Bosan Galau? Ikuti Tips Move On 8 Minggu Ini!

no Comment

Move on.

Dua kata ini lumayan sering ya wara-wiri di timeline media sosial kita. Orang Indonesia memang paling jagoan deh urusan pergalauan, hihi. Mulai dari yang sad banget sampai meme-meme lucu dengan tagar #gagalmoveon yang bikin kita (yang meskipun nggak galau) ikutan ketawa ngeliatnya.

Andai move on segampang ini ya:

breathe-in-breathe-out-move-on-quote-1

Tapi apa daya? Saat baru putus, biasanya kita masih ngarep dan mikirnya begini:

CzYx7BmUUAACYtA

Hahaha, udah ngaku aja.

Trus, harus gimana, dong? Nggak mungkin kan hidup jalan di tempat? Mungkin ini saatnya untuk kamu serius dalam usaha melupakan mantan. Buat yang lagi struggling mengatasi patah hati, kita bikin program 8 minggu aja, yuk!

Minggu #1: Nangis sepuas-puasnya

Namanya putus cinta, hati pasti perih seada-adanya. Terima aja, nggak usah dilawan (nggak bisa juga kan? :)). Kalau perlu, nonton segala film percintaan atau yang bertema breakup juga, biar lebih puas dan air mata benar-benar terkuras.

Breakup Movies

Photo: misfitlibrariansadventures.blogspot.com

Minggu #2: Makan makanan favorit sepuasnya dan lupakan diet untuk sementara

Saat sakit aja kita butuh comfort food, kan? Misalnya flu, paling enak makan yang kuah-kuah. Nah, begitu juga dengan hati. Kalau lagi sakit (kan namanya sakit hati), jajan deh apa aja yang kamu mau. Manusia tentunya beda-beda kepribadiannya tapi saya tahu pasti, food makes us happy, hihi.

Minggu #3: Singkirkan barang-barang dari dan punya mantan

b85a2bdf82f07794202e715f80760584--breakup-gifts-breakup-box

Semuanya ya, mulai dari foto (baik yang di hp, maupun yang dipajang dalam frame) sampai kado. Kalau pun ada barang punya mantan yang masih ada di kita, baju misalnya, singkirkan dan masukkan ke dalam 1 kotak dan jauhkan kotak itu dari penglihatan (masukkan ke gudang, misalnya). Jangan ya punya ide mau ke rumah mantan dengan alasan mau balikin barang, selain overdramatic (ketahuan banget gitu sebenarnya kamu mau curi-curi ketemu), hati kamu juga bisa dengan mudah kembali luluh, galau dan back to square one.

Minggu #4: Stop makan junk food dan paksakan diri nge-gym

Dua-tiga minggu memuaskan lidah sepertinya cukup. Kalau tiga minggu pertama rasanya maleees banget olahraga, nggak papa, tapi di minggu keempat, yuk mulai masukkan kembali olahraga ke jadwal keseharian kita. Dibikin effortless aja. Misalnya kamu ada meeting sampai jam 5 sore dan biasanya makan malam jam 7. Nah, coba bikin meeting-nya di mall, jadi selesai meeting, bisa langsung cus ke gym (kalau gym kamu ada di mall yang sama) dan kamu punya waktu setidaknya 1 jam buat workout.

Minggu #5: Ketemu teman-teman

gilmore-girls-coffee-mugs-49354d26

Sebulan pertama pasca putus, biasanya kita nggak terlalu selera ketemu orang. Di bulan kedua ini, ayo mulai keluar rumah dan coba hangout. Ketemu teman-teman dekat aja dulu yang paham dengan apa yang baru kami alami, jadi juga nggak ada tekanan untuk terlihat super happy (tapi jangan juga kembali curhat dan nangis di coffee shop ya). Yang perlu diingat, hindari pergi ke tempat yang kamu tahu akan ada si mantan atau teman-temannya di situ. Dalam waktu sebulan biasanya perasaan kita masih fragile, jadi lebih baik berhati-hati.

