Nyarinya Pakai Usaha Tapi Rasanya Luar Biasa; 7 Warung Makan Enak di Jakarta, Jogja dan Bali

no Comment

Indonesia memang surganya makanan enak — dan seperti yang kita tau, yang rasanya sedap banget nggak jarang adalah street food alias warung atau resto kecil yang dikelola oleh pemasaknya langsung, yang seringkali resepnya merupakan resep turunan keluarga.

Namanya juga warung, nggak selalu gampang dicari karena nggak terletak di pinggir jalan besar. Nyarinya butuh usaha. Tapi karena makanannya enak, tempat-tempat ini tetap ramai dikunjungi orang. Nggak papa deh jauh sedikit, macet, baru buka tengah malam atau lokasinya nyempil di dalam pasar, karena begitu sudah mencoba suapan pertama.. worth it banget!

Yuk, cobain satu-satu!

1. Soto Mie Amin Ligut

Photo: foody.id

Photo: foody.id

Ini baru namanya soto mie! Beneran deh, resepnya Pak Amin Ligut ini juara banget. Nggak heran, setiap hari selalu ramai, apalagi di jam makan siang. Harganya Rp17.000 per porsi, Menu lainnya yang ngggak kalah enak adalah toge goreng.

Photo: TripAdvisor

Photo: TripAdvisor

Lokasi: Jl. Durian no. 47, Jagakarsa, Jakarta. Nyari tempatnya harus jeli karena terletak nyempil di bawah pohon rindang. Pokoknya kalau dari arah Ragunan, adanya di kiri jalan, sebelum Plataran.

2. Sop Sum Sum Pak Bustaman

Photo: qraved.com

Photo: qraved.com

Wajib dicoba, terutama buat pada pecinta kambing. Dagingnya empuk dan banyak, porsinya lumayan besar (1 porsi bisa buat berdua) dan bumbunya pas! Buat yang kurang suka kambing, cobain aja dulu di sini, karena di sini nggak terasa bau kambingnya, kok. Kalau mau nyoba sum-sumnya, mendingan datang pagian biar nggak kehabisan.

Lokasi: Dulu terletak di bawah rel kereta api, di depan Tugu Proklamasi, tapi sekarang udah pindah ke Jl. Slamet Riyadi, Matraman, Jakarta (cari pemadam kebakaran, nah adanya persis di belokan).

3. Gado-Gado Direksi

Photo: WordPress - mywhitediaries

Photo: WordPress – mywhitediaries

Ini gado-gado legendaris bener, dibukanya aja tahun 60an. Warung turun-temurun yang sekarang dikelola sama generasi kedua pemiliknya. Yang biking ado-gado ini juara adalah bumbunya. Beda sama gado-gado enak lainnya di Jakarta, gado-gado mereka nggak pakai campuran kadang mede, melainkan kacangnya pakai kacang special yang didatangkan dari Tuban. Saking enaknya, konon katanya ini gado-gado favoritnya Gusdur, loh.

Lokasi: Jl. Pintu Besar Selatan 2, Glodok, Jakarta. Tapi jangan terkecoh dengan alamatnya yang terlihat simple. Gado-Gado Direksi ini terletak di dalam gang sempit yang juga banyak menjual makanan lain. Kalau dari mulut gang, kira-kira masuk 25 meter, lah.

4. Nasi Uduk DF

Photo: WordPress - chezpriscilla

Photo: WordPress – chezpriscilla

Nah, buat yang suka clubbing pasti tau langsung kebayang di mana lokasi nasi uduk ini 😀 Betul, nggak jauh dari Dragonfly, Jakarta. Tempat ini konsepnya lebih ke street buffet, jadi ada banyak pilihan lauk gitu. Nasinya, udah paling pas nyobain uduknya, dong. Kalau udah penasaran banget pingin nyoba, tahan dulu sis, soalnya tempat ini baru buka jam 12 malam, hihi, makanya juga dikenal dengan nama Nasi Uduk Midnight.

Lokasi: Di belokan pertama setelah DF, kira-kira 200 meter dari jalan raya.

5. Soto Ayam Ambengan Pak Sadi (ASLI)

Photo: kapanlagi.com

Photo: kapanlagi.com

Sotonya juara, deh. Enak banget, apalagi kalau dimakan saat kita lagi flu atau saat Jakarta lagi hujan deras kayak kemarin. Pas! Kuahnya kuning pekat, rasa asinnya pas, apalagi ditambah koya alias remah kerupuk udang yang jadi cirikhas tempat ini.

Lokasi: Jl.Wolter Monginsidi no. 28, Jakarta. Nah, dulunya lokasi ini aman-aman aja. Sekarang kalau mau ke sana harus usaha karena restorannya terletak pas di pinggir jalan Wolter Monginsidi yang lagi ada pembangunan fly over. Nggak ada pembangunan aja , cari parker udah PR, apalagi sekarang? But it’s all worth it, trust me.

6. Warung Empal Bu Warno, Yogyakarta

Photo: ceritamakan.com

Photo: ceritamakan.com

Kalau mau tau rasanya blusukan, ya udah paling bener makan empal di tempat ini. Gimana enggak? Lokasinya benar-benar di jantung pasar! Rasanya? Gurih, lembut, pokoknya enak banget. Apalagi kalau dimakan dengan nasi dan sambel kecap khas empal, wih, dijamin nambah!

Photo: tembi.net

Photo: tembi.net

Lokasi: Pasar Beringharjo, Yogyakarta. Tepatnya di gedung timur alias gedung belakang (bukan gedung yang pintunya menghadap Jl. Malioboro). Begitu masuk gedung ini, jalan terus ke belakang. Namanya juga pasar, tempat ini selalu ramai dan hiruk pikuk, tapi justru di situ serunya!

7. STBBT alias Soto Babat, Bali

soto babat 1

Kalau liburan ke Bali, ini adalah tempat yang harus banget dicoba. Saya makan di sini sejak ibu penjualnya jualan di emperan jalan dan akhirnya punya tempat kecil yang masuk gang dengan kapasitas lebih besar. Asiknya, mereka tetap konsisten hanya menjual soto babat.

soto babat 2

Lokasi: Pasar Kuta, dekat Kantor Polisi. Di sebelah kiri, cari supermarket Bali Jaya, nah di sebelahnya ada gang, masuk aja ke sana. Warung soto babat ini terletak beberapa meter dari situ.

Selain 6 warung di atas, di mana lagi tempat yang nyarinya ribet tapi worth it banget? Share di bawah ini ya!

Leave a Reply