6 Tips Kesehatan Yang Tak Terbantahkan

no Comment

Did you know kalau hari ini adalah Hari Kesehatan Internasional?

Nggak banyak yang tau memang, but still, hari ini adalah hari yang tepat untuk kita refleksi (bukan yang di kaki loh ya), selama ini udah jaga badan (dan pikiran) dengan benar belum, sih?

Berhubung saya bukan pakar kesehatan, tulisan ini nggak muluk-muluk. Saya cuma mau ngingetin tips kesehatan yang kita sudah tau tapi tetap harus dimaintain karena terbukti bikin sehat. Apa aja yang perlu kita jaga?

1. Tidur 8 jam sehari sleep

Iya, memang nggak gampang buat orang dewasa, apalagi yang baru punya baby. Tapi kalau memang bisa, selalu deh coba untuk punya waktu istirahat yang berkualitas. Deep sleep. Pasti beda deh mood orang yang tidur cukup dan yang enggak. Belum lagi kantung mata, keliatan banget bedanya.

2. Olahraga
olahraga

Ini makin perlu, terutama kalo mau dapat ‘bonus’ langsing. Percaya deh, kan saya pernah bilang kalo masuk ke kotak (umur) 35-40, nurunin berat badan tuh makin susah 😀 Tapi yang terpenting adalah dengan olahraga, kita jadi lebih sehat. Apalagi dengan pekerjaan yang lebih sering duduk, selalu berada di ruangan ber-AC dan kurang bergerak, olahraga justru bisa refreshing, bukan siksaan. Cari olahraga yang kamu suka. Yang penting biasakan badan bergerak dan berkeringat.

3. Minum air putih yang banyak
Water

Yes, kamu bisa masuk UGD karena dehidrasi (pengalaman saya sendiri dan rasanya tuh sakit banget). So, don’t forget to have water. Kalau sudah banyak minum teh atau kopi, ya usahakan ada lah minum air putihnya. Efeknya juga bagus loh ke kulit.

4. Berhenti merokok

Yaelah, kalau yang satu ini sih nggak perlu saya ceramahin ya karena perokok sebenarnya sudah tau kok bahayanya merokok. Tapi yang jelas kalau kita nggak merokok adalah kulit wajah, warna bibir dan kulit jari-jari terlihat lebih sehat.

Gimana, jelas banget kan bedanya?

Jelas banget kan bedanya?

5. Eat good, healthy food

healthy food

Saya ngerti kalau saat masih lebih muda, kita suka makan sembarangan. Buat yang umurnya sudah lebih matang, mulai deh makan makanan yang benar. Kurangi junk food (sekali-sekali ok lah, daripada ngidam), pakai minyak yang sekali pakai, makan suka sayur dan buah dan kalau bisa no MSG.

6. Be happy
happy

Tau kan kalau stress bisa jadi cikal bakal segala macam penyakit? Sayangnya, jaman sekarang, nggak ada orang yang nggak stress. Jadi ya biasakan untuk manage stress biar nggak berkelanjutan dan akhirnya jadi penyakit.

Trust me, living healthier is not that hard when you’re use to it. Jadi kuncinya, jadikan at least 6 hal di atas kebiasaan. Jangan lupa, good health adds life to years!

Leave a Reply