Terima Kasih, Pak Basuki: 5 Kebijakan Ahok Yang Perlu Kita Apresiasi

no Comment

Akhirnyaaa, usai juga Pilkada Jakarta.

Gimana, apa kamu puas dengan hasilnya? Puas atau enggak, yang pasti kita berharap bisa membawa kemajuan buat kota tercinta, betul?

Untuk melepas Pilkada, sebelum Pak Basuki melepaskan masa jabatannya 6 bulan lagi, mari kita list down prestasi gubernur yang dicintai rakyatnya ini karena jangan lupa, siapapun pejabatnya, harus kita kawal untuk memastikan kebijakan-kebijakannya menguntungkan warga.

Yuk, mulai!

1. Terima kasih karena sudah membangun Jakarta

Jujur, tiap lihat tiang-tiang beton monorel yang ada di Jl. Asia Afrika, saya sedih dan malu karena jadi teringat sama proyek transportasi yang gagal total dan pemerintah sepertinya cuek aja gitu. Tapi sekarang kejadiannya sudah berbeda. Pembangunan berbagai infrastruktur berjalan lancar. Kita memang sebel sama macetnya tapi langsung senyum kalau ingat beberapa tahun lagi kota ini akan jadi lebih baik. Contoh yang paling nyata terlihat di depan mata tentunya adalah proyek MRT. Akhirnya Jakarta akan punya kereta bawah tanah yang pertama!

Foto dari kunjungan saya ke proyek MRT beberapa minggu lalu, baca ceritanya di sini.

Foto dari kunjungan saya ke proyek MRT beberapa minggu lalu, baca ceritanya di sini.

2. Terima kasih sudah menghilangkan banjir

.. di 406 lokasi. Tahun 2015, titik banjir di Jakarta ada 486, terakhir bulan Juli tahun lalu hanya ada 80 lokasi, itupun cepat surutnya dibandingkan sebelumnya. Saya sih melihat ini sebagai prestasi yang sangat patut dihargai.

banjir

Pak Basuki dan Pasukan Oranye yang siap mengatasi banjir Jakarta. Rata-rata 3 jam air sudah surut.

3. Terima kasih sudah kekeh membela rakyat kecil

Nggak mampu bayar biaya rumah sakit? Dibantu. Nggak mampu beli peralatan sekolah? Dibantu. KJS dan KJP memang dimulai oleh Pak Jokowi tapi komitmen Pak Basuki untuk memastikan program ini berjalan juga harus diacungi jempol. Saya juga senang karena bantuannya bukan berupa uang cash jadi penggunaannya nggak rawan diselewengkan.

Photo: Kompas.com

Photo: Kompas.com

4. Terima kasih buat tim warna-warni Jakarta

Karena Pak Basuki bersikeras Pasukan Oranye, Pasukan Biru dan Pasukan Hijau diupah secara pantas, profesi yang tugasnya menjaga dan membersihkan Jakarta dalam arti kata sebenarnya ini nggak lagi dipandang sebelah mata. Kita pun bisa melihat kerasnya mereka bekerja. Masih ingat video anggota Pasukan Oranye yang menyelam ke got hitam Jakarta? Tuh, kegigihan mereka sudah nggak perlu lagi diragukan.

Dadan Wiradana, Pasukan Oranye yang dengan berani masuk ke got untuk membersihkannya dari sumbatan. Luar biasa dedikasinya!

Dadan Wiradana, Pasukan Oranye yang dengan berani masuk ke got untuk membersihkannya dari sumbatan. Luar biasa dedikasinya!

5. Terima kasih untuk tidak mempekerjakan pegawai yang ‘belum siap’ melayani masyarakat

Oke, sikap Pak Basuki yang keras kadang menimbulkan kontroversi tapi buat saya, sudah terlalu lama bangsa ini terlena dalam bersikap sabar dan ‘memaafkan’ orang-orang yang kerjanya tidak becus. Datang jam 11 lalu pulang jam 2, apa itu? Coba kalau kamu begitu di kantor, dijamin setelah beberapa kali pasti terima surat PHK, ya nggak? 😀 Pak Basuki sudah mengingatkan bahwa bekerja di pemerintahan artinya menjadi pelayan publik dan ini adalah salah satu revolusi mental terbesar yang perlu dialami negri ini.

Berkat kualitas pelayanan yang membaik, Pemprov DKI menerima penghargaan dari Ombudsman RI.

Berkat kualitas pelayanan yang membaik, Pemprov DKI menerima penghargaan dari Ombudsman RI.

Sebenarnya masih banyak lagi prestasi Pak Basuki yang patut kita apresiasi. Buat kamu, yang mana kebijakannya yang paling berpengaruh di kehidupan sehari-hari? Boleh loh tulis di bagian comment di bawah ini.

Terakhir, saya ucapkan selamat kepada Pak Anies dan Mas Sandi yang memenangkan Pilkada DKI. Semoga Jakarta bisa jadi lebih baik lagi.

Leave a Reply