9 Cara Untuk Tetap Waras Saat Menjadi Entrepreneur

no Comment

Being an entrepreneur is challenging. Every day is a constant battle of uncertainty. Saking inginnya berhasil, dengan mudah kita ngebela-belain untuk kerja terus dan lupa memperhatikan diri sendiri.

Tapi yang harus diingat, kalau nggak memperhatikan kesehatan dan nggak me-manage stres, kita bisa jatuh sakit atau merasa tertekan, yang ujung-ujungnya bisa membahayakan keberlangsungan bisnis juga.

Karena itu, penting banget buat kita, para entrepreneur, untuk melakukan hal-hal yang membuat kita tetap waras 😀 Apa aja?

1. Tidur yang cukup

sleeping

Kurang tidur bisa bikin kapasitas memori otak berkurang (alias jadi sering lupa), bikin kita nggak cepat dalam mengambil keputusan, nggak cepat dalam menyelesaikan masalah, gampang sakit, daaan menurut penelitian, bisa naikin berat badan (mungkin karena kalo stres bawaannya ngemil melulu ya). Makanya tidur yang cukup itu penting dan yang nggak kalah penting adalah kualitasnya. Karena bisa aja kan kita tidur tapi sambil ngitung biaya toko, mikirin karyawan yang bikin bete tadi siang? Coba untuk tenangkan pikiran sejam sebelum naik ke tempat tidur.

2. Olahraga

work out

Udah deh, nggak usah banyak alasan. Yang ini nggak bisa ditawar lagi. Kenapa? Karena olahraga bikin badan kita melepaskan endorphin yang bikin happy, semangat dan fit untuk mengerjakan kerjaan yang seabrek banyaknya. Ingat loh, saat kerja seharian di depan komputer, kita sama sekali nggak keringetan. Yang olahraga cuma jari doang. Jadi yuk lah bergerak biar badan bisa istirahat sebentar alias stretching. Jadwal padat? Olahraga yang ringkes aja, 20-30 menit sehari di rumah. Ada banyak cara olahraga ringkes begini, misalnya jogging di sekitar rumah, lakukan rangkaian angkat dumbbell, push up/sit up dan plank, dan lain-lain, bisa dicari infonya di internet.

3. Take a break

My weekend morning. Just me, coffee and some quite time.

My weekend morning. Just me, coffee and some quite time. 

Take a break di sini maksudnya break dari segala hal yang berbau bisnis, 1-2 hari dalam seminggu. Ini termasuk nggak ngecek email sama sekali. Hayoo, bisa nggak? Saya tau ini nggak gampang. Saat lagi merintis usaha, boro-boro mau ambil cuti atau liburan panjang, 1x 24 jam aja nggak cukup rasanya. Nah, paling enggak di saat weekend, coba untuk punya quality day off. Luangkan waktu deh hangout sama teman, keluarga, main sama anak, baca buku, dan-lain-lain. Hari itu libur dulu jadi entrepreneur. Dengan begini, nggak cuma badan aja yang istirahat, tapi pikiran juga.

4. Meditasi atau mengingat Tuhan

foap.com

Photo: foap.com

Buat saya ini sih penting banget. Kadang kan kita udah capek banget ya dengan semua problematika kantor dari mulai haraga sewa toko yang naik, staff yang bikin ulah, jualan menurun dan sejuta masalah lainnya. Kan nggak mungkin dong semua itu kita curhatin di media sosial? Buat saya yang paling nyaman dan aman ya berdiam diri, ngadu ke Tuhan dan bicara dengan hati kecil. Manfaatnya, kita bisa jadi lebih fokus, lebih sabar dan lebih lega.

5. Akui kemenangan-kemenangan kecil

success

Saya nggak percaya dengan yang namanya motivator karena menurut saya motivasi itu cuma bisa datang dari diri sendiri. Nah, yang ada di sekitar kita itu influencer-nya dan bisa berasal dari hal-hal kecil, seperti mendengar pujian untuk produk baru kita atau mendengar pengakuan dari orang lain soal bisnis yang kita bangun. Ambil itu semua untuk jadi influence biar bisa kembali semangat saat lagi bete berat atau jadi penghibur di saat lagi sedih liat saldo kantor.

6. Pastikan berada di antara orang-orang yang positif

friends

27 years of friendship and counting

Bukannya gak mau temenan sama orang yang ‘negatif’, tapi hidup jadi entrepreneur itu nggak gampang. Kita mudah banget merasa down, apalagi di awal bisnis didirikan. Makanya, lingkungan yang positif bisa membantu supaya kita nggak cepat menyerah.

7. Ketawa!

Laughter is the best medicine

Laughter is the best medicine

Lemesin aja, tsaaaaaay. When something is really funny, laugh! Lumayan bikin otak kembali ke jalur waras. Nggak usah terlalu serius 24/7 lah.

8. Makan yang benar

Makanan Indonesia enak semua gitu. Nggak mungkin kan skip makan siang kalau liat ini? Hihi.

Makanan Indonesia enak semua gitu. Nggak mungkin kan skip makan siang kalau liat ini? Hihi.

Nggak tau sih apa untungnya kalau nggak sempat makan. Memangnya pas laper bisa mikir, gitu? Yang ada malah sakit, jadi nggak ke kantor, trus malah makin stres karena di rumah tetap mikirin staff dan urusan kantor lainnya.

9. Never compare your success to others

Photo: postgraduatesearch.com

Photo: postgraduatesearch.com

Memang iri sih dengar entrepreneur itu dapat funding 1 juta dollar. Trus kita jadi bete dan ciut. Aduh, udah deh. Yang realistis aja. Let’s WORK harder and have faith. Perjalanan entrepreneurship setiap orang nggak sama, problem setiap kantor juga nggak sama, dan rezeki tiap orang beda. We’ll get there!

Leave a Reply