5 Kota di Indonesia Yang Wajib Jadi Destinasi Liburan Sincia

no Comment

Di antara beragam perayaan di Indonesia, perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek adalah salah satu yang selalu menyenangkan menurut saya, setuju? Warna merah yang menjadi cirikhas biasanya mendominasi mall dan berbagai tempat hiburan lainnya, lengkap dengan lampion-lampion yang seketika membuat suasana terasa happy dan berbeda.

Berhubung Imlek tahun ini jatuh di hari Senin, yang mana artinya long weekend, merayakan Tahun Baru Cina di kota-kota berikut adalah ide yang sangat menyenangkan karena suasananya yang selalu semarak dan meriah. Di mana aja?

1. Semarang

Salah satu pertunjukan di Pasar Imlek Semawis. Seru kaann? Foto: panduanwisata.id.

Salah satu pertunjukan di Pasar Imlek Semawis. Seru kaann? Foto: panduanwisata.id.

Kenapa harus ke sana:

– Setidaknya ada 10 klenteng di Pecinan Semarang. Yang paling tua adalah Tay Kak Sie, sedangkan yang paling besar Wie Wie Kong.

– Ada Pasar Imlek Semawis yang ikut memeriahkan perayaan Imlek. Asiknya, di sini ada pertunjukan permainan toya dan wushu khas biksu Shaolin. Selain itu, jangan lupa untuk mencoba berbagai kuliner enak seperti pisang plenet, nasi ayam, es puter dan kue serabi.

2. Solo

Maraknya perayaan Imlek ‘Grebeg Sudiro’ di Solo. Foto: solopos.com.

Maraknya perayaan Imlek ‘Grebeg Sudiro’ di Solo. Foto: solopos.com.

Kenapa harus ke sana:

– Untuk merayakan Imlek, ada Grebeg Sudiro, perayaan khas Jawa yang diadopsi dari perayaan grebeg gunungan Kasunanan Surakarta, yang dilakukan warga Pecinan di Sudiroprajan. Puncak perayaan ini adalah saat perebutan hasil bumi, makanan, dan lain-lain, yang disusun membentuk gunung. Tradisi rebutan didasari oleh falsafah Jawa ora babah ora mamah yang artinya, jika tidak berusaha tidak makan. Sedangkan, bentuk gunung memiliki maksud dari masyarakat Jawa atas rasa syukur pada sang pencipta. Dalam acara ini, gunungan disusun dari ribuan kue keranjang, kue khas orang Tionghoa saat menyambut Imlek. Berbagai kesenian seperti barongsai, tarian, pakaian tradisional, adat keraton sampai kesenian kontemporer biasanya digelar di sepanjang jalan kawasan Sudiroprajan. Arak-arakan berhenti di depan Klenteng Tien Kok Sie di depan Pasar Gede, dengan dinyalakannya lampion berbentuk teko yang digantung di atas pintu gerbang pasar.

– Ada makanan yang harus dicoba: Sate babi buntel di kawasan Tambak Segaran. Enak dan bikin nagih deh!

3. Medan

Serunya belanja pernak-pernik Imlek di Medan. Foto: jurnalasia.com.

Serunya belanja pernak-pernik Imlek di Medan. Foto: jurnalasia.com.

Kenapa harus ke sana:

– Ada Gebyar Imlek Fair yang diadakan setiap tahun

– Kita bisa hunting benda-benda peninggalan pemukim pertama Tionghoa di sini, dari pecahan keramik hinga koin-koin kuno di Desa Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan.

– Ada kue bakul! Ini kue khas Imlek yang dibuat dari tepung pulut dan gula, yang melambangkan keakraban dan keharmonisan.

4. Palembang

Suasana Imlek di Klenteng Dewi Kwan Im, Palembang. Foto: radarpena.com.

Suasana Imlek di Klenteng Dewi Kwan Im, Palembang. Foto: radarpena.com.

Kenapa harus ke sana:

– Selalu ada Festival Imlek di kawasan Pecinan Dempo, yang dimeriahkan oleh pertunjukan lampion dan atraksi barongsai

– Klenteng Dewi Kwan Im di Kelurahan 10 Ulu biasanya penuh dengan lampion saat malam. Kelurahan ini juga terkenal dengan makanan empek-empeknya (hmm, jadi pingin makan pempek yang enak nggak sih?)

– Bisa jalan-jalan ke Pulau Kemaro, tempat di mana warga Tionghoa berdoa (asal jangan sampai mengganggu ya)

5. Singkawang

Perayaan Cap Go Meh di Singkawang. Seru banget! Foto: Indonesia.travel.

Perayaan Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat. Seru banget! Foto: Indonesia.travel.

Kenapa harus ke sana:

– Serangkaian acara Imlek di kota ini dikenal sebagai pesta perayaan Tahun Baru Cina terbesar di Asia Tenggara!

– Saat Cap Go Meh (hari ke-15 atau hari terakhir perayaan Imlek), sejumlah pertunjukan siap menyemarakkan liburan, misalnya tatung (media utama Cap Go Meh) serta barongsai.

Gimana, seru kan? Masih sempat nih cari tiket untuk liburan ke tempat-tempat ini. Yuk!

 

Sumber: travelingyuk.com.

Leave a Reply