Life School Named Business

no Comment

Business is a lot like life – hal ini saya pelajari sejak mulai menekuni bisnis dan mendirikan BelowCepek.com pada tahun 2011. Up and down like a roller coaster is what you face every day when you’re an entrepreneur. Tidak bisa dipungkiri, saya yang sebelumnya mengira diri sudah cukup banyak makan asam garam kehidupan, kembali belajar tentang banyak sekali hal saat memutuskan untuk berhenti dari jalur karir yang sudah mapan.

The good news is I’m not alone. Setiap hari bisnis baru bermunculan. Kini bisnis yang tadinya lekat dengan citra dunianya kaum pria makin diminati oleh wanita. Perusahaan-perusahaan terkenal di dunia juga tidak sedikit yang dipimpin oleh perempuan. Still, it’s not an easy world. Masih dalam semangat Hari Kebangkitan Nasional yang kita peringati kemarin, saya coba rangkum beberapa pelajaran penting yang bisa diambil dari para women entrepreneur dan CEO yang menginspirasi.

Marissa Mayer

16 Jul 2012, California, USA --- FILE PHOTO - Yahoo, Inc. named Google executive Marissa Mayer to be its next CEO, its fifth in five years. PICTURED: July 7, 2008 - Mountainview, California, U.S. - MARISSA MAYER, Google's VP of Search and User Experiences on the Google campus. Mayer was the first woman hired by Google, in 1999, and one of their first 20 employees. (Credit Image: © Martin Klimek/ZUMA Press) --- Image by © Martin Klimek/ZUMA Press/Corbis

Setelah sebelumnya menjadi engineer perempuan pertama di Google sejak tahun 1999, nama Marissa Mayer makin membahana ketika ia menjadi CEO termuda Yahoo di usianya yang ke-37 di tahun 2012.

Salah satu pelajaran yang bisa dibagi oleh Marissa adalah ambillah resiko dan jangan pernah takut untuk mencoba meraih apa yang kita mau. Karakter yang determining ini bisa kita lihat dari keputusannya bergabung dengan Yahoo yang sedang mengalami masa sulit. Meski punya resiko gagal, ia telah berani keluar dari zona nyamannya dan membuat keputusan karir yang berani.

Tyra Banks

tyra

Tyra resigned from modeling since 2005 but then she came back even stronger than ever – as an entrepreneur. Dengan mendirikan Bankable Productions, production house miliknya, dan menjadi executive producer dan host America’s Next Top Model, Tyra ingin orang mengenalnya bukan hanya sebagai pencetus ‘smize’ tapi jauh lebih dalam dari itu. Ia ingin membangun brand dan meninggalkan legacy.

Pelajaran berharga yang didapatnya ketika menjalani bisnis adalah customer-centricity. “I’ve made mistakes before of doing different projects just based on my dreams, my hopes, my thing, and not really thinking about my customers,” akunya, sebelum lalu menyadari bahwa sesuatu yang ia suka belum tentu disukai oleh pelanggannya.

Buat saya sendiri, menjadi entrepreneur benar-benar memperkaya pengalaman hidup. Ini hal-hal yang saya rasakan selama menjalankan bisnis:

1. Business is exhausting

Hampir setiap hari rasanya ingin berhenti aja. Capek, bete, stress, dan lain-lain. Tapi ketika ada hasil, rasa senangnya nggak bisa terbeli. Apalagi ketika dapat apresiasi dari pelanggan, rasanya langsung semangat lagi.

2. Discipline and self-motivation are so crucial in everyday life

Enaknya jadi entrepreneur, we are our own boss. Nggak ada yang marahin kalau kita nggak ngantor. Nggak ada SP kalau kita tiap hari nyalon. Tapi tentu semua ada konsekuensinya. Nggak kerja = bisnis nggak jalan. Kita yang tentukan sendiri.

3. It’s not about falling down, it’s about getting back up

Persoalan gagal, rugi, ditipu orang, itu sudah makanan sehari-hari. Yang paling penting adalah bagaimana kita belajar dari pengalaman itu. Contohnya, saya pernah habis uang banyak menyewa grup outsource yang ternyata kerjanya ngasal dan tidak bisa dipertanggugjawabkan. It was a hard one but I learned a lot from that experience. For me, it’s never a failure, always a lesson.

Trust me it’s all worth it. Business is hard but it teaches you life lessons you’ll forever value.

Salah satu momen haru dalam kehidupan saya menjadi entrepreneur: Pindah ke kantor ketiga yang lebih luas dan akhirnya punya studio foto yang proper untuk pemotretan produk BelowCepek.com.

Salah satu momen haru dalam kehidupan saya menjadi entrepreneur: Pindah ke kantor ketiga yang lebih luas dan akhirnya punya studio foto yang proper untuk pemotretan produk BelowCepek.com.

Leave a Reply