5 Hal Yang Bisa Kita Pelajari Dari Michelle Obama

no Comment

Tepat hari ini, Jumat, 20 Januari 2017, Donald Trump dilantik menjadi Presiden ke-45 Amerika Serikat, hari yang menegangkan buat banyak orang, baik di Amerika maupun di dunia karena ia dikenal sebagai figur yang rasis dan narsis.

Pelantikan presiden baru ini artinya adalah hari di mana tugas Barack dan Michelle Obama sebagai Presiden dan First Lady selesai. Karena sosoknya yang menginspirasi, tidak sedikit orang yang akan merindukan keduanya, terutama Michelle Obama buat banyak perempuan. Selama 8 tahun, Michelle terus menjadi panutan dalam berbagai hal, mulai dari prinsip kecantikan sampai kesehatan.

Pintar, gaya dan sangat passionate terhadap hal-hal yang dikerjakannya. Apa saja yang bisa kita pelajari darinya? Ini 5 di antaranya.

1. Be yourself 

Because everyone is unique and everyone can make a difference.

Ini penting banget ya karena merupakan dasar dari segalanya. Nggak usah sibuk menjadi orang lain karena dengan keunikannya masing-masing, setiap orang sebetulnya punya kekuatannya sendiri-sendiri. Justru karena kita beda, kita bisa membuat perbedaan.

“Stay true to yourself and never let what somebody else says distract you from your goals.”

 2. Be kind

She believes to do a good deed in the same way you dance: like no one’s watching. Jadi jangan berbuat baik biar dilihat sama orang lain. Selain itu, berbuat baik bukan hanya bermanfaat untuk orang lain, tapi juga akan membuat diri kita merasa baik.

3. Be healthy

Selama menjabat sebagai First Lady, kesehatan adalah salah satu isu terbesar yang diangkatnya. Lewat programnya “Let’s Move!”, ia mengajak anak-anak di Amerika dan di seluruh dunia untuk rajin ‘bergerak’ alias berolahraga dan makan makanan yang sehat.

Caranya? Ia meminta sekolah-sekolah untuk menyediakan makanan yang lebih sehat di kantinnya. Lebih banyak buah-buahan, sayuran, susu rendah lemak dan makanan rendah MSG.

Soal berolahraga, Michelle sangat concern terutama karena angka obesitas di Amerika terus meningkat. Apalagi jaman sekarang, kita sibuk sama smartphone dan media sosial, jadi jarang gerak. Michelle percaya anak-anak yang olahraga sejam aja sehari, bisa tumbuh lebih sehat dan siap untuk menjadi pribadi yang aktif.

Michelle Obama nggak pernah sungkan untuk nge-dance, salah satu cara untuk bikin anak-anak bergerak dan berolahraga.

Michelle Obama nggak pernah sungkan untuk nge-dance, salah satu cara untuk bikin anak-anak bergerak dan berolahraga.

Selain itu, untuknya, olahraga itu banyak gunanya. Nggak hanya bikin badan sehat, tapi bisa menghilangkan stres juga.

“Exercise is really important to me. So if I’m ever feeling tense or stressed, I’ll put on my iPod and head to the gym or out on a bike ride along Lake Michigan with the girls.”

4. Be elegant

Hampir setiap kali kita lihat foto Michelle Obama keluar dari White House, gayanya selalu memukau. Ini bukan hanya soal baju yang dipakainya, tapi pilihannya untuk selalu terlihat elegan dan badannya yang terlihat sehat. Lengan dan kakinya toned banget, hasil dari rajin ngegym tentunya.

Michelle Obama in different occasions. Selalu terlihat cantik,, sehat dan gaya.

Michelle Obama in different occasions. Selalu terlihat cantik,, sehat dan gaya.

Beberapa kunci fashion style Michelle:

– Follow your own sense of style

Balik lagi, jadilah diri sendiri, termasuk soal gaya. Pakai apa yang membuat kita nyaman.

– Know your color

Michelle Obama nggak takut pakai warna dan ia sering memilih biru sebagai warna signature-nya. Wajar sih, biru kan menimbulkan rasa calm dan relax, pas buat tugasnya sebagai First Lady.

– Aksesoris

Ini hal simple yang bisa bikin penampilan kita jadi beda. Beberapa aksesoris yang sering dipakai Michelle Obama di antaranya teardrop earrings, gelang tumpuk dan statement necklace. Jadi beda dari First Lady lain yang biasanya main aman di kalung mutiara aja.

Kayaknya Michelle First Lady pertama nih yang pakai statement bracelet begini. So cool!

Kayaknya Michelle First Lady pertama nih yang pakai statement bracelet begini. So cool!

– Pakai ukuran hak sepatu yang pas

Michelle bisa aja pakai hak tinggi terus setiap hari, tapi ia lebih memilih pakai low pumps with kitten heels atau justru pakai flat (juga biar nggak lebih tinggi dari Presiden Obama kali ya). Tapi yang menarik, warna yang dipilihnya selalu unik, nggak hanya warna basic seperti hitam aja.

– Mix yang murah dengan yang mahal

Ini yang bikin Michelle tambah disayang banyak orang. Ia nggak melulu pakai fashion item yang branded, tapi kadang mengkombinasikan dengan item-item dari Target, misalnya (toko, semacam supermarket, yang menjual produk-produk dengan harga terjangkau). It’s a matter of how you style it.

Dress ini harganya $40 aja loh alias Rp500.000. Berhubung harga barang di Amerika lebih mahal sekitar 3-5 kali dilipat dibanding di Indonesia, jadi rasanya ini kayak kita pakai baju seharga Rp200.000. Gimana, masih mau gengsi pakai baju dengan harga terjangkau?

Dress ini harganya $40 aja loh alias Rp500.000. Berhubung harga barang di Amerika lebih mahal sekitar 3-5 kali dilipat dibanding di Indonesia, jadi rasanya ini kayak kita pakai baju seharga Rp200.000. Gimana, masih mau gengsi pakai baju dengan harga terjangkau?

Keren kan? Nggak heran deh kalau ia dijuluki sebagai Style Icon.

5. “When they go low, we go high.”

Ini dia nih salah satu isi speech dia yang paling keren, tepatnya speech-nya di Konvensi Nasional Partai Demokrat, yang menyuarakan betapa ia sudah capek dengan kampanye dengan tone negatif dan saling menjatuhkan.

Lewat kalimat “When they go low, we go high” ini Michelle mengajak kita untuk selalu menghormati satu sama lain. Hal ini juga yang sering dikatakannya kepada anak-anaknya. “Kalau ada yang jahat sama kita atau kalau kamu di-bully, nggak perlu membalas, jangan ikuti cara mereka yang nggak berkelas, karena itu hanya akan membuat kita berada di level mereka.”

Setuju. Oh, we’re going to miss you so much!

Leave a Reply