3 hari 2 malam #PulangkeKotamu, Yogyakarta (Part 1)

6 Comments

Buat yang follow Instagram saya @RianaRee pasti tau kalau saya baru saja pulang dari Yogyakarta. Alasan utamanya adalah menghadiri pernikahan sahabat saya, Sekar.

Berhubung saya belum pernah eksplor kota ini, di trip kali ini saya memasukkan acara wiskul (wisata kuliner), jalan-jalan dan cari pengrajin kain untuk produksi ‘touch of Indonesia’-nya REE.

Hari Pertama

Berangkat pagi dengan pesawat jam 10.00 dan sampai di Jogja jam 11.20. Karena akan jalan-jalan, selama di sana saya menyewa mobil. Harga sewanya Rp500.000 per hari, sudah termasuk mobil (Avanza), supir dan BBM. Jadi pas sampai di airport , sudah ada Mas Herry yang menjemput.

Dari airport kami langsung ke hotel untuk check-in dan taro barang. Kali ini saya tinggal di hotel yang lucu banget, LOKAL Hotel. Bintang 3 , cuma 12 kamar, tapi interiornya Instagramable banget. Saya tinggal di Suite Room dengan model loft. Harganya sekitar Rp 1 juta/malam.

Tuh, Instagramable banget kan hotelnya?

Tuh, Instagramable banget kan hotelnya?

Setelah sempat foto-foto sebentar (tetep ya), destinasi pertama saya adalah.. makan! Iya lah, laper banget dan sengaja nggak mau makan di pesawat karena saya mau makan Sate Klatak (sate yang tusukannya pakai jeruji sepeda). Pastinya cholestrol galore ya karena hidangannya kambing semua, hihihi. Tapi bener deh, ke Jogja tanpa makan sate ini kurang afdol rasanya.

Sate Klatak Pak Jede – Khas Jejeran. Dengan menu sate, tengkleng, tongseng dan kicik (searah jarum jam).

Sate Klatak Pak Jede – Khas Jejeran. Dengan menu sate, tengkleng, tongseng dan kicik (searah jarum jam).

Setelah kenyang bego, kami lanjut ke destinasi berikutnya yaitu Kalibiru yang letaknya 2 jam dari kota. Karena berangkat sudah lumayan sore, kami tiba di sana sekitar jam 4 sore dan harus buru-buru supaya masih bisa foto-foto di pohon-pohon hits itu.

Sewaktu memasuki kawasan Kalibiru, kita ditawari untuk ganti mobil pakai jeep atau motor trail dengan alasan jalannya mendaki dan medannya susah, tapi untung supir kami pede jadi kami tetap naik ke lokasi dengan mobil yang disewa. Oh ya, sewa jeep itu harganya Rp35.000 PP.

Sampai di lokasi, kami ditawari lagi untuk naik ojek supaya nggak capek jalan mendaki yang jaraknya 150 m aja, sih. Tapi supaya menghemat waktu karena takut tutup, saya iyakan ajakan bang ojeknya dan bayarnya Rp5.000 aja. Lalu kami masuk ke kawasan Kalibiru dan bayar tiket masuk Rp10.000 per orang. Di sana ada 5 pohon yang bisa dijadikan spot foto.

Yang ini spot no. 3. Lumayan tinggi loh naik pohonnya.

Yang ini spot no. 3. Lumayan tinggi loh naik pohonnya.

Saya kebagian spot no. 2 dan 3 karena yang lain sudah penuh antrian dan mau tutup. Untuk bisa foto, kami bayar Rp20.000 per pohon. Foto-foto saya yang kece-kece itu bukan saya yang foto, tapi ada fotografer yang bisa fotoin dengan harga yang o-em-ji mursid banget yaitu Rp5.000 per foto, minimal ambil 4 foto. Untuk naik ke atas pohon kita diikat harness biar aman. Nah, pastinya saya nggak mungkin dong pose cuma 4 kali, apalagi saya ke sana bareng sahabat saya, Nana, jadi ada juga foto-foto berdua. Akhirnya total foto kami ada 42. Daripada pusing milih hanya 4 foto, akhirnya kami ambil semua foto-fotonya dan hanya bayar Rp150.000 aja (ini murah dibanding tempat-tempat lain yang 1 foto aja bisa Rp100.000). Asiknya, semua foto itu nggak dicetak langsung di-copy ke mobile phone (bisa iOS dan Android). Plus, yang paling penting: Semua fotonya layak tayang jadi nggak udah ngedit lagi!

Yang ini spot ke-2. Liat kan efeknya kalau pakai baju warna cerah?

Yang ini spot ke-2. Liat kan efeknya kalau pakai baju warna cerah?

