“Be Yourself”, Motto Pegangan yang Hampir Terlupakan

one Comment

be yourself

Dari jaman kita langganan majalah remaja, “Be yourself” mungkin adalah motto hidup yang pertama kali kita kenal dan kita jadikan pedoman.

Nggak heran, masa remaja adalah masa di mana kita lagi bingung-bingungnya, haha, atau bahasa kerennya: lagi mencari jati diri. Apakah kita extrovert atau introvert? Suka olahraga atau senirupa? Berani bicara di depan kelas atau lebih baik menulis puisi di diary?

Bebas.

Saat itu kita kenalan dengan berbagai hal baru, mencoba berbagai aktivitas baru dan merasakan, “Ini gue banget nggak ya?” – dan dari situlah kita mengenal diri kita lebih baik dan mengamini motto “Be yourself”.

Back then we agreed, but it seems like a lot of us have changed.

Dan nggak bisa disangkal, media sosial yang harusnya dimanfaatkan untuk meng-highlight jati diri kita, justru berbalik fungsi menjadi medium tempat kita mengumumkan citra yang ingin kita raih pada dunia.

Sayang ya. Padahal menjadi diri sendiri itu sangat penting loh, kenapa?

1. Nggak capek

Karena sebaliknya, ingin selalu jadi orang lain itu membutuhkan banyak energi, pikiran dan rencana. Bayangkan kita harus acting tapi setiap hari, tanpa henti. Apalagi kalau harus memaksakan diri mengikuti lifestyle tertentu, padahal kita nggak mampu. Itu dari fun sampai gak fun lagi, loh!

2. “Be yourself” itu lebih sexy

Matthew Hornsey, seorang psikolog di University of Queensland, Australia, menyimpulkan dari 5 studi yang dilakukannya bahwa dengan menjadi diri sendiri, kita terlihat lebih sexy dan menarik. Ini penting terutama buat perempuan, yang juga menurut hasil studinya, seringkali mengkompromikan jati dirinya, alias berusaha menjadi orang lain untuk menyenangkan pasangannya.

Benar kan? Orang yang ikut-ikutan dan ‘yes man’ itu nggak keren. Dalam relationship, pastinya orang suka dengan calon pasangan yang percaya diri. Selain enak diajak jalan dan tukar pikiran, biasanya orang yang nyaman dengan dirinya jarang banget jadi pasangan yang rese’ karena insecure.

3. Be the best version of yourself

Ini baru keren, Let other people see the best version of ourselves. Be true to yourself. Nggak perlu jadi orang lain, tapi tampilkanlah yang terbaik dari diri sendiri.

 

Dengan menjadi diri sendiri, hidup lebih bisa kita nikmati. Dan percaya deh, postingan di media sosial juga akan terasa lebih jujur, tulus dan nggak maksa. Orang-orang di sekitar kita juga akan lebih enjoy berinteraksi dengan orang yang apa adanya. It’s all in the aura.

Comments

  1. sugi328
    sugi328 | Posted on July 2, 2015 at 10:27 am

    Agreedd

Leave a Reply