor telat mulu.

3. Beli barang inventoris itu pakai duit, walaupun cuma pulpen atau hanger Tapi gak tau kenapa tiap bulan harus beli pulpen atau hanger seakan-akan ada yang makan itu pulpen atau hanger setiap bulan. (gemeess)

4. Saat kita nggak gajian karena bela-belain supaya gaji staff bisa utuh dibayar. mereka malah jutek atau tidak follow up ke pelanggan dan hilanglah potential revenue hari itu, atau malah pelanggannya kapok belanja. Duh!

5. Ketika peran kita berubah menjadi sekretaris pribadi staff kita karena menjadi kerjaan kita untuk selalu mengingatkan dia buat ngerjain kerjaannya dia. #ruwet

6. Perasaan ide yang kita lontarkan itu sudah sangat ciamik dan orisinal, eh taunya kompetitor tinggal asal tiru dan jiplak . Sakitnya tuh di si.. ni!!

7. Rasa iri yang melanda begitu melihat kompetitor dapat uang jutaan dollar dari investor, sedangkan kita cuma bisa menatap nanar uang yang ada di saldo bank yang jumlahnya cuma beberapa digit doang.

8. Ketika tawaran panggilan untuk balik lagi jadi karyawan sangat besar karena melihat gejala lama-lama uang tabungan kita habis buat usaha.

9. Ketika rasa capek itu melanda dan rasanya pengen tutup aja kantornya.

10. Dan masih sejuta permasalahan lainnya .

Nah, pertanyaannya, apa sih yang membuat saya atau kamu mau menjadi pengusaha atau entrepreneur? Kalau hanya supaya kaya atau mencari uang, sepertinya begitu di tahun-tahun awal saya sudah pasti menyerah. Wong gaji saya waktu jadi karyawan lebih besar kok daripada pas bikin usaha.

So, find your purpose first, get ready for the ‘roller coaster’ entrepreneur life and join me in the #BaladaEntrepreneur club :) Selamat mikir yaaa.

curhat balada

PS: Buat yang sudah berhasil melewati itu semua, selamat ya. Doakan saya supaya cepat keluar dari sinetron #BaladaEntrepreneur ini.

Leave a Reply