Membantu Nepal Dalam Waktu 1 Menit

no Comment
Photo: cdn.turner.com

Photo: cdn.turner.com

Gempa berkekuatan 7.8 skala Richter yang mengguncang Nepal pada hari Sabtu, 25 April lalu, mematahkan hati penduduk dunia. Saat ini, ada lebih dari 4800 orang meninggal dunia dan lebih dari 9200 orang luka-luka.

Ini cara mudah membantu warga Nepal yang bisa dilakukan di rumah atau dari meja kerja.

 

1. Lewat Facebook

Donasinya akan disalurkan lewat International Medical Corps yang secara langsung berada di Nepal membantu warga yang selamat.

Caranya gampang.

Di Home kita akan melihat banner ini di bagian atas:

Nepal FB

Ketika diklik, kita akan diberi pilihan Rp130.000 (setara dengan $10), Rp328.000 ($25) dan Rp657.000 ($50). Kita juga bisa memasukkan jumlah Rupiah bebas, sesuai kemampuan kita, lalu klik button ‘Donate Now’. Kalau kartu kredit kita sudah terdaftar di Facebook, proses ini bahkan nggak sampai 30 detik!

 

2. Lewat PMI

Palang Merah Indonesia membuka rekening bantuan Gempa Nepal di 3 bank, seperti yang dilansir oleh detik.com.

 

Nama Bank: Mandiri

Cabang: KCP JKT KRAKATAU STEEL

Swift Code: BMRIIDJA

Atas Nama: Palang Merah Indonesia

No Rekening: 070-00-0011601-7

 

Nama Bank: BCA

Cabang: KCU THAMRIN

Swift Code: CENAIDJA

Atas Nama: Kantor Pusat PMI

No Rekening: 206.300668.8

 

Nama Bank: BRI

Cabang: KC Pancoran

Swift Code: BRINIDJA

Atas nama: Palang Merah Indonesia

No Rekening: 0390-01-000030-30-3

 

3. Bantu sesuai kebutuhannya

Anak-anak – Anak-anak adalah masa depan bangsa. Untuk yang ingin memastikan anak-anak Nepal tetap bisa mencapai cita-citanya, bantuan bisa disalurkan lewat Save the Children (klik link ini). Bantuan akan diberikan kepada anak-anak dan keluarganya dan 10% dari donasi akan menjadi persiapan situasi emergensi pada anak di masa mendatang.

Kebutuhan dasar – Setiap orang butuh makanan, air, tempat tinggal dan sarana kesehatan. WorldVision dan Oxfam (klik link-link ini) adalah 2 organisasi utama yang menyediakan ini untuk warga Kathmandu dan desa-desa di sekitarnya.

Obat-obatan – Kapasitas rumah sakit di Nepal saat ini sangat terbatas. Direct Relief (klik link ini) adalah satu organisasi yang memiliki Emergency Response Team untuk membantu rumah sakit yang ada di sana.

 

Semoga bantuan kita dapat bermanfaat meringankan beban mereka.

Leave a Reply