Minggu #6: Kenalan sama orang baru

Nggak mesti orang baru sih, kenalan lama juga bisa, tapi intinya, kalau kamu sempat naksir sama orang atau kalau kamu tahu ada yang naksir kamu dan orangnya kelihatan lucu, boleh tuh mulai ngobrol. Tapi di tahap ini, lebih baik tujuannya adalah sebagai distraksi alias nggak usah dijalanin nge-date beneran. Bukan apa-apa, takutnya hati memang belum siap dan yang ada dia jadi rebound aja. Kasian, kan?

Minggu #7: Post foto diri yang kece

Jangan sedih, patah hati bisa terjadi sama siapa aja. Ini post break up selfie JLo waktu baru putus dari Casper Smart.

Jangan sedih, patah hati bisa terjadi sama siapa aja. Ini post break up selfie JLo waktu baru putus dari Casper Smart.

Hampir dua bulan nih sejak kamu putus, saatnya untuk come back with the new you! Kalau kemarin-kemarin sempat pingin nyoba gaya rambut tertentu, boleh nih dicoba. Mau warnain rambut, seru juga. Atau mau nyoba tren make up terbaru? (setelah kemarin-kemarin saat galau, pakai lipstick aja males tentunya) Boleh banget. Setelah itu, post deh foto kamu di sosial media. 😉

Minggu #8: Follow your passion

Apa asiknya kembali single? Kita jadi punya lebih banyak waktu untuk mikirin diri sendiri dan mau ngapain selanjutnya. Apapun passion yang kamu punya, saatnya untuk mulai wujudkan. Bisa dimulai dengan lakukan riset secara online lewat artikel atau berbagai video, atau datang ke acara-acara yang sesuai dengan passion kamu biar bisa networking. Kalau butuh ide, datang ke acara seperti IdeaFest yang diadakan setiap tahun di Jakarta itu bisa banget membantu.

Yang pasti, kalau mau program ini sukses, harus ada 2 aturan utama yang nggak boleh dilanggar, yaitu:

1. Dilarang hubungi mantan

Ini obvious banget tapi banyak orang yang langsung gagal di aturan basic ini. Betul, time heals, tapi akan lebih lama healing-nya kalau setiap hari kita masih ngobrol sama mantan, karena perasaan kita nantinya jadi rancu dan kita nggak benar-benar menerima kenyataan kalau hubungannya sudah berakhir. Ibarat detox, misalnya berhenti ngopi atau berhenti merokok, awalnya pasti susah banget. Badan kayak mengalami withdrawal gitu alias terasa nyandu, tapi lama-lama kita akan lebih kuat. Begitu juga halnya dengan perasaan. Percaya deh, badai pasti berlalu.

2. Kontrol diri

Ini kunci penting kedua setelah sukses menjalankan yang pertama: Nggak usah stalking media sosial mantan. Tahan diri. Coba bayangin, kita sudah berhasil nggak ngomong sama pacar beberapa minggu. Hati sudah lebih kuat dan bisa nerima, tapi belum kuat-kuat banget pastinya, eh trus lihat foto mantan di media sosial. Meski fotonya cuma sendiri atau bareng teman-temannya, kita bisa dengan mudah bernostalgia dan ujung-ujungnya jadi KLBK (Kenangan Lama Bangkit Kembali, buat teman-teman millennial yang mungkin nggak ngerti, hihi). Apalagi kalau fotonya bareng pasangan baru! Yang ada kita kembali ke titik 0. Nangis-nangis lagi seperti hari-hari pertama? Duh, males ya.

Photo: http://misfitlibrariansadventures.blogspot.com/2012/06/breaking-up-is-hard-to-do.html

 

Kalau masih galau juga, reminder di bawah ini mungkin bisa membantu. 😀

BnFQadpCEAA5_B0

(dan ini baru Indonesia aja loh, jodoh mah luas nggak kenal batas negara, haha)

Leave a Reply