5 Museum dan Istana Yang Wajib Dikunjungi di Dunia

no Comment

Musim liburan sebentar lagi tiba. Ada rencana ke mana? Paling asik sih kalau bisa liburan ke tempat-tempat yang kita suka, ya. Menjelajah pantai-pantai baru buat yang suka pantai, mengunjungi kota-kota yang seru untuk yang suka melihat ‘hidupnya’ kota atau ke museum buat yang suka seni, sejarah atau bahkan pengetahuan, mungkin buat yang sudah berkeluarga dan perlu aktivitas liburan yang disukai anak-anak.

Di edisi kali ini, ReeSays mengulas tentang museum yang wajib didatangi bukan hanya oleh art dan history enthusiasts, tapi juga kamu yang suka dengan desain interior yang keren dan memukau.

Apa aja? Berikut 5 museum hasil rekomendasi teman saya Danny, yang sangat beruntung karena pekerjaannya membawanya ke tempat-tempat ini.

1. The Met, New York, AS

Photo: TripAdvisor

Photo: TripAdvisor

Metropolitan Museum of Art atau yang biasa disebut “the Met” adalah museum seni terbesar di Amerika dan salah satu yang paling banyak dikunjungi orang di dunia. Koleksi seni yang ada di sini jumlahnya mencapai lebih dari 2 juta (kebayang kan besarnya nih museum?), terdiri dari benda-benda seni dari jaman Medieval, koleksi antik dari Mesir, lukisan dan patung dari seniman kenamaan Eropa, benda-benda seni dari Asia, Afrika, bahkan yang Islamic dan yang modern juga ada.

Salah satu yang wajib dilihat di sini adalah koleksi desainnya Alexander McQueen yang sangat bisa dinikmati oleh siapapun, bahkan mereka yang nggak suka fashion.

Koleksi Alexander McQueen di the Met. Keren banget! Photo: Glenwood Management.

Koleksi Alexander McQueen di the Met. Keren banget! Photo: Glenwood Management.

Nah, kalau suka sama koleksi ini, kapan-kapan pergi deh ke Victoria and Albert Museum yang ada di London, another must-visit museum!

 

2. Uffizi Gallery, Florence, Italia

Photo: WTG Global

Photo: WTG Global

Buat yang suka menjelajah museum, Florence adalah kota yang harus kamu kunjungi karena kota ini dipenuhi oleh gedung dan bangunan yang cantik dan arty. Salah satunya tentunya Uffizi Gallery yang terletak di dekat Piazza della Signoria. Sama seperti the Met, galeri ini juga merupakan salah satu museum terbesar dan paling terkenal di dunia.

Salah satu highlight dari tempat ini adalah koleksi lukisan Leonardo da Vinci.

Annunciation by Leonardo da Vinci and Andrea del Verrocchio. Photo: Uffizi Gallery.

Annunciation by Leonardo da Vinci and Andrea del Verrocchio. Photo: Uffizi Gallery.

Kalau mau ke sini, sebaiknya hindari high season (terutama Juli) karena nunggu masuknya bisa sampai 5 jam!

 

3. Topkapi Palace, Istambul, Turki

Photo: The History Hub

Photo: The History Hub

Istana Topkapi atau sering juga disebut Seraglio adalah salah satu kediaman sultan-sultan Turki selama hampir 400 tahun (1465-1856). Tempat ini menyimpan peninggalan penting dari dunia Muslim, termasuk jubah dan pedang Nabi Muhammad SAW.

Inside Topkapi

Koleksi lain yang nggak boleh dilewatkan saat berkunjung ke sini adalah Spoonmaker’s Diamond alias berlian 86 karat yang merupakan item paling berharga di museum ini.

Ini dia berliannya. Photo: Famous Diamonds.

Ini dia berliannya. Photo: Famous Diamonds.

 

4. Alhambra, Granada, Spanyol

Alhambra yang artinya “The Red One” adalah istana dan benteng yang terletak di Granada, Andalusia. Lewat berbagai koleksinya, tempat ini membawa kita kembali pada puncak kejayaan Islam di Spanyol. Salah satu yang istimewa dari tempat ini adalah arsitekturnya yang humble: di luar tampak biasa, tapi di dalamnya cantik luar biasa.

Alhambra tampak luar. Keliatan biasa, ya?

Alhambra tampak luar. Keliatan biasa, ya?

Tapi dalamnya doong, breathtaking!

Tapi dalamnya doong, breathtaking!

 

5. Dolmabahçe, Istambul, Turki

Satu lagi tempat yang wajib dikunjungi ketika beada di Istambul, Dolmabahçe Palace. Dolmabahçe awalnya adalah sebuah teluk di Selat Bosphorus yang merupakan tempat berlabuh pasukan Turki. Pada abad 18, area ini dijadikan taman kerajaan, yang mana dari sinilah namanya berasal (dolma: filled, bahçe: garden).

Kebayang, kan? Kalan-jalan di sini pasti menyenangkan. Photo: Istanbul Tour Studio.

Dolmabahçe dari dekat

Dolmabahçe dari dekat

Item yang wajib dilihat di tempat ini adalah chandelier yang beratnya 4.5 ton (wow!) yang merupakan hadiah dari Ratu Victoria dan merupakan chandelier kristal terbesar di dunia.

Chandelier of Dolmabahçe. Gokil, ya!

Chandelier of Dolmabahçe. Gokil, ya!

Cantik-cantik banget, kan? Buat yang tertarik, yuk deh mulai nabung, jadi kalaupun nggak bisa berangkat di liburan kali ini, siapa tau bisa buat liburan akhir tahun?

Leave a Reply