5 Tradisi Wedding Yang Indonesia Banget

2 Comments

Setiap negara pastinya punya tradisi pernikahan yang berbeda-beda. Contohnya kalau di negara-negara Barat, ada tradisi ‘something old, something new dan something blue’ atau katanya bride nggak boleh ketemu groom sebelum ceremony di hari H kalau nggak mau pamali.

Bagaimana dengan di sini? Nah, 5 hal ini kayaknya Indonesia banget deh. 😀

wedding 1

1. Perkawinan itu bukan antara 2 orang melainkan antara 2 keluarga besar. Makanya rata-rata resepsi di Indonesia jarang banget yang tamunya sedikit. Biasanya bisa dari 300 sampai 3000 orang – dan pengantinnya belum tentu kenal semua yang datang, haha.

wedding 2

Merasa kenal nggak sama besan dan tamunya? Hihi.

2.Pengantinnya ‘dipajang’ semalaman di pelaminan dan harus salaman sama semua orang sampai seringkali nggak sempat jalan-jalan untuk ngobrol dengan tamu atau menikmati acara perkawinannya sendiri. Hiks.

wedding 3

Bunga papan yang seringkali salah grammar. Mendingan bahasa Indonesia aja kali ya: Semoga Berbahagia. Haha.

3. Tamu kirim bunga papan – yang biasanya nggak sempat juga dilihat oleh pengantin posisinya di luar gedung (malah bisa sampai ke jalanan juga!). Btw, lumayan mahal loh ini bunga papan. Harganya bisa Rp700.000 – 1 juta!

langkahan1

4. Kasih pelangkah. Ini berlaku kalau adik menikah duluan sebelum kakaknya. Katanya sih supaya kakaknya nggak jauh jodoh, hihihi. Biasanya pelangkahnya minta yang murah cuma buat syarat, sampai ada yang minta mobil, loh.

wedding 5

5. Bikin baju seragam buat semua orang, nggak cuma buat keluarga inti dan bridesmaid aja, tapi sampai ke penerima tamu, among tamu dan panitia lainnya. Makanya budget pernikahan jaman sekarang minimum 300 juta.

Hahaha, gimana? Lumayan akurat, kan?

Selain 5 hal di atas, apa lagi tradisi wedding yang Indonesia banget? Coba comment di bawah.

Comments

  1. Nila
    Nila | Posted on May 15, 2016 at 8:06 pm

    Bener banget. Kalimat : Sampai pengantinnya sendiri kurang menikmati acara pernikahannya. Hikz!

Leave a Reply