Saya lumayan beruntung dengan cuaca yang bagus dan nggak pakai antri karena di sana nggak ada area buat duduk-duduk menikmati pemandangan atau ngopi-mgopi cantik. Benar-benar datang, antri, foto, trus pulang. Nggak kebayang kalau lagi musim liburan seperti apa antriannya. Kata petugasnya sih antriannya bisa sampai 200 orang per pohon!

Saya dan sahabat saya Nana. Kalau pakai bawahan warna terang, harness-nya jadi keliatan.

Saya dan sahabat saya Nana. Kalau pakai bawahan warna terang, harness-nya jadi keliatan.

Pulang dari Kalibiru, saya balik ke hotel untuk mandi dan ganti baju (penting ini buat #OOTD) . Malamnya, saya menuntaskan rasa penasaran saya untuk melihat Alun-alun (saya pergi ke Alun-alun Kidul atau yang di selatan). Seru juga lihat banyak becak disko , jadi saya putuskan untuk nyobain duduk di situ sambil makan jagung bakar dan memandangi 2 pohon beringin yang katanya nggak banyak orang bisa lewati dengan jalan lurus itu.

alkid-copy

Puas leyeh-leyeh, kami lanjut makan malam di Cak Koting (Jl. Dokter Sutomo) dengan alasan saya pernah makan di situ tahun 2002. Yang saya ingat, makannya di pinggir jalan dan enaaak banget. Pas sampai di sana, saya kaget campur haru karena ternyata meski masih berlokasi di tempat yang sama, Cak Koting sudah berubah jadi restoran!

Udah paling bener makannya pakai tangan, dong.

Udah paling bener makannya pakai tangan, dong.

Setelah makan enak, kami pulang karena besok pagi harus tampil kece buat datang ke pernikahan teman saya.

Apa aja yang saya lakukan di hari kedua dan ketiga? Saya lanjutkan minggu depan, yaaa.

Tips:

– Kalau mau jalan-jalan, paling enak sewa mobil. Jangan lupa kasih makan supirnya ya karena harga sewa tidak termasuk uang makan.

– Siapkan uang cash karena banyak uang-uang kecil untuk bayar ini-itu di Jogja. Wajar, Rp5000 aja masih bisa buat beli makan di sana.

– Untuk foto yang kece di Kalibiru, pastikan atasan kamu tidak warna biru atau hijau supaya nggak nyaru sama warna pohon dan pemandangan. Pakai baju/celana yang panjang untuk menutupi harness-nya. Untuk perempuan, rok dan bawahan warna terang (lagi-lagi biar harness-nya nggak keliatan).

– Buat yang takut ketinggian, foto-foto di Kalibiru ini nggak disarankan sih ya.

– Jangan datang saat weekend atau hari libur kalau mau foto dengan santai dan nggak antri lama.

– Banyak hotel-hotel bintang 2 dan 3 yang lucu-lucu di Jogja. Plus pastinya Instagramable banget!

Comments

  1. 3 hari 2 malam #PulangkeKotamu, Yogyakarta (Part 2) | ReeSays
    3 hari 2 malam #PulangkeKotamu, Yogyakarta (Part 2) | ReeSays | Posted on December 16, 2016 at 4:10 pm

    […] Lanjut lagi cerita tentang weekend saya di Jogja! (cerita Part 1 bisa dibaca di sini) […]

  2. 3 hari 2 malam #PulangkeKotamu, Yogyakarta (Part 3) | ReeSays
    3 hari 2 malam #PulangkeKotamu, Yogyakarta (Part 3) | ReeSays | Posted on December 24, 2016 at 1:35 am

    […] deh, nggak nyangka ini adalah bagian ketiga dari cerita weekend saya di Jogja (baca juga Part 1 dan Part 2 ya) padahal cuma 3 hari aja di sana tapi banyak banget yang seru di kota […]

  3. Kali Biru nan kece : Libur keluarga
    Kali Biru nan kece : Libur keluarga | Posted on December 28, 2016 at 6:23 pm

    […] Gunakan atasan warna cerah dan bawah gelap. (Saran dari http://www.reesays.com) […]

  4. Dewi
    Dewi | Posted on June 12, 2017 at 11:55 pm

    mba mau tanya itu yg 35rb sewa jeep itu per orang, nanti bareng2 sama orang lain gt ya mba?nunggu sampai penuh dulu atau gimana?

    terima kasih :)

  5. Indonesia, Gue Banget! Rekomendasi 17 Destinasi Wisata Dalam Negeri Yang Wajib Dikunjungi | ReeSays

    […] Saya saat mengunjungi Kali Biru, Yogyakarta. Baca cerita lengkapnya di sini. […]

Leave a Reply