5 Ide Resolusi Tahun Baru Yang Hasilnya Nyata

no Comment

 

2016 New Year goals - handwriting on a sticky note against grained wood with blank notes

Seperti yang pernah saya ungkapkan sebelumnya, saya kurang paham sama orang yang nggak membuat resolusi tahun baru dengan alasan ingin lebih ‘go with the flow’. Buat saya ini patut dipertanyakan, apa artinya nggak ada tujuan? Masa sih nggak punya mimpi yang ingin dicapai? Menurut saya, resolusi penting untuk dimiliki biar kita punya target tahun depan harus lebih baik di departemen kehidupan yang mana.

Tapi memulai tahun baru dengan semangat ingin jadi orang yang lebih baik aja belum cukup. Terlalu general. Resolusi, seperti layaknya target, harus spesifik. Kalau terlalu di awing-awang, ngayal aja cukup, hahaha.

Apa aja ide resolusi yang bisa memastikan keinginan kita tercapai? Coba simak daftar berikut ini.

 

1. Kesehatan

 kesehatan

Don’t – Resolusi: Pingin kurus

Do – Resolusi: Mulai berolahraga

Kunci utama dari bikin resolusi tuh: harus jelas. Kalau terlalu umum, kita nantinya kesulitan menentukan actionnya. Contoh paling gampang adalah resolusi paling populer di dunia, pingin kurus. Nah, pingin kurus banyak caranya. Ya ngurangin makanan ga sehat, ya berhenti ngemil lah, ya olahraga lah, Yang ada, motivasi kita kendur duluan karena panik kebanyakan yang harus dilakukan. Ujung-ujungnya jadi beban dan malah bubar jalan deh nih resolusi. Makanya bikin yang spesifik. Contohnya buat yang foodie berat seperti saya, jadikan olahraga sebagai resolusimu tahun depan. Lalu bikin action plannya, apakah mau ke gym 3x seminggu? Atau mau lari di Senayan setiap Kamis dan di CFD setiap Minggu? Decide and commit to it.

 

2. Keuangan

keuangan

Don’t – Resolusi: Nggak mau boros lagi

Do – Resolusi: Mulai berinvestasi

Lagi-lagi keinginan yang terlalu umum, nggak mau boros lagi. Resolusi model begini pasti gagal sebelum dijalanin, apalagi kalau kita nggak kasih definisi yang jelas: Apa itu yang dibilang boros? Gimana kalau ada sale, boleh ikutan nggak? Kalau nggak belanja tapi sering ngopi-ngopi cantik dengan teman-teman, termasuk boros nggak? Nah daripada harus bikin banyak aturan, mendingan langsung yang konkrit aja: Berinvestasi. Kalau mau mulai belajar, kumpulan tulisan di website QM Financial (perencana keuangan independen) ini bisa membantu. Butuh motivasi tambahan, baca tulisan saya tentang pentingnya berinvestasi di sini.

 

3. Relationship

Young couple holding hands with sun-flare.

Don’t – Resolusi: Mau kawin, hihihi

Do – Resolusi: Cari pacar

Ok, let’s be realistic. Mau kawin itu goal yang cukup ambisius, apalagi kalau kita masih single, ya nggak? 😀 Jadi ayo bikin resolusi yang nyata: Cari pacar aja dulu. Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan banyak bergaul. Iya dong, kalau mau punya pacar atau at least ketemu orang-orang baru yang berpotensi jadi gebetan, jangan di rumah melulu atau perginya sama teman yang itu-itu aja. Salah satu jalan yang bisa ditempuh adalah dengan rajin ikut acara networking. Dengan begini, pergaulan dan wawasan kita bertambah luas dan kita punya kesempatan lebih besar ketemu sama calon pasangan.

 

4. Karir
new job copy

Don’t – Resolusi: Less curcol, more action

Do – Resolusi: Cari kerjaan baru

Berapa banyak dari kita yang kerjaannya curhat mulu soal bos di kantor atau soal bosannya kita dengan pekerjaan? Semoga bukan kamu ya. Tapi kalau kamu termasuk orang yang nggak happy dengan pekerjaan yang sekarang, ‘less curcol dan more action’ bukanlah resolusi yang pas karena yang ada kita memang jadi jarang curhat, tapi nggak ada perubahan berarti yang terjadi. Resolusi yang lebih konkrit adalah mencari pekerjaan baru, lalu bikin deh daftar pekerjaan seperti apa yang sangat kita idam-idamkan dan mulai kirimkan aplikasi. Kalau memutuskan untuk membuka usaha, bisa juga. Mulai buat rencana apa aja yang harus dilakukan untuk bikin impian ini jadi kenyataan.

 

5. Terakhir yang paling gong adalah resolusi kebanyakan orang 😀
grateful copy

Don’t – Resolusi: Ingin jadi orang yang lebih baik

Do – Resolusi: Less gossip and be grateful

Siapa sih yang nggak ingin jadi orang yang lebih baik? Tapi sayangnya, resolusi ini belum cukup. Langkah nyatanya apa? Mulai deh dengan mengurangi bergosip dan ngomongin orang. Be grateful for what you have. Bisa nggak nih? :)

 

So, apa resolusimu tahun depan? Share di bawah ini yuk!

Leave a Reply